6 Tipe Ibu-Ibu yang Paling Umum. Moms yang Mana?

Tipe-tipe Ibu

03 Januari 2022

Photo by Jonathan Borba via ://

Menjadi ibu merupakan “profesi” yang mulia dan setiap ibu juga pasti rela berkorban untuk keluarganya. Apapun pekerjaannya, semua dilakukan untuk mencukupi kebutuhan anaknya. Ada banyak tipe ibu yang seharusnya membuat kita sesama perempuan untuk saling mendukung. Semua ibu itu hebat. Ibu yang buruk adalah ibu-ibu yang suka mommy shaming. Benar nggak, Moms?

Sebagai seorang ibu yang tugas utamanya adalah mendidik dan membesarkan anak dengan cara yang berbeda-beda, sudah seharusnya kita sesama ibu harus saling mendukung. Yang paling penting, setiap ibu juga punya cara masing-masing dalam mendidik anak. Dari sini, terbentuklah beberapa tipe ibu-ibu yang bisa Moms ketahui, sebagai acuan agar selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

1. Ibu yang selalu berpenampilan rapi dan suka jalan-jalan, tapi jarang masak karena lebih suka makan di luar

Dengan melihat tipe ibu seperti ini jangan lantas menganggap kalau si ibu ini nggak bisa masak. Siapa tahu memang suaminya lebih suka makan di luar. Suka jalan-jalan juga bukan berarti mengabaikan tugas sebagai ibu rumah tangga.

2. Ibu yang selalu memasak menu-menu sehat dan membuat camilan enak, tapi kurang pandai dalam beberes rumah

Untuk memenuhi kebutuhan si kecil sih oke ya, secara si ibu selalu memilih menu-menu sehat untuk anak-anaknya. Sayangnya, ibu ini kurang bisa beberes rumah sehingga rumahnya selalu nampak berantakan. Mungkin lebih fokus ke mengurus anak sehingga kebersihan rumah dinomorduakan.

3. Ibu yang di rumah mengasuh anak-anak, tetapi punya suami super rapi karena merupakan seorang pekerja kantoran

Yang menjadi ibu rumah tangga dan mengasuh anak, tapi punya suami tampan dan bekerja kantoran juga ada. Kadang memang membuat para ibu lain bergunjing seperti, “Kok suaminya mau ya, padahal kan dia kerja kantoran”. Kita hidup memang tak lepas dari omongan orang lain Moms, tapi cuekin aja. Yang penting kan suami setia.

4. Ibu yang bekerja dan suami yang juga punya kesibukan di luar rumah

Baik itu ibu bekerja atau menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan yang tepat semua. Nggak ada yang salah dengan pilihan itu. Meski si ayah juga bekerja, bukan berarti ibu yang ikutan bekerja dianggap kurang bersyukur. Mungkin si ibu sudah terbiasa bekerja sehingga lebih enjoy dengan kesibukannya meski sudah punya anak.

5. Ibu yang bekerja dari rumah dan pandai beberes rumah, tapi nggak bisa masak

Sebenarnya urusan bisa atau tidaknya memasak bukanlah hal penting dalam berumah tangga. Namun beberapa orang masih mempermasalahkan hal ini. Bahkan juga ada yang sengaja bilang, “Percuma bisa cari uang tapi nggak bisa masak”. Kalau memang suami nggak masalah punya istri yang nggak pandai memasak, ya mau gimana? toh tipe ibu-ibu memang berbeda-beda.

6. Ibu yang bisa memasak dan mengurus anak, tapi kurang pandai dalam berdandan untuk suami

Yang sering komentar pedas pada tipe ibu yang satu ini adalah ibu-ibu lain yang bisa dandan. Mereka kebanyakan nyeletuk, “Kasian suaminya punya istri nggak bisa dandan, tar bisa kecantol orang lain tuh”. Padahal, suami juga nggak masalah kalau istrinya nggak dandan. Baginya, yang terpenting adalah kebutuhan anak dan suami tercukupi.

 

Kalau menurutmu Moms, kira-kira tipe yang bagaimana lagi yang sering dijumpai? Pada dasarnya memang setiap ibu punya tipe yang berbeda-beda dan semuanya baik. Tidak ada yang salah dengan cara wanita mengekspresikan dirinya sebagai seorang ibu. Yang penting tetap wajar dan mendapatkan dukungan dari suami. Semoga bermanfaat ya!