Fakta Bahwa Proses Menyusui Itu Perjuangan Banget!

Perjuangan Menyusui

10 Januari 2022

Photo by RODNAE Productions from Pexels via ://

Perjuangan menyusui seringkali dianggap remeh bagi beberapa orang khususnya sesama perempuan. Moms pasti pernah dengar ibu lain dengan sengaja nyeletuk, “Cuma nyusuin doang di rumah kan enak, masih mending daripada harus kerja di luar rumah”. Seolah justru menganggap kalau menyusui itu hanya semudah menempelkan put*ng ke mulut bayi saja. Padahal faktanya, ada banyak “pengorbanan” yang harus ibu lakukan demi bisa menyusui anaknya hingga 2 tahun.

Kondisi ibu saat menyusui itu berbeda-beda. Ada yang ASI-nya lancar, namun ada juga yang harus penjuangan demi ASI bisa keluar. Untuk itu, sangat tidak etis ketika berkata, “Cuma menyusui doang apa susahnya sih?”. Menyusui itu juga nggak mudah lo, Moms. Beberapa ibu mungkin juga nggak tahu perjuangan ibu-ibu lain dalam menyusui anaknya.

Di balik perkataan yang sering terlontar seperti, “Kok dari tadi beberes rumah aja nggak selesai-selesai, kan Cuma nyusuin doang?” ternyata ada perjuangan ibu menyusui yang nggak banyak orang tahu. Pokoknya Cuma ibu yang paham kalau menyusui itu juga butuh perjuangan.

1. Put*ng lecet bahkan sampai robek yang membuat ibu menahan perih saat menyusui

Jangan menganggap kalau menyusui itu mudah dan cuma gitu doang. Ada juga ibu yang sampai menangis karena menahan perih ketika menyusui. Hal ini karena si kecil kadang menggigit puting saat menyusu sehingga membuatnya lecet hingga robek. Akibatnya terasa perih ketika ibu menyusui dan berujung pada stres berkepanjangan hingga harus stop menyusui.

2. Payud*ra bengkak dan membuat ibu merasakan panas dingin

Payud*ra yang bengak juga berpengaruh pada kesehatan ibu. Tak heran jika ibu sampai merasakan panas dingin ketika payudara bengkak. Meski begitu, para ibu ini selalu berjuang agar tetap sehat agar si kecil juga bisa mendapatkan asupan ASI yang penting untuk tumbuh kembangnya. Payudara bengkak ini biasa disebut dengan mastitis, yakni sebuah kondisi di mana saluran ASI ibu mengalami penyumbatan sehingga terjadi nyeri yang luar biasa.

3. Bahu dan leher yang sering pegal karena salah posisi

Cuma ibu yang tahu rasanya si kecil berada di posisi paling nyaman saat menyusu tapi justru dirinya sendiri yang nggak nyaman. Namun nggak jadi masalah asal si kecil nyaman. Urusan bahu dan leher yang pegal biar ibu yang merasakan. Menyusui bukan hanya sekadar menempelkan payudara ke bibir bayi, namun juga tentang posisi yang nyaman dan kadang membuat ibu cidera leher dan bahu.

4. Mata terasa lelah karena kurang tidur

Tidak ada yang tahu kalau di balik lontaran, “Menyusui Cuma gitu doang”, ada ibu yang begadang hingga mata terasa lelah karena harus stand-by kalau si kecil minta nenen. Moms pasti pernah kan, ketika sudah tengah malam dan mau beristirahat, eh malah ia kebangun dan ingin menyusu. Belum lagi kalau mata si bayi malah bening setelah menyusu dan akhirnya nemenin begadang deh..

5. Sering masuk angin karena ketiduran dengan kondisi dada yang nggak ketutup ketika menyusu

Saking capeknya, ibu biasanya asal membuka baju agar si kecil mudah menyusu. Tanpa sadar semalaman juga dada terbuka demi memudahkan si kecil yang langsung menyusu ketika terbangun. Akibatnya jadi sering masuk angin. Tapi hal itu nggak pernah jadi masalah asal si kecil nggak rewel saat terbangun.

Perjalanan menjadi ibu memang penuh dengan perjuangan. Sejak masa kehamilan, melahirkan dan menyusui tentunya banyak suka duka yang dialaminya. Semua ibu layak diapresiasi perjuangannya. Itulah alasan mengapa menyusui juga penuh dengan perjuangan dan nggak boleh ada yang meremehkan dengan melontarkan, “cuma nyusuin doang”. Semoga bisa saling mendukung ya Moms!