Pintar Mengenal 7 Warna Feses si Kecil. Ternyata Bisa Jadi Penanda Kondisi Kesehatannya Lo

Warna BAB bayi menunjukkan kesehatannya

04 Januari 2019

Warna feses bayi bisa jadi indikasi kondisi kesehatan bayi lo~ via https://iprice.co.id

Buat para ibu muda yang baru saja punya anak bayi, saatnya untuk jeli memperhatikan warna feses bayi. Warna feses bisa memperlihatkan apa makanan si kecil. Anak yang minum ASI dan susu formula punya warna feses yang berbeda. Apalagi saat bayi sudah diberi makanan padat, pasti warna serta tekstur kotorannya akan berbeda lagi. Selain itu, kesehatan bayi juga bisa dilihat dari kondisi fesesnya.

Penting buat para ibu paham perbedaan warna feses bayi, maknanya, dan kemungkinan adanya gangguan kesehatan bayi. Dilansir dari Popmama, ada beberapa jenis warna feses si kecil dan maknanya. Kenali yuk biar nggak cepat panik dan tahu bagaimana menanganinya saat bayi mengeluarkan kotoran yang nggak normal.

1. Warna feses bayi yang baru lahir biasanya berwarna hijau kehitaman yang sangat gelap. Kotoran pertama bayi disebut dengan istilah mekonium

Jangan panik kalau pertama kali feses bayi warnanya gelap mendekati hitam ya~

Jangan panik kalau pertama kali bayi mengeluarkan kotoran, warnanya akan sangat gelap bahkan kehitaman. Itu normal dan wajar kok. Tapi, kalau terus-terusan berwarna gelap, perlu diperiksakan ke dokter ya.

2. Bayi yang mendapat ASI eksklusif warna fesesnya adalah kuning terang, terkadang ada semburat hijau dan juga titik-titik putih mirip biji wijen

Bayi dengan ASI eksklusif fesesnya berwarna kuning terang.

Warna feses yang normal pada bayi biasanya adalah kuning. Saat diberi ASI eksklusif, maka warnanya akan kuning terang. Ini menunjukkan kalau pemberian ASI sudah benar dan tepat. Nggak perlu panik kalau ada titik-titik putihnya. Itu normal kok.

3. Feses bayi akan berwarna hijau dan berbusa kalau bayi terlalu banyak minum ASI yang kurang berlemak. Padahal lemak ASI baik lo bagi kesehatan bayi

Kalau warna fesesnya hijau, mungkin konsumsi ASI bayi masih belum benar.

ASI kan ada dua jenis yaitu susu depan (foremilk) dan susu belakang (hindmilk) ASI yang mengandung lemak. Nah, saat asupan ASI pada bayi nggak seimbang karena lebih banyak minum susu depan, maka fesesnya berwarna hijau dan berbusa. Tipsnya adalah selalu kosongkan payudara saat menyusui agar gizi dan nutrisi yang dikonsumsi bayi jadi maksimal.

4. Sedangkan bayi yang minum susu formula mengeluarkan feses berwarna coklat mirip selai kacang. Kadang ada semburat warna kuning dan hijau

Kalau minum ASI feses berwarna kuning, sedangkan bayi yang minum susu formula fesesnya berwarna kecoklatan.

Bayi yang minum susu formula fesesnya akan berwarna lebih gelap dibandingkan yang minum ASI. Biasanya sih cenderung coklat mirip selai kacang. Baunya akan lebih menyengat daripada bayi yang minum ASI saja.

5. Kalau feses bayi berwarna abu-abu wajar dialami bayi yang baru mulai makan makanan padat. Tapi bisa juga mengindikasi masalah hati dan kantung empedu lo

Tapi hati-hati ya, kalau feses berwarna agak abu-abu terjadi terus menerus, bisa jadi ada masalah pada hati dan empedu.

Pada masa transisi di mana bayi baru mulai makan makanan padat, warna fesesnya akan berwarna cenderung abu-abu. Tapi, kalau hal itu terjadi bukan di masa-masa transisi, maka perlu diwaspadai terjadi masalah hati dan empedu pada bayi ya.

6. Jika feses warnanya putih dengan semburat abu-abu dan agak kering, artinya bayi bisa jadi mengalami masalah dengan hatinya. Segera periksakan ke dokter ya

Tekstur feses berwarna putih ini biasanya agak kering.

Masalah hati pada bayi bisa diindikasikan dengan warna kotoran yang cenderung putih dan abu-abu. Teksturnya cenderung kering seperti kapur. Nah, langsung bawa ke dokter ya saat bayi mengeluarkan feses seperti ini sebelum makin parah.

7. Semburat merah pada feses bisa terjadi sama bayi yang susah BAB. Tapi kalau feses berwarna merah terang, mungkin anak mengalami infeksi. Duh!

Kalau feses bayi berwarna merah terang, segera bawa ke dokter ya!

Bayi yang susah BAB bisa saja fesesnya berdarah karena terlalu keras mengejan. Yang perlu diwaspadai adalah ketika feses warnanya merah terang. Duh bisa-bisa si kecil sedang infeksi atau pendarahan. Segera bawa ke dokter aja ya.

Yuk Bu-Ibu diperhatikan ya warna feses si kecil. Mereka kan masih bayi, belum bisa mengeluh dan menceritakan rasa sakit kecuali melalui tangisan. Maka dari itu, sebagai orangtua harus selalu peka deh dengan hal kecil, termasuk warna feses bayi.