Pentingnya Perawatan Gigi Saat Hamil yang Sering Dilupakan Bumil

Yuk, cek jenis perawatan gigi yang aman untuk kehamilan yang nyaman!

10 Maret 2022

Bumil wajib menjaga kesehatan gigi dan mulut | Foto oleh Cedric Fauntleroy dari Pexels via ://

Kesehatan gigi dan mulut sering dianggap sepele selama masa kehamilan. Padahal, ibu hamil wajib untuk memerhatikan kebersihan gigi dan mulut. Kondisi gigi dan mulut yang kotor bahkan bisa berpengaruh pada kesehatan janin, lo! Bukan hanya cukup menyikatgigi,ada beberapa jenis perawatan yang sebenarnya wajib dilakukan oleh para bumil.

Meski begitu, tidak semua perawatan gigi dan mulut aman untuk dilakukan selama masa kehamilan. Mari simak serba-serbi mengenai kebersihan gigi dan mulut serta jenis perawatan yang boleh dilakukan oleh bumil!

1. Gigi dan mulut yang infeksi merupakan jalan masuk kuman dan meningkatkan risiko bayi terlahir prematur

Periks gigi
Bumil wajib menjaga kesehatan gigi dan mulut | Foto oleh Cedric Fauntleroy dari Pexels

Tahukah, Moms salah satu penyebab bayi terlahir prematur adalah kuman yang masuk lewat gigi? Itu sebabnya ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi sejak merencanakan hingga menjani kehamilan.

Gigi yang berlubang pun meningkatkan potensi bakteri menyebar ke dalam tubuh. Hal ini sangat berbahaha karen janin bisa terinfeksi melalui peredaran darah ke plasenta.

2. Jangan langsung menyikat gigi setelah muntah!

Menyikat gigi
Sikat gigi 2 kali sehari, tetapi jangan langsung menyikat setelah muntah | Foto oleh Greta Hoffman dari Pexels

Meski mulut terasa tidak nyaman setelah muntah, beri jeda sekitar 1 jam sebelum menyikatnya. Asam lambung yang keluar bersama muntah masih menempel di gigi. Kondisi ini akan membuat lapisan gigi tergores jika terburu-buru disikat.

Untuk menetralisir rasa tidak nyaman setelah muntah, Moms boleh menggunakan obat kumur. Namun, ibu hamil sebaiknya pilih obat kumur bebas kandungan alkohol, ya!

3. Pembersihan plak dan karang gigi disarankan untuk terus dilakukan oleh bumil setiap setiap 6 bulan sekali

perawatan gigi
Bersihkan karang gigi setiap 6 bulan | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Meski sedang hamil, jangan tunda perawatan untuk pembersihan plak dan karang gigi. Jika tidak dibersihkan, plak dan karang gigi akan menyimpan banyak bakteri yang menginfeksi gusi.

4. Saat hamil, hindari jenis perawatan gigi yang berisiko membuat gusi berdarah atau menggunakan zat yang berbahaya bagi janin!

kawat gigi
Tunda pemasangan kawat gigi saat hamil | Foto oleh cottonbro dari Pexels

Ibu hamil memang lebih mudah mengalami pendarahan pada gusi akibat perubahan hormon. Karena itu, tunda dulu beberapa perawatan yang rentan meningkatkan risiko pendarahan seperti memasang kawat gigi, veneer, bahkan menggunakan tusuk gigi.

Selain pendarahan, Moms juga perlu menghindari pemutihan gigi karena zar yang digunakan akan berpengaruh pada pertumbuhan sel dan jaringan tubuh janin.

5. Waktu paling aman untuk mencabut gigi adalah di trimester kedua

Cabut gigi
Jika tidak mendesak, tunggu hingga trimester 2 untuk melakukan cabut gigi | Foto oleh cottonbro dari Pexels

Gigi yang rusak dan terasa sakit memang terasa tidak nyaman, ya? Apalagi jika terjadi saat hamil. Dalam kondisi darurat dan sangat menganggu, pencabutan gigi dapat dilakukan kapan pun. Meski begitu, waktu paling aman untuk melakukannya adalah pada trimester kedua.

6. Bumil, jangan sembarangan konsumsi pereda nyeri saat sakit gigi menyerang!

sakit gigi
Konsultasi dengan dokter untuk memilih obat yang aman dikonsumsi bumil | Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Selama kehamilan, pastikan asupan obat yang Moms konsumsi sudah mendapat persetujuan dokter kandungan, termasuk obat sakit gigi. Hal ini demi kebaikan Moms dan si kecil di dalam janin.

Itulah beberapa hal terkait kesehatan gigi dan mulut yang perlu Moms perhatikan saat hamil. Kesehatan ibu, termasuk gigi dan mulut, tentu akan berdampak positif bagi kesehatan janin di dalam kandungan.