4 Anak Artis yang Berpenyakit Langka. Simak Cara Penanganan dari Orang Tuanya!

Penyakit langka anak artis

31 Maret 2021

Anak artis yang alami penyakit langka | Credit: Instagram @asri_welas / @okisetianadewi via https://www.instagram.com

Sepertinya hampir semua orang tua selalu menginginkan yang terbaik bagi anaknya, termasuk berharap mereka bisa sehat dan tumbuh bahagia. Sebab ketika kondisi anaknya dirasa kurang sehat, tentunya orang tua akan merasa sedih bahkan patah hati. Namun, nyatanya ada sebagian orang tua, nggak terkecuali artis yang mendapati anaknya memiliki penyakit langka dan butuh penanganan ekstra.

Kondisi seperti itu tentunya menyebabkan anak harus melalui masa-masa sulit yang jarang dimiliki oleh anak lain. Moms dan Dads juga tentunya berjuang mulai dari pengorbanan waktu, keikhlasan untuk menerima hingga memberikan kasih sayang yang tak terhingga untuk mendukung perkembangan buah hati. Nah berikut ini untuk memotivasi Moms di luar sana, simak yuk kisah artis yang memiliki buah hati dengan penyakit langka, dan bagaimana sih penanganannya?

Putri bungsu Joanna Alexandra bernama Ziona Eden Alexandra dinyatakan menderita penyakit genetik langka, Campomelic Dysplasia sejak balita

https://www.instagram.com/p/CKmE-FahiFl/

Ibu dari empat anak ini tak pernah membayangkan anak bungsunya menderita kelainan langka. Selain kejadian itu tak dialami oleh sang kakak, ketika mengandung Zio, ia pun tak menemukan adanya riwayat kelainan. Campomelic Dysplasia merupakan kelainan genetik yang jarang ditemukan dan ditandai dengan beberapa gejala seperti perkembangan abnormal organ reproduksi.

Anak Joana diketahui memiliki beberapa kelainan pada saluran pernafasan, kelainan tulang belakang, serta pertumbuhan yang lebih lambat dari anak lainnya. Ia pun sampai menjalani terapi pengobatan, bahkan saat Zio kecil harus menggunakan alat bantu berapa selang untuk mengalihkan ASI dan makanan ke tubuhnya. Kesabaran yang dijalani Joanna membuahkan hasil, dokter pun memperbolehkan Zio untuk menalan secara langsung dan kini sudah terbebas dari selang.

Diketahui pesinetron ini rajin memberikan stimulasi untuk anaknya berupa penguatan otot.  Tak jarang ia juga membagikan pengalaman merawat sang buah hati di akun media sosial. Kebahagian selalu terlihat dari keluarga kecil ini.

Putra satu-satunya Selvi Kitty yang baru berusia 11 bulan sempat mengidap demam kawasaki. Ia pun sampai mengurangi jadwal di dunia hiburan untuk merawat si kecil

https://www.instagram.com/p/CL6U3wZp_jk/

Mungkin Moms juga baru mendengar demam yang digolongkan penyakit langka. Saat itu, Selvi Kitty memiliki bayi 11 bulan bernama Abizard Kavin Suseno dan didiagnosa terkena demam kawasaki dengan gejala yang cukup parah. Tanda-tandanya mulai dari mata merah, lidah dan bibir memerah, demam lima hari tidak turun sampai 40 derajat, bahkan sang anak saat itu sudah sampai masuk UGD.

Kekhawatiran Selvi pun semakin menjadi ketika dokter menemukan cairan di hasil rontgen jantung Abizard dan berkata jika anaknya menderita penyakit kawasaki.

Penyakit ini umumnya dialami oleh anak di bawah 5 tahun, awalnya akan menginfeksi mulut, kulit dan kelenjar getah bening. Namun, dengan penangan secara cepat anak yang menderita penyakit kawasaki dapat sembuh total dalam 6 sampai 8 minggu. Tak mau melihat buah hati semakin menderita, Selvi pun membatasi jadwalnya yang padat dari dunia hiburan hingga menghindari sang anak kontak dengan banyak orang.

Anak Asri Welas dinyatakan menderita katarak bawaan sejak lahir. Untungnya sang ibu sudah peka dan langsung fokus memeriksa mata Gibran Ridha Rahardja

https://www.instagram.com/p/B5Forgjhewm/

Anak kedua dari Asri Welas divonis menderita katarak bawaan sejak lahir. Sang ibu baru mengetahui hal tersebut di usia Gibran yang menginjak 3 bulan. Awalnya sang anak dikatakan tak berkedip saat Ibam, sang kakak, menepukkan tangan tepat di depan wajah adiknya. Asri Welas pun kaget dan tak ingin mengambil risiko dengan memeriksakan mata sang anak ke dokter. Namun, tak berapa lama dari sana ia kembali melihat keanehan ketika mata Gibran berputar dan tak melihat Asri Welas ketika menyusu.

Setelah melewati serangkaian pemeriksaan, diketahui Gibran menderita katarak bawaan. Dokter pun langsung mengambil tindakan untuk mengoperasi. Kini, untuk bisa melihat dengan jelas sang anak harus menggunakan kacamata plus 16 yang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Putra ke-empat Oki Setiana Dewi tak menangis saat dilahirkan hingga membuat khawatir seluruh keluarga. Diketahui Sulaiman menderita beberapa kelainan bawaan

https://www.instagram.com/p/CMMf3CVAExp/

Oki Setiana Dewi melahirkan putra ke-empat yang diberi nama Sulaiman Ali Abdullah, saat lahir sang anak tak mengeluarkan suara tangisan. Sulaiman pun diperiksa ke dokter jantung, paru, THT hingga akhirnya dicek ke dokter endrokin. Dari sana diketahui si kecil mengidap kriptorkidisme, undescended testicle atau testis belum turun. Oki pun diminta untuk jangan dulu membuat akta lahir karena jenis kelamin anak belum pasti. Ketika hasil pemeriksaan keluar baru dipastikan Sulaiman memiliki testosteron dan dinyatakan sebagai laki-laki.

Di samping itu Oki Setiana juga mendapat cobaan lain ketika anaknya mengidap laringomalasia dan hipotonia yang mengharuskan untuk melakukan fisioterapi. Menghadapi hal tersebut, kakak Ria Ricis ini mengaku ikhlas dan bersyukur. Bahkan ia menyadari banyak mengambil hikmah dari cobaan yang dijalani. Oki yakin semua yang terjadi sudah diatur oleh Tuhan, dan ia yakin diberikan kepercayaan sebagai ibu yang beruntung atas anugerah tersebut.

Nah itulah deretan anak artis dengan penyakit langka yang mungkin belum banyak diketahui. Setiap takdir yang diberikan pasti ada pelajaran yang bisa diambil hikmahnya. Jika Moms mengalami hal serupa jangan putus asa, ya. Tetap semangat dan jadikan kisah di atas sebagai motivasi.