5 Rekomendasi Buku untuk Ibu Milenial Baca Seputar Parenting. Seru dan Sarat Info Penting!

rekomendasi buku parenting milenial

23 November 2020

Seni Berbicara Pada Anak | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Seberapa penting ilmu seputar pola asuh untuk para orang tua baru? Banyak banget yang masih menyepelekan betapa pentingnya punya pengetahuan yang cukup seputar mengasuh anak saat memutuskan menjadi orang tua. Benar, merawat dan membesarkan anak itu sangat customized, sangat tergantung pada kebutuhan anak. Tapi gimana kita bisa punya opsi parenting kalau kita nggak punya banyak referensi?

Kali ini Hipwee Young Mom ingin mengajak kamu mengulik 5 rekomendasi buku parenting yang lagi hits di kalangan ibu milenial. Buku-buku parenting ini mostly menjabarkan tentang teknik pola asuh dan informasi terkait kebutuhan psikologis anak untuk dapat berkembang optimal, jadi bukan buku 101 cara memandikan bayi atau hal-hal berkaitan dengan MPASI ya. Buat kalian para moms yang baru menjajaki dunia orang tua baru, saya rasa buku-buku ini layak masuk wishlist kalian!

1. ‘Seni Berbicara Pada Anak’ terbitan BIP Gramedia (Rp115.000,00) yang ditulis Joanna Faber dan Julie King bisa jadi buku yang menarik dibaca saat anakmu mulai menginjak usia 2 tahun ke atas. Mulai bisa ngeyel!

Seni Berbicara Pada Anak | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Buku ini bisa jadi bala bantuan yang jauh dari kesan menggurui untuk para ibu mengasuh anaknya yang sudah mulai banyak tingkah dan ingin mandiri-tapi-masih-kepengin-diurus. Buku yang ditulis oleh duo sahabat ini memberikan penjelasan gamblang, berkaca dari pengalaman dan ilmu yang mereka himpun untuk mengatasi masalah-masalah konkret sehari-hari. Tutur bahasanya itu enak banget, padat tapi tetap bikin enjoy dibaca. Recommended!

Beli di sini.

2. ‘Bringing Up Bébé’ terbitan Bentang yang ditulis Pamela Druckerman (Rp89.000,00). Suka serial ‘Emily in Paris’ dan segala culture shock yang dialami sang tokoh utama? Nah, maka buku ini mungkin akan menarik untukmu, terutama untuk para mamak milenial

Bringing up Bebe | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Menceritakan tentang hasil pengamatan seorang mantan jurnalis Amerika yang hijrah ke Paris tentang pola asuh anak-anak Prancis, buku ini memberikan sudut pandang yang menarik tentang bagaimana cara santuy tapi efektif para ibu chic di Paris mengasuh anak mereka. Gaya penuturannya ringan, lugas tapi tetap padat informasi. Berasa kayak baca curhatan emak-emak tapi curhatan yang berbobot dan sarat info gitu lo!

Beli di sini.

3. ‘Apa Namanya? Kamus Perasaan Anak’ karya penulis Korea, Park Sung Woo terbitan Miracle Books (Rp85.000,00) ini punya tampilan dan gaya kepenulisan yang ringan dan menarik. Nggak akan bosan deh buka-buka buku ini~

Kamus Perasaan Anak | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Buku ini menarik untuk dikulik karena mengandung ilustrasi yang gemas. Memuat sekitar 70 kosakata tentang jenis perasaan, buku ini memberikan contoh situasi yang mencerminkan perasaan anak. Buku ini layak dibaca agar orang tua bisa belajar memahami dan situasi anak yang masih belajar meraba-raba perasaan mereka di awal kehidupan mereka di dunia.

Beli di sini.

4. Buku ‘The Danish Way of Parenting’ terbitan B First (Rp59.000,00) ini juga jadi bacaan banyak ibu milenial karena mengupas soal rahasia parenting orang tua di Denmark yang terkenal sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia

The Danish Way of Parenting | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Sebagai salah satu negara yang didapuk sebagai negara paling bahagia di dunia, menarik untuk mengulik soal bagaimana cara para orang tua di Denmark mengasuh anak-anak mereka. Pola asuh masyarakat Denmark disingkat menjadi ‘PARENT’, yang berarti ‘P’ untuk play, ‘A’ untuk authenticity, ‘R’ untuk reframing, ‘E’ untuk emphaty, ‘N’ untuk no ultimatum, dan ‘T’ untuk togetherness dan hygge. Nah, prinsip ‘PARENT’ inilah yang jadi rahasia orang tua Denmark membesarkan anak-anak yang tangguh, bahagia dan punya kualitas hidup yang baik.

Beli di sini.

5. Last but not least, buku ‘Dr. Montessori’s Own Handbook’ (Rp69.000,00) terbitan Bentang ini juga layak masuk wishlist karena ditulis sendiri sang penemu metode kekinian yang banyak dikepoin emak milenial

Dr. Montessori Own Book | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Tren mendidik anak ala Montessori mungkin sudah terdengar gaungnya sejak beberapa tahun lalu di Indonesia. Teknik ini banyak dipuji karena dianggap berhasil dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tapi mungkin banyak yang justru tahu teknik ini dari orang-orang ‘kedua’ atau ‘ketiga’, bukan dari tulisan penemu aslinya. Nah, buku ini mengupas soal teknik pengajaran Montessori yang langsung ditulis oleh penemunya sendiri, yakni Maria Montessori. Dari buku ini, kita bisa memahami cikal bakal metode Montessori sampai filosofi dasarnya. Interesting!

Beli di sini.

Belajar itu nggak terbatas dari duduk manis doang di ruang kelas. Belajar dari pengalaman orang, belajar dari seminar, belajar dari film, dokumenter, artikel yang kredibel dan buku yang bagus juga penting untuk mengembangkan wawasan. Kalau ada yang bilang, ibu lulusan sarjana adalah ibu yang cerdas, saya rasa kalimat ini kurang adil. Ibu yang cerdas adalah semua ibu yang mau dan gigih belajar dengan sumber dan tools yang tepat. Buku yang baik bisa jadi tools yang oke untuk ibu-ibu mulai menciptakan generasi lanjutan yang bahagia dan pintar. Sudah pernah baca atau jadi tertarik check out-in buku yang mana nih, Moms?