Fairuz A. Rafiq dan Sonny Septian; Kompak Didik Anak Menjadi Hafiz Quran

King Faaz A. Rafiq kerap menunjukkan hapalan Quran-nya di berbagai kesempatan, lo!

14 Maret 2022

Faaz dan Eijaz sudah disiplin melaksanakan salat 5 waktu | Sumber: Instagram @fariuzarafiq via ://

Ssalah satu pasangan artis yang menjadi panutan warganet adalah Fairuz A. Rafiq dan Sonny Septian. Meski keduanya berasal dari dunia hiburan, mereka tetap menanamkan pemahaman agama yang kuat kepada putra-putrinya. Bahkan, putra pertama mereka, King Faaz A. Rafiq, dididik untuk menjadi seorang hafiz atau penghapal Quran.

Melalui akun Instagramnya, @fairuzarafiq, Fariuz kerap membagikan pos berisi video mengenai perkembangan hapalan Quran Faaz. Pos tersebut sering dibanjiri pujian warganet yang mendoakan Faaz agar menjadi anak saleh. Tentunya, keberhasilan Fairuz dan Sonny mendidik anak mereka menjadi hafiz Quran tidaklah instan. Inilah beberapa hal yang bisa menjadi inspirasi dari pola asuh pasangan Fairuz dan Sonny pada anak-anak mereka.

1. Anak diberi pemahaman mengenai manfaat belajar agama bagi diri serta orangtua

Keluarga Fairuz dan Sonny
Sonny dan Fairuz menanamkan pendidikan agama sejak dini | Sumber: Instagram @fairuzarafiq

Mendidik anak agar taat beribadah memang bukan perkara mudah. Salah satu cara yang dilakukan pasangan Sonny dan Fairuz adalah memberi pemahaman mengenai pentingnya agama bagi diri dan orangtua.

Meski awalnya terasa berat, Faaz pun mengaku bahwa ia ingin menjadi hafiz Quran agar dapat mendoakan kedua orangtuanya kelak dan menjadi anak berbakti.

2. Dampingi anak saat melakukan hapalan

King Faaz, putra pertama Fairuz
King Faaz bercita-cita menjadi hafiz Quran | Sumber: Instagram @fairuzarafiq

Faaz yang kini berusia 9 tahun tersebut diketahui memang menempuh pendidikan di sekolah berbasis agama yang mewajibkannya untuk menghapal Quran. Meski begitu, Fairuz dan Sonny tidak melepas pendidikan Faaz begitu saja. Mereka tetap mendampingi putranya untuk mengulang kembali hapalan Qurannya di rumah. Hal tersebut dapat terlihat di akun Instagram @fairuzarafiq yang kerap mengepos hapalan surat baru Faaz.

Fairuz dan Sonny pun memfasilitasi Faaz dengan guru mengaji agar Faaz dapat mengevaluasi kembali bacaan dan hapalan Qurannya di rumah.

3. Fairuz menerapkan waktu batasan waktu bermain gawai kepada anak-anaknya

King Faaz
Fairuz dan Sonny memberikan permainan edukatif untuk anak dan membatasi gawai | Sumber: Instagram @fairuzarafiq

Alih-alih membebaskan anak-anaknya menggunakan ponsel, Fairuz justru lebih memilih memberi kegiatan lain yang mengasah kemampuan motorik mereka seperti melukis. Ia pun membatasai waktu menonton televisi dengan memberi waktu maksimal 30 menit.

4. Disiplin itu perlu, tetapi pastikan anak tetap memiliki waktu bermain

putra putri Fairuz A. Rafiq
Faaz dan Eijaz sudah disiplin melaksanakan salat 5 waktu | Sumber: Instagram @fariuzarafiq

Meski terkenal disiplin, terutama dalam menerapkan salat 5 waktu, Faaz tetap memiliki waktu bermain dan beristirahat yang seimbang. Sonny pun tidak segan memberi penghargaan pada Faaz setiap kali berhasil menghapal surat baru.

5. Tidak hanya agama, Sonny pun mendidik Faaz agar menjadi sosok yang menghargai perempuan

Fairuz A. Rafiq dan putranya
Faaz tumbuh menjadi sosok penyayang dan begitu mencintai ibunya | Sumber: Instagram @kingfaazarafiqreal

Selain pendidikan agama, Faaz pun diajarkan untuk menghargai perempuan. Hal ini diterapkan oleh Sonny, ayah sambung Faaz, yang dulu juga dibesarkan oleh ibu tunggal.

Hal ini pun tampak pada sifat Faaz yang begitu penyayang kepada ibunya. Dalam sebuah wawancara di Trans TV, Fairuz menceritakan kebiasaan Faaz mengirimkan surat dan puisi untuk dirinya. Ia bahkan tidak tega melihat ibunya menangis dan meminta ibunya untuk terus bahagia.

Luar biasa, ya, cara Fairuz dan pasangan dalam menanamkan pendidikan agama untuk anak? Meski kini sibuk mengurus tiga anak, Fairuz tetap memilih untuk menikmati perannya sebagai ibu penuh waktu. Ia tidak sepenuhnga menyerahkan proses pengasuhan kepada orang lain.

Ia dan Sonny pun mengakui bahwa mereka masih dalam proses belajar sebagai orangtua agar dapat mendampingi buah hati mereka belajar agama. Kita doakan, yuk semoga putra-putri Sonny dan Fairuz bisa sukses menjadi hafiz Quran dan membanggakan kedua orangtuanya!