7 Film Seputar Parenting yang Bisa Ditonton Semua Kalangan. Bagus, Anti Bosan!

Rekomendasi film parenting

19 Maret 2021

rekomendasi film parenting | credit: Imdb via https://www.imdb.com

Pernahkah Dads dan Moms merasa jenuh saat menerapkan pola parenting?

Biasanya, buku menjadi sumber pengetahuan yang kerap dirujuk orang untuk belajar sesuatu termasuk parenting. Namun nggak sedikit orang yang gampang bosan ketika membaca buku. Untuk menyiasatinya, para orang tua bisa mencoba cara lain yakni dengan menonton film. Dengan menonton film, pesan soal parenting akan mudah diserap oleh Ayah dan Bunda. Jaminan tak akan bosan!

Nah, berikut ini adalah deretan film bertema parenting yang patut ditonton oleh para orang tua. Film-film ini menyimpan banyak pesan soal pengasuhan anak, lo!

1. A Daughter of Mine (2018)

cuplikan film “A Daughter of Mine” | credit Imdb

Sepertinya Moms harus menonton film bertema ibu dan anak ini. Film “A Daughter of Mine” menawarkan cerita yang tak jauh dari realita. Film ini mengisahkan Vittoria, gadis berusia 10 tahun. Selama hidupnya, Vittoria mengenal Tina sebagai ibu kandung. Padahal Tina tak lebih sebagai ibu pengasuhnya. Suatu hari ibu kandung Vittoria datang untuk menjemput setelah meninggalkannya karena masalah ekonomi di masa lalu. Konflik mulai memuncak ketika ikatan antara Vittoria dan Tina bukan sekadar anak dan pengasuh, melainkan lebih dalam sebagai ibu dan anak.

2. Philomena (2013)

potongan adegan Philomena | credit: Imdb

Bisa dibilang film ini nggak terlalu sarat dengan isu parenting. Tapi nilai-nilai parenting diselipkan dengan baik dalam film dengan sedikit tema jurnalistik ini. Bercerita tentang Martin, jurnalis yang merasa kariernya makin `kering`. Di tengah masa gersang dalam kariernya, ia dipertemukan dengan perempuan yang membagikan hubungannya dengan sang ibu bernama Philomena.

Kepada Martin, perempuan itu meminta bantua Martin untuk memberitakan putranya yang dibuang oleh Philomena. Proses Martin menguak kebenaran dan keberadaan si anak tersebut menjadi jalan utama cerita. Moms dan Dads akan menemukan banyak fakta yang mind blowing sekali. Apakah Moms dan Dads tertarik?

3. Father of the Bride (1991)

adegan film “Father of Bride” | credit: Imdb

Dibalut dengan komedi, film soal parenting ini cukup seru untuk ditonton lo. Meskipun dirilis tahun 1991, film “Father of The Bride” tetap memberikan hiburan yang sarat makna. Film yan diperankan oleh Steve Martin, Diane Keaton dan Kimberly Williams ini menceritakan seroang ayah yang merasa kesulitan putrinya menikah. Kental dengan hubungan ayah dan anak, film ini bisa jadi tontonan menarik untuk Dads. Apalagi film ini menjadi masuk film box office dan menuai ulasan positif.

4. A Separation (2011)

Nader dan sang ayah | credit: Imdb

Kalau Moms dan Dads pengin belajar parenting dengan konflik yang cukup kompleks, film “A Separation” mungkin bisa jadi pilihan. Film ini mengisahkan satu keluarga kecil. Diawali dengan Nader dan Simin, sepasang suami istri yang hendak pindah keluar negeri. Namun sayangnya rencana itu harus gagal karena Ayah Nader mengidap Alzheimer. Kondisi keluarga Nader makin parah sampai-sampai sang istri menggugat cerai. Dengan menyajikan bermacam-macam sudut pandang, film ini memang cukup rumit tapi seru.

5. A Better Life (2011)

potongan scene film “A Better Life” | credit: Imdb

Melalui karakter Carlos, para orang tua akan belajar tentang parenting yang mengesankan.  Perjuangan Carlos untuk menjauhkan sang anak dari gangster akan membuat Dads dan Moms terenyuh. Hubungan anak dan ayah benar-benar disajikan dengan apik dalam film ini. Sebagai imigran, Carlos yang beretnis Meksiko ingin putranya hidup dengan masa depan yang cerdas. Tapi nahasnya, ada fakta tersembunyi yang disimpan Carlos selama ini.

6. Mrs. Doubtfire

adegan film “Mrs. Doubtfire” | credit: Imdb

Satu lagi film lawas dengan genre drama dan komedi. Mrs. Doubtfire, film keluaran tahun 1993 yang mengangkat kisah tentang pengaruh perceraian terhadap keluarga. Terinpirasi dari novel Alias Madame Doubtfire karya Anne Fine, film ini memberikan banyak insight kepada para orang tua dalam melihat perceraian dan dampaknya terhadap anak.

7. Infinitely Polar Bear (2014)

adegan film “Infinitely polar Bear” | credit: Imdb

Mengisahkan sosok dengan gejala bipolar disorder, film “Infinitely Polar Bear” menawarkan warna yang berbeda daripada film-film lainnya. Cam harus berjuang menghadapi penyakit bipolar. Apalagi ia harus mengasuh dua putrinya ketika sang istri bekerja. Momen pengasuhan Cam menjadi daya tarik film ini. Ditambah dengan kondisi kesehatan mental Cam yang tak mudah. Dads dan Moms akan mempelajari tentang parenting melalui film yang dibintangi Mark Ruffalo ini.

Nah, itu dia 7 film tentang parenting yang bisa ditonton oleh para atau calon orang tua. Adakah film yang menarik hati Moms dan Dads?