6 Jenis Silent Killer dalam Pernikahan yang Wajib Diwaspadai

Silent Killer dalam Pernikahan

10 Januari 2022

Photo by Katerina Holmes from Pexels via ://

Sudah bukan menjadi hal yang mengagetkan jika dalam hubungan pernikahan ada yang namanya silent killer. Ini merupakan jenis permasalahan rumah tangga yang jarang dibicarakan hingga akhirnya dapat menyebabkan perceraian. Pada beberapa kasus, 90% pasangan juga bercerai karena adanya sillent killer dalam penikahan yang seringkali tak disadari.

Berdasarkan penuturan dari Dr. John Gottman yang dilansir dari Bustle, sillent killer ini tidak terlihat bahkan oleh pasangan itu sendiri, namun ada dan dirasakan oleh mereka. Ini juga sering dianggap hal yang dapat merusak pernikahan daripada perselingkuhan. Tanpa disadari, sillent killer dalam pernikahan juga terdiri dari beberapa jenis dan patut diwaspadai.

Berikut jenis sillent killer dalam pernikahan;

1. Silent Socializing

Pada jenis sillent killer yang satu ini, biasanya pasangan secara diam-diam berinteraksi melalui media sosial. Kebanyakan teman yang didapat dari media sosial rata-rata adalah lawan jenis hingga akhirnya berujung memiliki “teman baru”. Dari situ bisa menjadi ajang untuk memulai perselingkuhan yang smooth tanpa diketahui pasangan.

2. Silent Scrolling

Inilah yang berbahaya. Kamu dan pasangan memang berada di dalam kamar berdua. Namun masing-masing ternyata sibuk dengan smartphone. Salah satu alasannya yang sering mereka gunakan adalah karena ada urusan pekerjaan, padahal hanya scrolling ponsel lantaran merasa bosan meski ada pasangan di sampingnya.

3. Silent Night

Ketika keduanya sama-sama sibuk, mungkin mereka hanya bertemu saat akan tidur saja. Namun, yang dilakukan justru langsung tidur dan nggak ada perbincangan sama sekali. Mungkin karena sama-sama lelah dengan rutinitas harian sehingga suami istri rasanya seperti asing. Jika dibiarkan terus menerus hanya akan menyakiti salah satu pasangan.

4. Silent Solidarity

Dalam hubungan pernikahan tentunya sangat penting untuk tetap menjaga komunikasi. Apalagi ketika sudah memiliki anak, tentu harus selalu menyediakan waktu bersama untuk me time dengan pasangan. Jangan sampai Moms dan Dads berada pada tahap silent solidarity yang akhirnya malah berakibat fatal dalam hubungan.

5. Silent Spending

Jenis silent killer yang satu ini memang seringkali menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga. Yang dilakukan dalam silent spending ini adalah secara diam-diam menggunakan uang yang sudah ditentukan sehingga keuangan rumah tangga menjadi kacau. Uang sekecil apapun akan sangat berpengaruh ketika keduanya tidak sama-sama terbuka soal keuangan.

6. Silent Slot

Beberapa orang tentunya masih beranggapan jika semua pekerjaan rumah adalah tugas istri. Sementara suami hanya mencari nafkah saja. Anggapan tersebut seolah tugas istri adalah yang paling berat karena mengurus rumah, belum lagi waktu buat mengurus anak. Padahal suami juga punya peran dalam membantu istri bersih-bersih rumah.

Semua pasangan suami istri tentunya menginginkan keluarga yang selalu harmonis. Akan tetapi, cobaan selalu ada dan tentunya lengkap dengan solusinya asal diselesaikan berdua. Hidup berumah tangga memang harus mengutamakan komunikasi agar segala sesuatunya nggak hanya dipendam saja.

Dengan adanya komunikasi yang lancar tentunya mampu mengantisipasi terjadinya jenis silent killer. Kuncinya memang ada di komunikasi. Itulah jenis silent killer dalam pernikahan yang harus diwaspadai. Semoga bermanfaat ya!