5 Trik Tetap Dekat dengan Anak Walau Kesibukan Terus Melanda

Tips Tetap Dekat dengan Anak

12 Desember 2021

Photo by Vlada Karpovich from Pexels via https://www.pexels.com

Kedekatan orang tua dengan anak sangatlah penting, demi meningkatkan ikatan emosional antar keduanya. Baik itu ibu bekerja, pasti selalu mencari cara agar tetap bisa dekat dengan anak meski punya banyak kesibukan. Hubungan orang tua dengan anak juga akan lebih mudah dijalin sejak dini. Hal ini agar nanti kalau ia sudah remaja terhindar dari pergaulan yang hanya akan merusak dirinya.

Seorang pakar psikolog anak dari Kanada, dr. Gordon Neufeld mengatakan bahwa kedekatan antara orang tua dan anak merupakan hal yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Tanpa terjalin sejak kecil, maka hubungan ibu anak bisa kurang harmonis. Mereka justru bersikap tertutup dan kurang dekat dengan orang tuanya. Moms pastinya nggak ingin si kecil kurang perhatian dan kasih sayang, kan?

Kesibukan bukanlah alasan orang tua untuk nggak mencoba mendekatkan diri dengan anak. Buat para ibu dan ayah yang punya banyak kesibukan, cara berikut ini bisa membuat Moms dan Dads tetap dekat dengan si kecil;

1. Pahami tentang prioritas

Dengan berbagai kesibukannya, orang tua tetap harus paham mana yang harus diprioritraskan. Pekerjaan tak akan ada habisnya, sementara keluarga juga membutuhkan kehadiran kita. Apalagi ada anak yang menanti kepulangan orang tua dari kesibukannya dalam bekerja. Itulah mengapa sangat penting untuk menerapkan work balance life, salah satunya agar anak juga punya kedekatan dengan orang tuanya.

2. Selalu meluangkan quality time dengan anak

Menunjukkan kasih sayang pada anak nggak harus membelikan mainan mahal kesukaannya. Kadang yang dibutuhkan anak hanyalah waktu dari orang tua. Sayangnya, nggak banyak yang memberikannya. Moms dan Dads cukup meluangkan waktu untuk quality time dengan anak saja mereka sudah bahagia, lo. Waktu 1-2 jam untuk anak pastinya nggak sulit kan Moms, Dads?

3. Menemani anak bermain

Ketika Moms dan Dads sedang nggak sibuk dan kebetulan si kecil sedang asyik bermain, lebih baik ikut bermain saja. Ia pasti akan merasa senang. Biasanya bermain sendiri tapi kali ini ditemani ibu dan ayahnya. Meski hanya sebentar, tapi mereka akan merasa kalau orang tuanya rela menemaninya di sela-sela kesibukan. Hal sepele seperti itu nggak hanya menyenangkan hati anak tetapi juga mampu meningkatkan kedekatan orang tua dengan anak.

4. Melakukan kontak fisik

Menurut penelitian, anak-anak yang lebih banyak melakukan kontak fisik dengan orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang lebih peka dan penuh kasih sayang terhadap sesama. Ketika anak-anak sudah tertidur setelah Moms dan Dads sampai rumah, maka bisa sekadar memeluknya atau menciuminya. Meski ia tertidur pulas, tapi si kecil bisa merasakan pelukan tersebut.

5. Memberikan ruang untuk anak

Memberi ruang untuk anak sangatlah penting. Bahkan para pakar juga mengatakan bahwa, sejak dini memang anak perlu diberikan waktu untuk bermain dan menikmatinya sendiri khususnya saat mereka mulai beranjak remaja. Wajar kalau si anak nantinya lebih banyak menghabiskan waktu dengan temannya daripada orang tuanya. Di sinilah pentingnya kehadiran orang tua, kalau Moms dan Dads nggak mencoba untuk dekat dengan mereka sejak kecil, maka akan kehilangan kedekatan selamanya.

Penelitian juga menyebutkan bahwa kedekatan orang tua dan anak sejak kecil akan memengaruhi cara mereka bersosialisasi dan berhubungan dengan orang lain saat mereka dewasa. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk selalu dekat dengan anak ya Moms! Semoga bermanfaat!