6 Sifat yang Diturunkan Ibu ke Anaknya. Penasaran Nggak Apa Saja?

Sifat Ibu Yang Diturunkan ke Anak

02 November 2021

Photo by MART PRODUCTION via https://www.pexels.com

Kelahiran anak pastinya sangat ditunggu-tunggu khususnya bagi pasangan baru menikah yang ingin segera memiliki momongan. Tak sampai di situ, para orang tua tentunya juga penasaran tentang nantinya si kecil lebih mirip siapa sih? Mamanya atau Papanya? Hal tersebut memang wajar. Namanya juga orang tua baru. Pastinya penasaran anaknya mirip siapa? Kebanyakan sih, wajah anak laki-laki lebih mirip ke Mamanya, sedangkan kalau perempuan cenderung copy paste Papanya.

Kalau dilihat dari ilmu sains, anak yang lahir biasanya diwarisi gen dari kedua orang tuanya. Itulah mengapa kadang bentuk fisik dan kebiasaan tertentu pada anak berasal dari orang tuanya. Akan tetapi, warisan genetik yang diturunkan dari ibu tentunya berbeda dari sang ayah. Kali ini Mamin mau bahas seputar sifat genetik ibu yang diturunkan ke anak. Kira-kira apa saja, ya?

1.Kecerdasan merupakan sifat genetik yang diturunkan dari ibu ke anak

Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Kalau ada anak yang terlahir cerdas dan pintar, maka setengah faktor penentunya adalah dari DNA dari sang ibu. Kemampuan anak dalam memahami sesuatu juga karena ibunya menguasai hal tersebut. Selain itu juga, tentunya didukung dengan makanan sehat dan gizi yang seimbang agar kecerdasan anak semakin maksimal.

2.Berbagai hal yang menyenangkan atau trauma yang mendalam juga berasal dari genetik ibu

Photo by Catalina Carvajal Herrera from Pexels

Hal yang menyenangkan maupun trauma yang dialami anak juga merupakan genetik dari ibunya. Itulah mengapa saat hamil, seorang ibu harus punya mood yang bagus karena akan berpengaruh pada anak. Jika masa kehamilannya penuh dengan kecemasan dan trauma parah, maka juga akan menurun pada anak.

3.Genetik dari ibu juga akan berperan dalam keaktifan bicara pada anak

Photo by Katie E from Pexels

Faktor genetik dari ibu yang diturunkan ke anak nggak hanya kecakapan dalam berbicara tetapi juga bagaimana  cara anak bergaul. Ibu yang punya pergaulan luas juga cenderung menurun pada anaknya. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang mudah beradaptasi di manapun berada.

4.Pembentukan warna rambut dan kekuatan rambut pada anak juga juga berasal dari gen ibu

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Sejak dalam kandungan sebenarnya sudah ada sekitar 20 gen yang mengendalikan protein pembentukan rambut pada anak. Ketika seorang ibu memiliki jenis rambut yang rentan botak maupun masalah kerontokan, maka juga akan menurun pada anak. Sama halnya ketika ibu memiliki jenis rambut yag lembut, maka juga akan terjadi pada rambut anaknya.

5.Posisi dan pola tidur ibu juga menurun pada anaknya, lo!

Photo by William Fortunato from Pexels

Ibu juga akan menurunkan genetik seputar gaya dan pola tidur pada anak. Bahkan hal tersebut sudah mulai terbentuk sejak dalam kandungan lo Moms. Kalau Moms punya kebiasaan gaya tidur yang suka telentang maupun tengkurap, maka juga akan menurun pada anak. Moms yang seringkali mengalami gangguan tidur, maka si anak juga nantinya akan mengalaminya.

6.Penggunaan tangan yang dominan dari ibu juga menurun pada anak

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kebanyakan orang di dunia cenderung menggunakan tangan kanannya untuk melakukan kegiatan. Mungkin hanya sekitar 12 % saja yang menggunakan tangan kiri. Ketika seorang ibu lebih dominan menggunakan tangan kiri maka juga akan diwariskan ke anak.

Itulah beberapa sifat genetik ibu yang bisa menurun ke anak. Namun terlepas dari itu juga ada faktor lingkungan yang memperngaruhinya. Pemberikan pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang juga menjadi penentu. Semoga bermanfaat ya, Moms!