5 Didikan yang Membuat Anak Tumbuh Menjadi Pribadi yang Keras Kepala

Penyebab Anak Keras Kepala

30 September 2021

Credit: Freepik.com via https://www.freepik.com

Cara didik orang tua terhadap anak jelas akan memengaruhi karakternya ketika dewasa. Jika salah didikan, maka akan membuat anak menjadi pribadi yang buruk salah satunya seperti keras kepala. Semua orang tua tentu nggak mau kalau anaknya tumbuh menjadi pribadi yang keras kepala. Orang tua selalu menjadi role model bagi anak. Tak heran jika apa yang dilakukan orang tuanya akan ditiru, baik itu dari perkataan maupun perbuatannya.

Semua orang tua tentunya memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Hanya saja ada yang terlalu sibuk dan kurang maksimal dalam mendidik anak sejak dini. Didikan yang salah pada anak seringkali membuat mereka punya karakter yang keras. Tanpa disadari, beberapa pola asuh berikut ini ternyata membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang keras kepala lo, Moms!

1.Sering membentak anak. Kesabaran sebagai orang tua dalam mendidik anak akan selalu diuji, namun hindari sering membentak anak ya, Moms

sumber: freepik.com

Wajar bagi anak untuk melakukan kesalahan atau hal-hal yang kurang menyenangkan bagi orang tua. Jangan langsung membentaknya ya, Moms. Sebaiknya beri tahu secara halus dan berikan alasan kenapa anak nggak boleh melakukan sebuah hal. Membentak anak nggak hanya membuat anak merasa sakit hati tapi juga akan membuatnya memberontak. Jika terus-terusan dibiarkan akan membuatnya tumbuh menjadi anak keras kepala.

2.Terlalu memberikan apa yang diinginkan anak. Memanjakan anak nggak selamanya benar karena hanya akan menumbuhkan sikap keras kepala

sumber: freepik.com

Merasa apa-apa diturutin, sekalinya nggak diberi apa yang dia mau, langsung memberontak dan menangis sejadi-jadinya. Anak yang terlalu dimanja menganggap bahwa dengan menangis akan diberikan apa yang dia mau. Tentu hal tersebut nggak baik untuk perkembangannya. Bisa-bisa sifat itu akan terbawa sampai ia dewasa.

3.Berbicara pada anak dengan nada tinggi. Ketika Moms sedang banyak masalah, sebaiknya jangan melampiaskan di depan si kecil ya, Moms

sumber: Green Child Magazine

Mood seorang ibu memang kadang sulit terkontrol. Mungkin saking lelahnya, ia lantas berbicara pada anak dengan nada tinggi atau kasar. Tanpa sadar, anak akan menirunya di kemudian hari. Menumbuhkan karakter yang bagus pada anak memang harus sabar Moms, toh nanti kalau anak punya kepribadian yang baik, orang tua juga akan bangga.

4.Kurang memberikan perhatian pada anak. Kurangnya perhatian hanya akan membuat anak memiiki sikap keras kepala

sumber: pexels.com

Karakter anak memang ditentukan oleh bagaimana cara didik orang tuanya. Ada tipe orang tua yang sebenarnya punya banyak waktu namun kurang perhatian pada anak. Hal ini justru membuat anak melakukan cara-cara agar diperhatikan. Mereka cenderung menjadi anak yang kasar dan memberontak demi mendapat perhatian dari orang tuanya.

5.Terlalu menuntut anak menjadi apa yang orang tua inginkan. Setiap anak punya hak untuk memilih apa yang menjadi kesukaannya


sumber: pexels.com

Sudah bukan zamannya lagi untuk mengekang anak. Setiap anak selalu memiliki ruang gerak yang berbeda-beda. Orang tua yang terlalau menuntut anak menjadi apa yang mereka inginkan hanya akan menjerumuskan menjadi keras kepala dan membangkang. Ada kalanya orang tua legowo dengan apa yang diinginkan anak selama masih dalam hal positif.

Menjadi orang tua memang nggak mudah. Hal ini karena saat anak sudah lahir, maka pola asuh dan cara didik anak akan sangat berpengaruh pada karakter saat ia dewasa. Semua orang tua selalu ingin mendidik anak dengan baik. Agar anak nggak tumbuh menjadi keras kepala, maka orang tua perlu menghindari didikan seperti yang sudah Mamin tulis di atas. Semoga bermanfaat, ya!