8 Tipe Kecerdasan Anak yang Harus Orang Tua Tahu

Tipe Kecerdasan Anak

25 Desember 2021

Photo by cottonbro from Pexels via ://

Setiap anak memiliki bakat dan tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Dalam hal ini para orang tua harus paham kalau ada tipe anak yang memang cerdas dalam segala aspek, namun ada juga yang hanya unggul pada satu bidang saja. Hal tersebut bukanlah masalah besar, yang jelas sebagai orang tua harus selalu mendukung apa yang menjadi potensi anak.

Melihat tipe kecerdasan anak ternyata bisa dari mainan favoritnya lo Moms. Ada tipe anak yang nggak bisa diam, ada juga yang sangat pendiam. Nah..tugas orang tua di sini adalah memberikan stimulasi agar mereka lebih terarah. Usia anak-anak memang masih berubah-ubah sehingga Moms juga nggak harus memaksanya. Terlalu memaksa hanya akan menekan potensi anak mengingat tipe kecerdasan juga sangat berbeda-beda.

Apa saja tipe kecerdasan anak?

1. Kecerdasan Spasial-Visual

Ada anak yang memang sejak kecil sudah memiliki ketertarikan menggambar. Hal ini karena mereka memiliki kemampuan berpikir yang baik dan mampu memvisualisasikan dalam bentuk gambar yang akurat. Ini juga menandakan kalau si kecil memiliki tipe kecerdasan spasial.

2. Kecerdasan Verbal-Linguistik

Tipe kecerdasan ini cenderung membuat anak lebih tertarik dengan cara orang membacakan buku, menuliskan kalimat, dan lebih  sensitif terhadap suara & makna. Umumnya, anak yang punya kecerdasan verbal bisa dengan mudah mencerna kata-kata baik secara lisan maupun tulisan.

3. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Anak yang memiliki kecerdasan kinestetik biasanya mampu mengekspresikan ide dan perasaan mereka melalui gerak seluruh tubuhnya. Ia lebih terampil dalam mengontrol gerak tubuh dan mampu mengatasi sebuah objek dengan baik, misalnya bermain basket, bola bekel dan permainan lainnya.

4. Kecerdasan Logika-Matematika

Jenis kecerdasan ini memang seringkali dianggap paling brilliant. Namun semua kembali ke masing-masing anak punya tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Kecerdasan logika berkaitan dengan bagaimana anak mampu mengolah angka dan menggunakan logika. Mereka biasanya memahami pola dan hubungan antara angka dengan simbol.

5. Kecerdasan Naturalis

Jika anak lebih suka berbaur dengan alam dan lingkungan, maka ia cenderung memiliki tipe kecerdasan naturalis. Hal ini tentunya sangat bagus karena ia bisa dengan mudah mengenal aneka flora dan fauna yang ada di sekitar sehingga lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

6. Kecerdasan Musikal

Moms pasti pernah mendapati anak yang lebih suka hal-hal berbau musik. Mereka biasanya lebih mengekspresikan diri dengan menyanyi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alat musik. Anak-anak yang memiliki kecerdasan musikal juga lebih peka terhadap ritme, nada dan irama musik. Maka nggak heran kalau ia suka joget-joget ketika mendengar musik.

7. Kecerdasan Interpersonal

Tipe kecerdasan interpersonal ini biasanya membuat anak-anak pandai berkomunikasi, memahami orang lain dan mampu bekerja sama dengan baik. Anak yang memiliki jiwa interpersonal yang tinggi cenderung berjiwa pemimpin dan sosial.

8. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan interpersonal yang dipupuk sejak dini juga sangat berdampak positif pada anak ketika mereka sudah besar. Anak yang memiliki tipe kecerdasan interpersonal lebih memiliki kesadaran akan perasaan pribadinya. Ia juga mampu mengendalikan dirinya sendiri dan membuat keputusan yang lebih matang.

Itulah tipe kecerdasan anak. Moms juga jangan kaget kalau ternyata si anak juga memiliki tipe kecerdasan lebih dari satu. Agar semakin paham dengan tipe kecerdasan anak sejak ini, maka penting bagi orang tua untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak. Dengan begitu akan mudah mengamati perilakunya sehingga paham dengan tipe kecerdasan yang dimiliki anak.

Semoga bermanfaat!