8 Pengeluaran Tambahan Menjelang Kelahiran Bayi. Yuk, Pahami!

Pengeluaran Tambahan Menjelang Kelahiran

17 Desember 2021

Photo by Karolina Grabowska via ://

Pengeluaran tambahan menjelang kelahiran memang nggak bisa diprediksi. Entah itu untuk kebutuhan anak atau ibunya, di mana akan ada saja dalam perjalanannya. Pasalnya, melahirkan nggak hanya biaya persalinan di rumah sakit saja. Bahkan sejak awal kehamilan, tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan demi kesehatan ibu dan calon bayi.

Para ayah juga harus tahu nih, kalau masa kehamilan nggak hanya menunggu anak lahir saja. Ada beberapa printilan biaya yang juga harus dipersiapkan. Meski sering diabaikan, tapi nominalnya juga lumayan, lo. Berikut beberapa pengeluaran tambahan yang harus dipikirkan supaya para calon orang tua baru makin paham!

1. Biaya suplemen dan vitamin untuk ibu hamil

Yang satu ini juga harus diperhatikan lo, Dads. Agar ibu hamil dan calon bayi juga sehat, maka kebutuhan vitamin juga harus terpenuhi. Jenis dan harganya pun berbeda-beda sehingga harus menyisihkan uang untuk kebutuhan ini.

2. Biaya untuk mengikuti kelas yoga dan senam

Ibu hamil juga harus tetap bugar agar aliran darahnya lancar. Untuk itu, perlu mengikuti kelas seperti yoga maupun senam hamil. Ayah juga jangan lupa menyiapkan dana untuk kebutuhan ibu dan si kecil, ya. Yoga dan senam saat hamil juga penting untuk kesehatan fisik dan mental ibu.

3. Biaya untuk check-up bulanan

Melakukan check-up ke dokter tentunya selalu menjadi rutinitas setiap bulan. Moms dan Dads pasti selalu ingin tahu tahap perkembangan janin, kan? Rutin konsultasi ke dokter kandungan juga penting untuk melakukan tindakan jika terjadi kelainan.

4. Biaya untuk babymoon

Babymoon nggak hanya mampu membahagiakan hati si ibu tapi juga ayah. Mereka akan menikmati moment bersama sebelum menjadi orang tua. Untuk biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari lokasi yang dituju. Kalau yang paling enak sih, ke luar kota biar ada suasana baru sebelum disibukkan menjadi orang tua.

5. Biaya keperluan ibu hamil dan perlengkapan bayi

Keperluan ibu hamil bisa berupa baju hamil, underwear dan kebutuhan ibu lainnya. Badan semakin besar tentunya juga butruh baju-baju yang nyaman dong, Dads. Belum lagi perlengkapan untuk calon anak seperti baju, kasur bayi, stroller dan masih banyak lagi. Pikirkan sedari sekarang ya, Dads!

6. Biaya syukuran kehamilan 4 bulanan dan 7 bulanan

Bagi beberapa orang pasti selalu ada semacam peringatan 4 bulanan dan 7 bulanan untuk calon bayi. Dalam acara ini biasanya akan dilakukan pengajian dan akan dihadiri keluarga hingga tetangga dekat. Ini tentunya juga memerlukan biaya, lo. Jangan lupa masuk dalam list ya!

7. Biaya persalinan

Bagaimana pun yang namanya biaya persalinan tentu nggak sedikit. Untuk biaya ini bisa dipersiapkan juga di awal pernikahan biar nggak terlalu besar. Setelah menikah, nabung sedikit demi sedikit, nanti juga nggak terasa sudah banyak. Ini penting agar persalinan berjalan lancar dan nggak mikir biaya lagi.

8. Biaya untuk syukuran kelahiran bayi seperti akikah

Setelah kelahiran bayi biasanya ada akikah baik itu untuk bayi laki-laki maupun perempuan. Biaya tentunya harus dipersiapkan dari awal biar nggak ketumpuk sama biaya persalinan. Moms dan Dads bisa menyiapkan uang seharga kambing. Itu hanya perkiraan saja, biaya lain untuk keperluan akikah juga harus dipikirkan.

Itulah jenis biaya yang harus dipikirkan menjelang persalinan. Tak cukup hanya memikirkan biaya untuk persalinan karena ada yang lain seperti yang sudah Mamin share di atas. Semoga bermanfaat ya!