6 Tips Self Healing buat Moms Menyambut Tahun Baru

Self Healing untuk Para Moms

31 Desember 2021

Photo by Rodnae Production from Pexel via ://

Akhir tahun memang sangat cocok digunakan untuk healing khususnya untuk para ibu. Selama setahun tentunya banyak suka duka yang dilewati dan membuat pikiran seolah penuh. Untuk itu dibutuhkan self healing untuk para Moms. Healing merupakan sebuah upaya untuk menyembuhkan bentuk luka batin pada diri sendiri seperti sedih, gagal, mencemaskan sesuatu hingga berujung depresi.

Setiap orang tentunya punya luka batin yang hanya bisa disembuhkan oleh diri sendiri. Apalagi bagi para ibu baru, tentunya banyak tantangan yang kadang memaksa diri untuk selalu sabar karena menjadi orang tua harus banyak belajar. Meski kadang menyebabkan rasa sesak dalam diri, tapi akhirnya ibu bisa melewatinya. Namun, tetap saja butuh yang namanya self healing.

Daripada Moms disibukkan dengan berbagai resolusi dan perayaan yang menghabiskan energi, lebih baik jadikan tahun baru ini sebagai momen untuk healing. Begini maksudnya…

1. Introspeksi diri

Introspeksi diri juga sangat penting agar ke depannya bisa menjadi istri sekaligus ibu yang lebih baik lagi. Moms bisa berpikir apakah selama ini sudah memberikan yang terbaik untuk si kecil? Apakah sudah menjadi istri yang baik untuk suami? Dengan begitu pasti ke depan mampu menjadi istri dan ibu yang semakin baik.

2. Lebih banyak belajar sebagai ibu, misalnya dengan memberdayakan diri lewat artikel-artikel parenting

Menjadi ibu di zaman sekarang tentu semakin dimudahkan karena bisa belajar dari mana saja. Salah satunya artikel di Hipwee YoungMom yang memberikan info penting seputar parenting untuk ibu-ibu masa kini. Moms bisa belajar banyak hal agar menjadi ibu yang lebih sigap dan siap menghadapi tantangan pola asuh di masa depan.

3. Memanjakan diri dengan sejenak treatment rumahan di kamar mandi; luluran, keramas atau waxing

Daripada keluar rumah, lebih baik Moms memanjakan diri sejenak dan minta tolong suami untuk menjaga anak sebentar. Moms bisa luluran, waxing atau creambath ala-ala supaya bisa merasakan “terlahir kembali” meski lewat cara-cara sederhana. Murah dan bermanfaat buat diri Moms sendiri, bukan?

4. Bertemu dengan teman-teman sefrekuensi, baik langsung atau secara virtual

Cara ini juga menjadi healing terbaik buat para Moms. Apalagi kalau kumpulnya sama ibu-ibu, pasti akan saling paham satu sama lain yang sedang dialaminya. Moms bisa memilih pergi ke cafe atau tempat makan untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Jika nggak bisa, Moms bisa melakukan video call dengan teman yang Moms rasa memang sefrekuensi.

5. Memperdalam ilmu parenting secara online

Sekarang ini banyak akun media sosial yang share seputar parenting. Nggak perlu keluar rumah. Cukup di dalam kamar sambil memanfaatkan gadget. Menjadi ibu masa kini harus pandai mencari berbagai informasi seputar cara mendidik anak yang sesuai dengan gaya parenting zaman sekarang. Moment healing yang satu ini sekaligus membuat para ibu lebih siap menghadapi tantangan sebagai orang tua di masa mendatang.

6. Berafirmasi positif menyambut tahun baru, supaya tahun depan dan seterusnya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi

Di sini Moms bisa bermeditasi dan yakin bahwa tahun depan akan lebih baik. Yakin bahwa tahun-tahun berikutnya mampu menghadapi tantangan sebagai ibu yang ingin mendidik anaknya dengan pola pikir masa kini. Meski nggak mudah, tapi dengan belajar dan terus belajar tentunya Moms akan mampu menghadapinya.

Self healing juga akan membuat para ibu punya energi baru yang lebih positif dan tentunya nggak mudah uring-uringan. Itulah tips healing dari Mamin yang bisa menjadi rekomendasi untuk Moms semua. Semoga bermanfaat ya!