7 Manfaat Luar Biasa Skin to Skin bagi Ayah dan Bayinya. Jangan Sepelekan!

Skin to Skin Ayah dan Bayi

26 November 2021

Photo by Craig Adderley via https://www.pexels.com

Bukan hanya dengan ibunya, bayi terutama yang baru lahir juga disarankan untuk melakukan skin to skin dengan ayahnya, lo!

Skin to skin antara ayah dan bayi tentunya juga memiliki banyak manfaat sehingga harus sering dilakukan. Sebagai orang tua pasti nggak asing dengan kegiatan ini. Skin to skin adalah meletakkan bayi pada dada ibu atau ayah tanpa dihalangi kain apapun, jadi kulit bayi akan langsung bersentuhan dengan Moms atau Dads. Pada bayi yang baru lahir, skin to skin mampu membangun ikatan emosional antara orang tua dan anak.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Notre Dame yang ada di Amerika Serikat juga menjelaskan bahwa interaksi antara ayah dan anak ini mampu memengaruhi kesehatan sosial di samping emosional anak hingga 10 tahun pertama. Dari penelitian tersebut juga disimpulkan bahwa ada beberapa manfaat skin to skin antara ayah dengan bayi, lo!

1. Mampu membuat bayi lebih cerdas

Siapa sangka dengan hanya kegiatan skin to skin antara ayah dan bayi ternyata mampu membuat si kecil lebih cerdas. Hal ini karena kebiasaan skin to skin dapat memberikan rasa nyaman pada bayi. Rasa nyaman itulah yang akan merangsang perkembangan otak bayi sehigga sarafnya bekerja dengan baik.

2. Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru

Skin to skin antara ayah dan bayi juga dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Si kecil juga bisa beradaptasi lebih cepat dengan tingkat jantung dan napas yang lebih normal. Dengan begitu sistem pernapasannya juga lebih stabil.

3. Mampu mendukung perkembangan kognitif bayi

Kemampuan kognitif sangatlah penting dimiliki anak. Ini juga bisa didapatkan dari skin to skin dengan ayah. Dengan sentuhan kecil tersebut, bayi nantinya juga akan memiliki perilaku yang lebih peduli. Mereka juga akan lebih cepat menangkap maupun mengingat sesuatu yang nyata.

4. Sebagai pertukaran bakteri baik

Moms dan Dads pasti nggak nyangka, kan? Kalau ada bakteri baik yang nantinya akan disalurkan dari ayah ke bayi. Penyaluran bakteri baik ini nggak didapat saat si kecil masih dalam kandungan, namun bisa diberikan melalui skin to skin antara ayah dan bayi. Bakteri baik juga mampu melapisi dinding usus, meningkatkan fungsi pencernaan dan membuat tubuh bayi lebih kebal.

5. Membuat suhu tubuh bayi lebih stabil

Berbeda saat masih di dalam perut ibu, saat sudah keluar di dunia, bayi kurang menyesuaikan suhu tubuhnya. Namun akan tetap stabil jika mendapatkan skin to skin dari sang ayah. Dengan begitu, suhu tubuh si kecil akan tetap hangat dengan cara yang alami, yaitu didapat dari pelukan ayah.

6. Membuat bayi lebih tenang sehingga jam tidurnya lebih lama

Bayi akan merasa tenang ketika melakukan kontak langsung dengan ayah atau ibunya. Bahkan skin to skin dengan ayah juga akan membuat tidurnya lebih nyenyak. Mereka akan merasakan kehangatan pada tubuh sehingga tidurnya lebih nyenyak.

7. Membuat ayah lebih rileks

Skin to skin antara ayah dan bayi juga bermanfaat untuk si ayah. Dads juga akan merasa lebih rileks karena mampu meningkatkan hormon oksitosin yang berhubungan dengan kebahagiaan. Semakin sering melakukan maka akan semakin jauh dari stress.

Meski hanya kegiatan kecil, namun ternyata manfaatnya sangat banyak. Itulah alasan mengapa ayah harus menyempatkan skin to skin dengan si kecil. Semoga bermanfaat ya!