Anak Kedua Arief Muhammad Lahir dan Sudah Memiliki Gigi. Ini Penjelasan Medisnya!

Penyebab Bayi Lahir Tumbuh Gigi

14 November 2021

Photo by Arief Muhammad via https://www.instagram.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan YouTuber sekaligus influencer, Arief Muhammad? Suami dari Tiara Pangestika ini tengah menyambut anak kedunya yang lahir pada tanggal 11 November 2021 dan berjenis kelamin perempuan. Namun, ada hal unik dari kehadiran bayi mungil yang diberi nama Mecca Ayu Amanjiva tersebut. Pasalnya, anak kedua Arief Muhammad dan Tiara Pangestika tersebut sudah tumbuh gigi ketika lahir.

Hmm, gimana ya penjelasan medisnya?

Bayi baru lahir sudah tumbuh gigi, normal nggak sih?

Mecca Ayu Amanjiva nggak hanya lahir di tanggal yang cantik tetapi juga lahir dengan kondisi yang unik yaitu sudah tumbuh gigi ketika lahir. Dalam dunia kedokteran gigi, Natal teeth atau kondisi bayi lahir yang sudah tumbuh gigi memang tergolong langka dan merupakan kasus yang jarang terjadi. Namun kasus tersebut umumnya nggak berbahaya. Dilansir dari Standford Children’s Health, Natal teeth sering tidak sepenuhnya berkembang dan mungkin memiliki akar yang lemah.

Penyebab Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Yang membuat bayi sudah tumbuh gigi ketika lahir memang belum banyak bukti beredar. Namun, melansir dari Healthline, bayi dengan Natal teeth mungkin mengungkap masalah medis tertentu. Beberapa masalah medis yang bisa menjadi penyebab Natal teeth antara lain;

  • Kelainan genetik yang menyebabkan pertumbuhan fisik anak lebih cepat dibanding usianya
  • Kelainan bawaan yang mempengaruhi pertumbuhan gigi, rambut dan tengkorak
  • Kelainan bayi baru lahir dengan kondisi rahang bawah lebih kecil dari bentuk normal
  • Kelainan yang ditandai dengan tulang rusuk pendek, kaki pendek, displastik rambut dan kuku serta cacat jantung kongenital

Penyebab lainnya juga berasal dari faktor keturunan. Menurut penelitian, ada sekitar 15% bayi yang baru lahir dengan Natal teeth dan Neonatal teeth memiliki orang tua atau kejadian keluarga yang mengalami hal serupa saat bayi.

Apa yang Selanjutnya Akan dialami Oleh Bayi yang Sudah Tumbuh Gigi Saat Lahir?

Sebagai orang tua pastinya merasa khawatir ketika si kecil lahir dan sudah tumbun gigi. Meski merupakan kejadian langka dan nggak berbahaya, namun natal teeth bisa menyebabkan beberapa keluhan seperti;

  • Mempengaruhi kemampuan ketika bayi menyusu. Bayi merasa kurang nyaman dan enggan untuk menyusu. Akibatnya, bayi akan mengalami dehidrasi hingga kekurangan cairan.
  • Sariawan pada lidah bayi. Sariawan yang dialami bayi pasti membuatnya nggak nyaman. Hal ini juga dialami oleh bayi yang tumbuh gigi sejak lahir. Sudut tajam pada permukaan gigi bayi dapat melukai lidah dan menyebabkan sariawan pada bayi.
  • Bayi tersedak jika gigi terlepas dan tak sengaja terhirup oleh bayi. Tersedak pada bayi memang berbahaya. Itulah mengapa pada kondisi natal teeth, diperlukan pencabutan pada gigi. Pencabutan tersebut biasanya dilakukan ketika bayi berusia minimal 10 hari.
  • Putting ibu terluka ketika menyusui. Bayi yang menggigit putting ketika menyusu adalah hal yang lumrah. Namun, jika sudah tumbuh gigi, maka akan menyebabkan putting ibu lecet dan terluka. Jika dibiarkan terlalu lama maka akan membuat ibu kurang nyaman saat menyusui. Jika dirasa tak kunjung sembuh bisa langsung konsultasi ke dokter.

Bayi lahir dengan gigi yang sudah tumbuh tentunya menjadi kecemasan tersendiri bagi Moms. Para ibu khawatir kalau si kecil kurang maksimal dalam menyusu. Di satu sisi merupakan kondisi langka, tapi di sisi lain juga mengungkap masalah medis. Semoga info dari Mamin bermanfaat ya, Moms!