5 Skill Penting yang Wajib Calon Ayah Baru Punya

Skill Wajib Calon Ayah

17 Desember 2021

Photo by Josh Willink from Pexels via ://

Siapa di sini yang masih punya pikiran kalau mengurus anak hanyalah tugas seorang ibu saja? Sementara si ayah hanya bertanggung jawab untuk mencari nafkah. Hmm… pernyataan seperti itu sudah nggak berlaku ini era sekarang. Pasalnya, ayah juga harus terlibat dalam mengasuh anak. Jadi, kini tugas ayah nggak hanya transfer uang untuk kebutuhan ibu dan si kecil, tapi juga terjun langsung ikut mengurus baby.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pew Research, ayah milenial ternyata lebih punya keinginan untuk mengurus dan membesarkan anaknya. Hal inilah yang membuat para pria harus belajar beberapa skill sebelum menjadi ayah baru karena sadar kalau mendidik anak adalah tanggung jawab ayah dan ibu. Buat para Moms juga jangan sungkan buat berbagi ilmu buat Dads biar nanti bisa bantu urus debay.

Daripada penasaran, berikut beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh calon ayah;

1. Mengganti popok anak

Calon ayah harus bisa mengganti popok baby ketika ia lagi buang air kecil maupun buang air besar. Ini caranya gampang banget, tinggal melihat Moms pas gantiin popok si kecil, nanti lama-lama juga terbiasa kok.

2. Latihan menggendong si kecil

Biasanya si ayah baru masih takut buat gendong anak. Nah, ini dibiasakan ya Dads. Latihan pelan-pelan buat gendong si kecil biar bisa gantian sama ibu. Dengan begitu si kecil kalau nangis dan minta gendong, bisa langsung ambil dan nggak perlu nungguin ibunya. Lumayan buat menghindari tantrum berlebih.

3. Belajar mandiin si kecil

Nah..ini juga penting banget. Nggak hanya latihan menggendong tapi juga harus bisa memandikannya. Kalau udah pagi dan ibunya masih tidur, Dads bisa langsung ambil alih. Memandikan bayi memang butuh skill khusus, tapi kalau latihan sedari dini juga nantinya bisa kok Dads. Semangat ya!

4. Menyendawakan si kecil setelah menyusu

Bukan ibu aja yang bisa menyendawakan si kecil setelah menyusu, ayah juga harus bisa menguasai skill ini. Hal ini buat mengantisipasi ketika si kecil minum ASI dari botol dan kebetulan ibunya lagi keluar. Kalau Dads bisa menguasai skill yang satu ini, Moms pasti bisa melakukan mommy moon dengan tenang.

5. Begadang tengah malem menggantikan Moms

Bagi orang tua baru tentunya harus banyak begadang karena jam tidur bayi yang belum tepat. Dalam hal ini si ayah juga harus menemani bahkan menggantikan Moms buat begadang. Kalau bisa sih, gantian jaga malem, jadi biar Moms juga bisa cukup istirahat. Yang penting udah pumping ASI dan bisa diberikan saat malam hari ingin menyusu atau rewel.

Selain lima skill di atas, Dads juga harus banyak sabar menjadi orang tua baru. Pokoknya menjadi orang tua adalah tanggung jawab besar. Namun, suatu saat akan bangga jika berhasil mendidik anak menjadi pribadi yang berguna bagi semua orang. Intinya, banyak-banyak sabar ya Dads, harus selalu siaga mendampingi ibu dalam merawat si kecil khususnya yang baru lahir.