6 Cara Mudah Mengajarkan Huruf Abjad pada Anak

Tips Mengajarkan Huruf pada Anak

11 Januari 2022

Photo by Iris Carvalho from Pexels via ://

Sebagai orang tua tentunya harus memiliki trik jitu tentang bagaimana cara mengajarkan huruf abjad pada anak. Khususnya mereka yang mulai memasuki usia 3 hingga 5 tahun, sudah saatnya dikenalkan dengan alfabet. Mengajarkan aneka jenis huruf pada anak tentunya menjadi tantangan bagi orang tua, namun ada beberapa cara mudah yang bisa Moms lakukan agar si kecil bisa mengenal dan memahami huruf.

Sesuai dengan tahapan perkembangannya, anak juga harus mulai dikenalkan dengan huruf. Salah satunya adalah untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan verbal yang lebih baik. Mengajari anak tentunya juga harus paham bagaimana agar si kecil nggak mudah bosan. Tahu sendiri kan Moms, anak kalau sudah bosan tentunya akan sulit diajak belajar.

Agar mengajakan huruf abjad pada anak terasa menyenangkan, Mom bisa mencoba tips dari Mamin berikut;

1. Dengan bernyanyi bersama

Aktivitas ini sangat menyenangkan. Si anak juga akan senang jika diajak bernyanyi bersama. Di sini Moms bisa sekaligus memanfaatkan moment mengenalkan huruf pada anak. Ulangi beberapa kata dan bentuk hururnya agar si kecil semakin mudah mengingatnya. Cara ini akan lebih menyenangkan dan anak tidak mudah bosan ketika belajar tentang huruf.

2. Memanfaatkan krayon atau pensil warna untuk menggambar huruf

Memanfaatkan menggambar huruf juga bisa Moms coba agar anak lebih senang dalam belajar huruf. Caranya adalah dengan memilihkan barang yang mereka suka, misalnya ketika mereka suka pesawat, lalu Moms bisa mulai menggambar huruf “P” dengan krayon warna biru, kemudian selanjutnya untuk huruf “E” memilih warna lainnya seperti kuning, dan seterusnya. Huruf yang warna-warni tentunya membuat mereka tak mudah bosan.

3. Memanfaatkan puzzle abjad

Jenis permainan ini ternyata mampu membantu si kecil dalam belajar bentuk, warna, sekaligus bagaimana huruf sebenarnya terlihat. Memanfaatkan puzzle abjad juga nggak hanya memudahkan anak lebih mengenal huruf tetapi juga mengenal warna dengan cara yang asyik. Apalagi ketika meminta si anak untuk menyusun setiap abjad, tentunya mereka lebih bersemangat. Ini juga akan memicu kreativitas pada anak.

4. Membuat huruf-huruf yang digantung di dinding

Di sini Moms bisa menyiapkan kertas dan gunting. Kemudian meminta si kecil untuk menulis huruf pada kertas, setelah itu baru digunting dan digantung di dinding. Cara ini juga efektif agar anak lebih mudah mengenal huruf dengan cara yang menyenagkan. Agar lebih bagus juga bisa mewarnainya sehingga tampak warna-warni. Mengajarkan huruf pada anak dengan cara ini juga mampu meningkatkan quality time antara orang tua dan anak.

5. Membuat huruf pada menu makanan atau cemilan untuk anak

Ada banyak cara orang tua dalam membuat si anak lebih asyik dalam belajar. Salah satunya bisa memanfaatkan pada menu makanannya. Moms bisa menyajikan menu dengan huruf-huruf sehingga setiap makan ia akan mudah mendapatkan kosa kata baru. Perlahan mereka akan mulai hafal dan semakin menguasai lebih banyak kosa kata.

6. Belajar sambil jalan-jalan

Siapa bilang mengajarkan huruf pada anak hanya bisa di dalam rumah saja? Moms dan Dads bisa mengajak mereka jalan-jalan misalnya ke kebun binatang atau pemandangan alam sekitar. Misalnya, ketika melihat daun dan buah-buahan, Moms bisa mengejanya perlahan seperti, D-A-U-N, begitu dan seterusnya. Belajar yang asyik nggak hanya di dalam rumah, di luar rumah pun juga bisa. Semua tergantung bagaimana orang tua mencari cara yang asyik.

Itulah cara mudah dan menyenangkan dalam mengajarkan huruf pada anak. Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui kapan anak mood mempelajari hal baru sehingga yang terjadi bukan hanya sekadar belajar tapi lebih ke bermain. Semoga bermanfaat ya!