Penting! Ini 7 Gestur yang Harus Sudah Bisa Dilakukan Anak Usia 1 Tahun

Perkembangan Anak 1 Tahun

20 Oktober 2021

Photo by Visual Tag Mx via https://www.pexels.com

Mengetahui perkembangan anak khususnya di usia 1 tahun sangat penting, agar mereka nggak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan. Sebagai orang tua tentunya juga selalu memerhatikan tumbuh kembang si kecil mulai dari bayi hingga usianya menginjak 12 bulan. Khususnya bagi Moms yang baru memiliki satu anak, tentu setiapĀ  hari nggak ingin melewatkan momen apa saja yang dilakukan si kecil karena nggak akan terulang lagi.

Perkembangan anak usia 1 tahun biasanya sudah menunjukkan berbagai gestur. Berdasarkan sebuah study, kemampuan komunikasi non-verbal termasuk gestur juga akan menentukan kemampuan komuniksi verbal si kecil di masa depan. Itulah pentingnya mengapa harus mengetahui apa saja yang sudah bisa dilakukan si kecil di usianya yang mulai memasuki 12 bulan.

Untuk para Moms, apakah si kecil yang usianya memasuki 1 tahun bisa melakukan gestur seperti berikut ini?

1.Sudah bisakah si kecil menghampiri Moms dan Dads hanya untuk meminta sesuatu atau sekadar menarik perhatian?

Photo by Cleyder Duque from Pexels

Pada usia 1 tahun biasanya si kecil akan mulai menghampiri Moms atau Dads yang sedang duduk. Yang dilakukan si kecil hanya sekadar mendekati saja. Hal ini sangat normal dilakukan, kok. Mereka hanya mencari perhatian saja.

2.Sudah bisakah si kecil mengangkat kedua tangan untuk minta digendong?

Photo by Kristina Paukshtite from Pexels

Ketika Moms atau Dads terlihat akan beranjak pergi, maka si kecil dengan spontan akan mengangkat tangannya untuk minta gendong. Bayi yang memasuki usia 1 tahun biasanya sudah mulai menunjukkan kemampuan menggerakkan tangannya ketika menginginkan sesuatu.

3.Sudah bisakah si kecil menunjuk benda atau gambar yang menurutnya menarik perhatian?

Photo by William Fortunato from Pexels

Bagi bayi yang sudah berumur 1 tahun, mereka akan mulai paham dengan benda-benda sekitar yang menurutnya menarik. Mereka juga akan menunjuk sesuatu yang dianggapnya menarik dengan jari telunjuk mereka.

4.Sudah bisakah si kecil menggelengkan kepala sebagai tanda kalau ia menolak sesuatu yang nggak disukainya?

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Pada bayi yang sudah memasuki usia 12 bulan, ia sudah bisa merespon beberapa hal yang nggak kurang disukai. Mereka akan menggelengkan kepala sebagai tanda kurang suka terhadap benda atau apapun yang diberikannya.

5.Sudah bisakah si kecil mengulurkan tangan ketika ingin memberikan suatu benda pada orang lain?

Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Saat di kecil yang mulai memasuki usia 12 bulan sedang bermain, mereka seringkali memberikan salah satu mainannya pada orang yang ada di sekitarnya. Hal ini sangat bagus dan menandakan kalau ia perkembangannya sangat bagus.

6.Sudah bisakah si kecil untuk mengambil dan mengangkat benda yang nantinya akan diberikan pada Moms dan Dads?

Photo by Keira Burton from Pexels

Adalah sangat wajar kalau perkembangan anak usia 1 tahun semakin membanggakan. Salah satunya sudah mulai bisa mengambil, mengangkat dan memberikan suatu benda yang ingin ditunjukkan pada orang tuanya.

7.Sudah bisakah si kecil menengadahkan tangan untuk meminta sesuatu?

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ketika melihat Moms atau Dads sedang membawa sesuatu yang menarik baginya, si kecil yang sudah memasuki usia 12 bulan ini biasanya akan menengadahkan tangan untuk meminta sesuatu. Hal ini wajar karena ia mulai paham terhadap benda yang ingin dimilikinya.

Perkembangan si kecil dari hari ke hari tentunya semakin membuat para orang tua bangga. Moms dan Dads juga pastinya nggak ingin melewatkan setiap moment yang nggak akan terulang lagi. Dan yang paling penting untuk diperhatikan adakah, di usianya yang sudah 1 tahun, apakah si kecil sudah menunjukkan gestur seperti yang sudah Mamin share di atas? Jika belum, maka bisa langsung konsultasikan ke dokter ya Moms, sebelum terlambat menangani.