Orang Tua Perlu Waspada, Ini Penyebab Anak Malas Belajar Belajar Menulis!

Penyebab Anak Malas Belajar Menulis

14 November 2021

Photo by olia danilevich via https://www.pexels.com

Kemampuan menulis pada anak-anak memang nggak harus langsung bisa sempurna. Mereka memerlukan banyak latihan untuk menulis agar lebih mudah mengikuti pelajaran di sekolah. Anak yang sudah memasuki usia pra sekolah akan dikenalkan dengan pensil untuk mendukung mereka belajar menulis. Di luar dari sekolah, para orang tua juga tetap mengajarkan anak agar lebih cepat bisa menulis dengan baik.

Sayangnya, kadang anak-anak mendadak merasa malas belajar menulis. Hal tersebut seringkali membuat orang tua kewalahan. Bahkan mereka juga malas diajarkan menulis ketika di sekolah. Padahal diperlukan latihan yang konsisten agar anak cepat belajar menulis. Jika Moms terlalu membiarkan anak bermalas-malasan dalam belajar menulis, maka hanya akan membuatnya tertinggal dari teman-temannya. Ada baiknya jika mencari tahu apa yang membuat anak enggan belajar menulis.

Sebagai orang tua tentunya harus selalu memberikan dukungan pada anak. Jangan asal menyalahkan dan terus-terusan memaksa anak belajar menulis. Mungkin saja ada sebab lain yang harus diketahui lebih dulu. Berikut beberapa alasan mengapa anak malas belajar menulis;

1.Anak merasa belum siap belajar menulis. Minat untuk menulis ternyata berkaitan dengan kesiapan yang berhubungan dengan kemampuan motorik anak

Setiap anak memang punya minat yang berbeda-beda. Hanya karena masih malas belajar menulis bukan berarti nggak ada minat untuk menulis. Mereka mungkin belum mampu mengontrol motoriknya dengan alat tulis sehingga belum tertarik dengan kegiatan menulis. Sabar dulu Moms, butuh waktu. Kalau dipaksa malah hasilnya kurang baik.

2.Anak merasa takut gagal ketika hasilnya nggak sesuai harapan. Ekspresi orang tua ketika melihat anak belajar menulis ternyata sangat berpengaruh lo

Terkadang orang tua terlalu antusias dalam mengajari anak sehingga malah membuat anak merasa takut hasilnya nggak seperti yang diharapkan. Itulah mengapa ekspresi orang tua sangat penting. Jangan sampai memberikan ekspresi yang selalu kurang puas dan membuat anak enggan belajar. Biarkan mereka belajar apa adanya, nanti lama-lama juga sempurna kok.

3.Suasana belajar yang kurang menyenangkan juga menjadi pemicu mengapa anak malas belajar menulis. Menciptakan lingkungan yang santai sangatlah penting untuk menunjang belajar anak

Mood anak memang masih sangat labil dan hal tersebut wajar. Mereka malas belajar menulis mungkin karena suasananya yang kurang asyik. Moms bisa menciptakan suasana yang lebih santai. Sambil menyediakan favoritnya juga boleh lo Moms. Cara ini membuat anak semakin santai dalam belajar menulis.

4.Anak malas belajar menulis karena mungkin peralatan menulisnya kurang menarik. Visual adalah hal yang disenangi anak-anak sehingga peralatan yang kurang bagus bisa menjadi sebab mereka enggan belajar menulis

Pada umumnya memang anak-anak lebih tertarik dengan warna atau benda yang lucu dan menyenangkan. Kalau mereka malas belajar menulis, bisa jadi bentuk pensil dan bukunya kurang memiliki daya tarik bagi anak. Moms bisa menggantinya dengan warna  kesukaannya. Dengan begitu maka belajar menulis akan semakin semangat.

5.Anak merasa enggan belajar menulis karena mungkin kondisinya yang sedang kurang bagus. Mungkin bisa dicoba lain hari

Kondisi anak tentunya berbeda-beda. Mungkin hari ini ia sedang dalam kondisi buruk seperti mengantuk, mood yang buruk atau kondisi lain yang bikin anak enggan belajar apapun. Moms nggak perlu khawatir karena hal tersebut wajar. Untuk mengantisipasinya, Moms bisa mengatur jam tidur di malam hari agar pagi harinya lebih segar.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa anak malas belajar menulis. Kalau memang benar-benar sedang nggak mau, sebaiknya jangan dipaksa ya, Moms. Mungkin karena ada beberapa sebab seperti yang sudah Mamin share di atas. Semoga bermanfaat ya!