5 Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung

05 Januari 2022

Photo from Freepik.com via ://

Sebagai orang tua, pastinya panik ketika mendapati si kecil gumoh lewat hidung. Apalagi ini pengalaman pertama, tentunya harus banyak mencari tahu apa yang menjadi penyebab bayi gumoh lewat hidung dan bagaimana cara mengatasinya. Gumoh biasanya terjadi karena kembalinya isi lambung ke bagian kerongkongan dan dikeluarkan lewat mulut.

Meski begitu, gumoh juga bisa melalui hidung. Hal tersebut biasanya dipicu oleh cegukan atau bersin. Bagi mereka yang merupakan orang tua baru, tentu saja mendapati si kecil gumoh melalui hidung adalah hal yang mengkhawatirkan. Kondisi ini juga dianggap tidak normal. Bayi juga akan menangis karena tidak nyaman dan kesakitan. Sebelumnya, Moms perlu tahu kalau gumoh yang tidak normal biasanya akan mengeluarkan cairan banyak pada bagian tertentu, salah satunya melalui hidung. Awalnya mereka akan merasa kesakitan karena ada tekanan dari saluran pencernaan hingga memicu keluarnya cairan.

Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab bayi gumoh lewat hidung;

1. Mengalami alergi terhadap susu

Alergi terhadap susu ternyata juga menjadi pemicu bayi gumoh. Akan tetapi, melansir dari American Academy of Pediatrics, sebenarnya hanya 2-3 persen bayi yang menunjukkan reaksi alergi saat menyusu. Namun, dari sini Moms juga perlu waspada dengan pemberian susu formula. Jangan sampai malah membuatnya alergi dan gumoh.

2. Terjadi peningkatan asam lambung sehingga memicu refluks

Pasalnya, bukan hanya orang dewasa saja yang mengalami peningkatan asam lambung. Bayi hingga anak-anak juga bisa mengalaminya khususnya mereka yang makan-makanan yang bertekstur kasar. Salah satu akibatnya adalah isi lambung akhirnya naik ke kerongkongan dan menyebabkan gumoh. Jika terlalu banyak cairan maka bisa keluar melalui hidung.

3. Adanya infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit

Bayi memang rentan dengan berbagai virus maupun bakteri. Itulah mengapa sangat penting menjaga apapun yang ada di sekitar bayi agar selalu bersih. Virus yang menghinggapi bayi awalnya menyusup melalui makannnya sehingga membuat pencernaannya bermasalah. Kemudian si kecil mulai kurang nyaman dan akhirnya gumoh.

4. Bayi mengalami Stenosis Pilorus

Stenosis pilorus adalah kondisi tidak normal pada bayi berusia di bawah 1 tahun ketika makanan tidak bisa masuk ke usus kecil. Ini ditandai dengan penebalan pada usus halus sehingga terjadi penyempitan dan menyebabkan makanan terhambat. Hal ini membuat bayi merasa mual hingga akhirnya gumoh. Saking banyaknya akhirnya bisa melalui hidung.

5. Terlalu kekenyangan sehingga ada rasa ingin gumoh

Kadang sebagai ibu selalu ingin memberikan cukup makan. Namun yang terjadi justru kebanyakan sehingga ia malah kekenyangan. Ada baiknya jika ibu hanya memberikan porsi makan yang sesuai dengan porsinya karena pencernaannya masih belum optimal.

Lalu, bagaimana cara mengurangi kemungkinan bayi gumoh lewat hidung?

Untuk meminimalisir si kecil gumoh melalui hidung, Moms bisa menepuk-nepuk punggung bayi ketika menggendongnya. Hal tersebut agar ia bisa bersendawa sehingga udara yang masuk bersama cairan dapat terbantu untuk keluar.

Cara lainnya adalah dengan memberikan ASI dengan porsi yang cukup agar tidak melebihi kapasitas lambung bayi. Usahakan jangan langsung membaringkan usai memberi ASI. Moms sebaiknya menggendongnya sejenak agar cairan bisa turun dengan sempurna.

Menjadi orang tua baru memang akan banyak mengalami hal-hal mengejutkan salah satunya seperti bayi gumoh melalui hidung. Itulah beberapa faktor yang menyebabkan bayi gumoh lewat hidung dan cara mudah mengatasinya. Semoga bermanfaat ya Moms!