Memangnya Bisa Work Out Sambil Bonding Bareng Anak? Bisa, Ini Tipsnya!

Nggak ada waktu bukan lagi alasan karena main bersama anak pun bisa jadi olahraga!

14 Maret 2022

Menggendong si kecil bisa jadi olahraga menyenangkan | Photo by MART PRODUCTION from Pexels via ://

Menjalankan peran sebagai orangtua tentu sangat menguras waktu dan tenaga. Seringkali, Moms dan Dada kehabisan waktu untuk menjaga pola hidup sehat, terutama meluangkan waktu untuk berolahraga, karena sibuk mengurus anak. Padahal, olahraga tidak melulu dilakukan dengan pergi ke pusat kebugaran atau menggunakan alat-alat canggih.

Moms dan Dads bisa lo tetap bugar sambil mengasuh si kecil. Penasaran? Inilah beberap ide olahraga sederhana yang bisa Moms dan Dads lakukan di rumah sambil membangun bonding dengan si kecil.

1. Menggendong tidak hanya berfungsi menenangkan si kecil, tetapi juga dapat melatih otot lengan

menggendong
Menggendong si kecil bisa jadi olahraga menyenangkan | Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Salah satu rutinitas Moms dan Dads yang memiliki bayi pastinya adalah menggendong. Gunakan aktivitas satu ini sebagai kesempatan Moms dan Dads untuk berolahraga.

Caranya, Berdiri tegak dan posisikan kaki selebar bahu. Gendong si kecil dalam posisi berdiri di depan dada. Jika sudah, lipat siku ke arah dalam untuk mengangkat si kecil dan tahan selama beberapa detik. Posisi ini mirip seperti ketika Moms atau Dads melatih otot lengan menggunakan barbel. Lakukan gerakan ini sambil mengajak si kecil bercanda atau bernyanyi bersama. Oh, ya sebaiknya gerakan ini dilakukan jika bayi sudah kuat menopang kepalanya dengan tegak, ya.

2. Manfaatkan sesi mendorong stroller sebagai waktu jogging ringan

mendorong stroller
Mengajak si kecil jalan-jalan bisa sambil jogging juga | Photo by William Fortunato from Pexels

Apakah Moms dan Dads sering mengajak si kecil jalan-jalan sambil mendorong stroller? Jika, ya gunakan waktu ini untuk melakukan jogging ringan. Alih-alih berjalan santai sepanjang waktu, Moms dan Dads bisa meningkatkan kecepatan secara bertahap. Namun, jangan sampai terlalu cepat hingga membuat si kecil tidak nyaman, ya! Lakukan kegiatan ini selama kurang lebih 20 menit secara rutin agar tubuh terasa bugar. Si kecil senang, Moms dan Dads pun bisa menjaga kesehatan. Asyik, kan?

3. Next level ciluk ba yang bikin perut rata

sit up
Sit up juga bisa dilakukan sambil main ciluk ba | Photo by Jonathan Borba from Pexels

Siapa bilang main ciluk ba tidak bisa sambil olahraga? Moms dan Dads bisa memodifikasi spermainan ciluk ba dengan menggabungkannya bersama gerakan sit up.

Caranya, ambil posisi berbaring lalu tekuk kedua lutut Moms dan Dads. Pegang si kecil dan letakkan di atas kaki dalam posisi tengkurap. Lalu, lakukan sit up sambil ajak anak bermain ciluk ba. Karena Moms atau Dada mesti memegang si kecil, tidak perlu lakukan sit up hingga posisi berbaring. Cukup dengan mirinkan tubuh ke belakang lalu tegakkan kembali tubuh akan bantu Moms dan Dads melatih otot perut atas.

4. Butuh yang lebih menantang? Coba air squat sambil ajak si kecil terbang

squat
Lakukan squat sambil ajak si kecil bermain | Photo by Julia Larson from Pexels

Salah satu gerakan sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh adalah gerakan air squat. Untuk melakukannya, Moms atau Dads cukup berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu. Angkat si kecil dari ketikanya dalam posisi tegak kemudian turunkan badan perlahan-lahan. Tahan posisi tersebut agar paha tidak menempel ke arah betis. Jika sudah, berdirilah tegak kembali sambil mengangkat si kecil. Ia pasti gembira merasakan sensasi naik turun sambil Moms atau Dads melakukan air squat.

Meski gerakannya sederhana, air squat tidak hanya melatih otot betis dan paha, tetapi juga berfungsi untuk melatih otot perut dan bokong. Gerakan ini juga berfungsi untuk memperbaiki postur tubuh. Keren, kan?

Ada banyak cara untuk tetap aktif ambil tetap mengasuh si kecil. Namun, Moms dan Dads perlu ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan diri dan juga si kecil. Jangan memaksakan diri untuk melakukan gerakan yang sulit atau berbahaya bagi si kecil, ya! Keselamatan selalu menjadi prioritas utama dalam berolahraga. Semoga bermanfaat!