Daftar Kriteria Panci yang Aman untuk Memasak MPASI. Nggak Harus Mahal, Kok!

Tips pilih panci MPASI

20 Maret 2021

Tips memilih panci untuk MPASI | Credit: Forechange / Normal Life Mom via https://www.freepik.com

MPASI menjadi momen yang penting dan ditunggu Moms usai bayi menginjak usia 6 bulan. Karenanya, tak hanya bahan-bahan bergizi saja yang diperhatikan, perlengkapan yang tepat sebelum memberi MPASI pun jadi hal yang krusial. Nggak harus ikutan tren dengan mempersiapkan perlengkapan mahal, Moms hanya perlu tahu bagaimana cara memilihnya berdasarkan daya guna dan kualitas.

Bicara soal persiapan untuk MPASI, panci jadi peralatan yang nggak kalah penting nih Moms. Meski kelihatannya sepele, beberapa bahan panci justru bisa meninggalkan jejak kimia dan logam pada makanan, yang pastinya nggak baik untuk kesehatan bayi. Nah, berikut ini Hipwee YoungMom punya tips memilih panci yang aman dan berkualitas sebelum MPASI dilakukan. Yuk, simak ulasannya!

1. Sebisa mungkin pilihlah panci anti karat yang tak berisiko memicu keracunan logam berat. Panci besi cor bisa jadi pilihan nih Moms, pemakaiannya juga tahan lama

Panci anti karat | Credit: Freepik

Bahan panci yang aman terbuat dari baja anti karat dan besi cor yang tak bereaksi denga makanan. Selain besi cor bisa digunakan sebagai wajan anti lengket, bahannya juga efektif dipakai sebagai alat masak yang dapat menahan panas lebih lama. Selain itu, kedua alat ini juga termasuk bahan yang awet dan tahan lama terlebih mampu membuat masakan matang secara merata.

Untuk perawatan sebisa mungkin hindari mencuci menggunakan detergen ya Moms, sebab bisa menghilangkan pelapis anti lengket pada panci. Cara pembersihannya cukup gunakan air panas dan sikat pembersih hingga noda pada wajan hilang.

2. Di balik tampilannya yang cantik, panci yang terbuat dari tembaga dan alumunium justru tak baik untuk wadah memasak makanan bayi

Hindari panci alumunium | Credit: Heather Gill

Di balik warna oranye dan keemasannya, peralatan tembaga bisa menyebabkan kontaminasi logam pada makanan. Melansir Kompas, kandungan yang ada pada tembaga usai bercampur makanan asam dalam jangka yang lama bisa berpengaruh pada masalah kesehatan. Ada risiko keracunan logam berat, untuk itu Moms harus perhatikan benar-benar sebelum gunakan panci ini, ya.

Panci alumunium juga jangan digunakan untuk MPASI bayi, meski bahannya mampu menghantarkan panas dengan cepat dan biasanya lebih murah dibandingkan jenis stainless steel dan besi cor, nyatanya endapan alumunium bisa masuk ke makanan MPASI bayi. Sehingga, sebaiknya dihindari ya Moms.

3. Sesuaikan ukuran panci dengan kebutuhan MPASI bayi. Di samping menghindari penggunaan yang mubazir, kelebihannya jadi nggak digabung dengan masakan lain di rumah

Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan bayi | Credit: 泊悦 枫美

Panci untuk MPASI lebih baik pilih ukuran yang tak terlalu besar, ya Moms. Hal ini karena makanan untuk bayi nggak terlalu banyak dan berjaga agar bahan yang dimasak tak dibuang begitu saja. Pastikan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Moms juga bisa nih gunakan panci kukus yang kecil, terutama yang terdapat sekat berbentuk datar menyerupai piring di bagian tengah. Hal tersebut digunakan untuk mengukus bahan dalam jumlah sedikit, misal sayur mayur dan ikan.

4. Memilih panci untuk MPASI dengan tutup kaca juga jadi pilihan yang tepat. Bukan karena faktor tampilan, melainkan makanan dan suhunya bisa tetap terjaga nih Moms

Panci dengan tutup kaca | Credit: Normal Life Mom

Bagi sebagian orang mungkin tutup panci tak begitu dikhawatirkan. Namun Moms juga perlu hati-hati, karena udara yang terkontaminasi dengan debu tanpa disadari bisa masuk ke makanan bayi. Penggunaan tutup panci kaca juga mempermudah untuk melihat apakah makanan sudah matang atau belum. Selain itu suhu pada panci akan tetap terjaga karena Moms tak perlu membuka-tutup sesering mungkin.

5. Terakhir yang penting dipertimbangkan, pilihlah panci dengan harga terjangkau dan jangan terlalu mahal. Pasalnya hanya digunakan pada 6 bulan pertama, setelah itu yakin mau dibiarkan begitu saja?

Pertimbangkan harga | Credit: Cooker King

Mencari panci untuk masakan bayi memang gampang-gampang susah. Ingin yang terbaik tapi harga lumayan menguras kantong, di samping itu ada yang terjangkau namun kualitasnya masih dipertanyakan. Ada baiknya pilih yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, ya Moms. Jika ada niatan untuk dipakai berkali-kali misal mau menambah adik, bisa langsung beli yang harganya mahal supaya tahan lama. Sekarang ini juga banyak kok panci dengan harga murah namun berkualitas tinggi, walaupun ukurannya nggak terlalu besar ya.

Itulah tips memilih panci untuk MPASI baby, memang banyak pertimbangan namun sesuai kok dengan hasilnya. Apalagi jika ini jadi pengalaman pertama Moms untuk anak. Semoga informasinya bermanfaat, ya!