Mengenal Apa itu Metode Persalinan Caesar “ERACS” dan Kelebihannya

Persalinan Caesar ERACS

06 Oktober 2021

Photo by Amit Gaur via https://unsplash.com

Metode persalinan caesar ERACS mungkin masih terdengar asing, karena berbeda dengan operasi caesar pada umumnya. Setiap ibu memiliki pilihan yang berbeda-beda dalam melahirkan di buah hati. Ada yang melahirkan dengan metode pervaginam dan ada juga yang lebih memilih untuk operasi caesar karena sebuah kondisi, tentunya yang sesuai dengan saran dokter. Nah, baru-baru ini metode persalinan caesar ERACS mulai banyak diminati karena pemulihannya lebih cepat dari caesar biasa.

Apa itu metode persalinan caesar ERACS?

Photo by National Cancer Institute on Unsplash

ERACS (Enhanced Recovery After Caesarean Surgery) adalah sebuah metode persalinan dengan teknik operasi yang telah dikembangkan untuk mempercepat pemulihan pasien jika dibandingkan dengan operasi caesar pada umumnya. Metode ini juga bisa menjadi referensi para Moms yang ingin cepat pulih setelah melahirkan buah hati secara caesar. Pada umunya, butuh beberapa hari agar kembali pulih setelah menjalankan persalinan secara caesar.

Tindakan operasi memang selalu menyebabkan rasa nyeri dan nggak nyaman. Akan tetapi, dengan metode persalinan secara caesar ERACS dapat meminimalisir rasa nyeri dan proses kelahiran juga lebih nyaman. Apalagi bagi mereka para ibu yang diharuskan untuk segera melakukan berbagai kegiatan, tentunya metode ini bisa dicoba.

Metode persalinan ERACS merupakan pengembangan dari konsep Enhanced Recovery After Surgery (ERAS) yang awalnya digunakan pada operasi bedah digestif. Metode ini hadir untuk mewujudkan impian para ibu hamil agar nantinya pemulihan pasca operasi caesar lebih cepat.

Kelebihan memilih metode persalinan secara caesar ERACS yang harus para Moms tahu

Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Berdasarkan pemaparan dr. NB Donny AM, Sp.OG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan, kelebihan metode persalinan caesar ERACS antara lain;

  • Puasa sebelum operasi nggak perlu lama. Pada metode ini, puasa sebelum operasi hanya dilakukan dalam waktu singkat kurang dari 8 jam seperti pada umumnya
  • Proses kelahiran lebih nyaman dan minim merasakan rasa nyeri sehingga ibu nggak merasakan rasa nyeri selama operasi berlangsung
  • Rasa mual saat operasi berlangung terasa lebih sedikit
  • Moms bisa bergerak kembali setelah 2-3 jam pasca operasi
  • Moms bisa beraktivitas seperti biasa setelah 24 jam pasca melahirkan
  • Perawatan di rumah sakit lebih cepat sehingga keesokan hari sudah bisa pulang ke rumah

Selain itu, metode persalinan dengan operasi caesar ERACS juga memungkinkan ibu menyusui bayinya dengan posisi yang lebih nyaman dan bonding dengan bayi juga menjadi lebih baik. Metode ini sangat cocok bagi ibu yang ingin segera melakukan kegiatan selepas melahirkan.

Photo by Solen Feyissa on Unsplash

Yang paling diinginkan dari metode persalinan secara caesar ini adalah, 2 jam pasca operasi ibu bisa langsung duduk, 6 jam setelah operasi kateter akan dilepas dan 10 jam pasca operasi ibu bisa berjalan ke kamar mandi sendiri.

Proses melahirkan adalah moment berharga dan setiap ibu selalu memilih yang terbaik untuk dirinya dan buah hati yang dinantikan setelah 9 bulan mengandung. Baik melahirkan secara vaginal maupun caesar, semua ibu adalah hebat. Jadi, Moms tertarik untuk mencoba proses persalinan secara caesar ERACS nggak nih?