5 Tips Jitu Parenting buat Anak di Bawah 5 Tahun

Parenting di Bawah 5 Tahun

21 Desember 2021

Photo by Samer Daboul on Pexels.com via ://

Parenting dari masa ke masa tentunya sangat berbeda khususnya untuk anak usia di bawah 5 tahun. Coba deh Moms ingat-ingat, waktu kecil pasti orang tua Moms nggak melakukan apa yang Moms lakukan ke anak sekarang, iya kan? Hal ini karena adanya perbedaan budaya dalam mengasuh anak. Meski beda budaya, namun orang tua masa kini tetap menjunjung tinggi etika agar anak nantinya tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter.

Usia balita memang sedang berada di usia yang harus dimaksimalkan pola asuh yang baik. Hal ini karena akan terbawa saat mereka mulai tumbuh besar. Tantangan terbesar dalam menjadi orang tua baru adalah ketika anaknya masih balita. Di sini harus menerapkan pola asuh yang tepat. Nah, Moms tak perlu khawatir karena ada beberapa tips parenting yang bisa diterapkan untuk balita.

1. Selalu menjadi contoh yang terbaik untuk anak

Tak dimungkiri kalau hal kecil yang dilihat balita, pasti akan ditirunya. Terlebih kita sebagai orang tua yang selalu bersama-sama setiap hari, sudah seharusnya memberikan contoh yang baik-baik. Apa yang dilakukan Moms, secara nggak sengaja akan dilihat si kecil.  Jadi, jangan hanya memberi tahu ini itu tanpa memberikan contoh yang nyata.

2. Mendidik dengan penuh kasih

Usia 1 hingga 5 tahun merupakan masa emas yang membuat rasa ingin tahunya tinggi. Moms bisa mendidik dengan cara yang penuh kasih. Jangan bosan ataupun kesal dengan berbagai pertanyaan berulang-ulang darinya. Wajar jika mereka ingin tahu banyak hal. Tugas Moms di sini adalah mendidik dengan sabar dan penuh kasih. Percayalah Moms, rasa ikhlas dalam mendidik anak akan terbayar ketika anak menjadi sosok yang berkarakter.

3. Mendukung bakat dan ketertarikan anak

Moms bisa menemukan bakat si kecil saat usianya di bawah 5 tahun. Ketika ia suka mencoret-coret dinding atau apa saja, sebaiknya mulai belikan peralatan untuk mendukungnya. Siapa tahu memang akan menjadi bakatnya. Tapi, jangan kaget nanti kalau ia merasa bosan. Biasanya akan beralih ke hal lain yang membuatnya tertarik. Apapun itu, sebaiknya kita dukung ya Moms!

4. Mendampingi anak setiap saat

Semua ibu pasti nggak ingin melewatkan masa pertumbuhan buah hatinya. Apalagi tumbuh kembang bayi dari lahir sampai usia 5 tahun merupakan masa emas yang membutuhkan pendampingan orang tua. Dengan selalu ada untuk si kecil juga akan meningkatkan bonding agar tetap merasa dekat meski anak-anak sudah besar.

5. Menerapkan prinsip mengajar, bukan menghajar

Proses menjadi orang tua yang baik tidaklah mudah. Moms dan Dads harus banyak sabar. Yang paling penting untuk mendidik anak usia di bawah 5 tahun adalah selalu menerapkan cara mengajar, bukan menghajar. Ketika anak memang melakukan kesalahan, sebaiknya diberi tahu letak kesalahannya. Jangan malah menghajar secara fisik. Melakukan kekerasan pada anak kecil hanya akan berdampak buruk pada pertumbuhannya dan Moms bisa dicap sebagai ibu yang jahat.

Pola asuh orang tua sejak si kecil lahir hingga usia 5 tahun akan sangat memengaruhi saat mereka besar. Untuk itu dibutuhkan beberapa tips parenting penting untuk anak usia di bawah 5 tahun. Semoga bermanfaat ya, Moms!