6 Manfaat Pembelajaran Jarak Jauh yang Sering Tidak Disadari Orang Tua

Alih-alih mengeluh karena PJJ kembali diberlakukan, yuk kita lihat sisi positifnya!

01 Maret 2022

Pict form Pexels.com via ://

Seiring meningkatnya kasus penularan Covid-19 varian Omicron, Kemendikbudristek kembali menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 2 tahun 2022 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran. Berdasarkan SE tersebut, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas bisa dilaksanakan dengan jumlah siswa 50% di wilayah level 2. SE tersebut juga memberi keleluasaan pada orangtua untuk memilih akan mengizinkan putra-putrinya mengikuti PTM atau hanya mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Tentu saja keputusan ini menuai pro dan kontra karena banyak orangtua merasa PJJ tidaklah efektif. Padahal, PJJ juga memiliki sejumlah manfaat bagi siswa dan orangtua. Kira-kira, apa saja manfaat tersebut? Berikut ini YoungMom rangkum manfaat dari PJJ sebagai bahan refleksi Moms dan Dads saat menemani proses belajar si buah hati.

1. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan menekan penyebaran Covid-19 terutama pada anak

Anak bermasker
Anak menerapkan protokol kesehatan | Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Di gelombang ketiga pandemi ini, anak termasuk orang yang berisiko tinggi tertular varian Omicron. Sekali pun sudah divaksin, anak tetap berpotensi tertular, lho, Moms apalagi anak cenderung mudah lupa menerapkan protokol kesehatan saat sudah asyik berkumpul bersama teman-temannya. Karena itu, tetaplah bersyukur jika anak dapat terus belajar meski jarak jauh. Karena, saat ini penyebaran Covid-19 pada anak sedang tinggi-tingginya. Tentu kesehatan anak merupakan prioritas utama, bukan?

2. Rutinitas PJJ akan membuat anak belajar lebih disiplin dan menghargai waktu

waktu
Anak mesti belajar menghargai waktu | Foto oleh energepic.com dari Pexels

Menjalani rutinitas PJJ terkadang memang menimbulkan kebosanan pada anak. Untuk menyiasatinya, Moms dan Dads bisa menerapkan rutinitas yang jelas dengan memberikan anak waktu seimbang antara bermain, belajar, dan beristirahat. Hal ini sekaligus mengajarkan anak untuk menjadi sosok yang disiplin dan menghargai waktu.

3. Belajar jauh dari guru akan melatih anak menjadi sosok yang bertanggung jawab

belajar
Pembelajaran jarak jauh | Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Memiliki anak yang bertanggung jawab tentu menjadi harapan setiap orang tua. Saat anak menjalankan PJJ, ia sekaligus berlatih untuk tetap bertanggung jawab dengan tugas dan proses belajarnya. Proses ini dapat Moms dan Dads dukung dengan memberikan pengertian mengenai pentingnya belajar dan mengerjakan tugas tanpa pengawasan guru. Dengan menanamkan pemahaman serta kebiasaan ini sejak kecil, anak pasti akan terbiasa untuk selalu menyelesaikan tanggung jawabnya.

4. Anak akan mengenal manfaat lain dari teknologi selain untuk bermain gim

virtual reality
Anak belajar memanfaatkan teknologi secara positif | Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Jika selama ini anak menggunakan gawai hanya untuk bermain gim, PJJ memberikan anak ruang eksplorasi pengunaan teknologi untuk belajar dan melakukan hal yang bermanfaat. Tentunya, penggunaan teknologi pada anak harus tetap diawasi, ya, Moms. Pastikan juga anak menjaga kesehatan mata selama menggunakan barang elektronik untuk PJJ.

5. Kreativitas anak akan lebih terasah dengan pembelajaran yang lebih fleksibel

Menggambar
Mengasah kreativitas anak | Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Karena waktu belajar yang lebih fleksibel, anak jadi memiliki ruang untuk lebih mengeksplorasi tugas yang ia minati dan mengerjakannya sesuai urutan yang ia inginkan. Tanpa sadar, perilaku seperti ini sebetulnya melatih kreativitas anak, lho, Moms. Jadi, jangan langsung kesal kalau anak tampak mengerjakan tugas tidak berurutan atau lebih lama dari biasanya, ya!

6. Dengan menghabiskan waktu belajar lebih banyak di rumah, orangtua akan lebih mudah mengenali potensi anak

Sekolah daring
Anak belajar didampingi orang tua | Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Karena anak terus bersama orangtua di rumah, termasuk saat belajar, Moms dan Dads jadi lebih mudah, lho untuk mengenali bakat dan memahami kekurangan anak. Dengan begitu, Moms dan Dads tidak akan kesulitan untuk mengarahkan anak mencapai cita-citanya kelak.

Ternyata ada banyak, kan manfaat yang bisa dipetik dari proses belajar jarak jauh? Jadi, alih-alih mengeluh dan selalu melihat sisi negatif dari PJJ, yuk, kita dukung proses belajar anak-anak agar tetap optimal meski di rumah saja!