7 Jenis Sumber Penghasilan yang Perlu Pasutri Pahami

Sumber Penghasilan Orang Tua Masa Kini  

03 Januari 2022

Photo by Ahsanjaya from Pexels via ://

Mencari sumber penghasilan di zaman sekarang tentunya sangat dipermudah. Apalagi bagi orang tua masa kini yang dianggap lebih mudah untuk mendapatkan pemasukan tambahan hanya bermodalkan internet dan gadget. Tak dimungkiri kalau kebutuhan akan semakin banyak. Mengandalkan gaji utama saja kadang nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Terlebih bagi yang sudah menikah dan punya anak, harus pandai mencari penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan.

Jika diibaratkan, hidup di zaman sekarang ini, “ora obah ora mamah”, maksudnya adalah siapa yang tidak bergerak (tidak berusaha mencari pekerjaan) maka tidak akan makan. Namun, zaman sekarang ini juga memberikan fasilitas yang memudahkan seseorang memperoleh pemasukan lain. Asal mau berusaha, jalan selalu terbuka lebar. Buat para Moms dan Dads yang penasaran kira-kira jenis penghasilan seperti apa yang biasanya dilakukan orang tua masa kini, berikut Mamin kasih bocorannya;

1. Main job. Penghasilan utama yang dihasilkan dari bekerja sehari-hari

Penghasilan yang didapat dari main job ini sifatnya konsisten setiap bulan. Ini juga merupakan penghasilan utama yang menjadi sumber pemasukan terbesar dan paling ditunggu-tunggu setiap bulan.

2. Side hustle. Penghasilan sampingan yang tak tentu hasilnya

Istilah side hustle memang sangat populer. Banyak pekerja kantoran yang juga memiliki side hustle. Dari penghasilan ini juag lumayan untuk tambahan. Meski nggak tentu, tapi selalu mencukupi kebutuhan.

3. Bisnis. Jenis penghasilan yang didapat dari bisnis sendiri atau join dengan teman

Bisnis online kini juga semakin berkembang dan diminati oleh banyak kalangan. Baik itu bisnis online maupun offline juga memiliki hasil yang lumayan. Moms bisa memilih bisnis berupa barang maupun jasa.

4. Talent income. Penghasilan yang didapat dari keahlian pribadi

Pendapatan dari talent ini nggak selalu setiap hari. Namun hasil yang didapat juga besar. Semua tergantrung skill yang dimiliki. Misalnya ketika diminta untuk endorse produk untuk media sosial Instagram, semakin banyak follower maka bayaran juga semakin besar.

5. Royalty income. Jenis pendapatan yang didapat dari imbalan hak cipta

Salah satu contoh pendapatan dari royalti adalah menulis buku. Pada saat buku mulai terbit dan banyak yang beli, itu bisa dijadikan sumber royalti income. Apalagi kalau masuk best seller, tentu hasilnya lumayan dong!

6. Aset. Pemasukan yang berasal dari aset yang dimiliki

Aset merupakan benda yang memiliki wujud dan harganya selalu naik. Salah satu aset yang seringkali dimiliki adalah bangunan berupa kos-kosan atau kontrakan. Patokan harganya juga bisa disesuaikan dengan lokasi. Semakin ramai akan semakin mahal.

7. Investasi. Pendapatan yang nantinya diperoleh dalam jangka panjang

Biasanya, investasi yang dilakukan adalah untuk masa depan anak-anaknya. Hal ini karena keuntungan yang didapat nantinya akan terus mengalami peningkatan sehingga cocok dijadikan penghasilan jangka panjang.

Dengan kemudahan teknologi tentunya bukan hal yang sulit untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Meski yang dicari adalah kecukupan, namun selalu ada saja kebutuhan di luar dugaan yang membuat kita harus menyiapkan dana tambahan. Itulah jenis sumber penghasilan yang bisa Moms dan Dads coba terapkan. Semoga bermanfaat!