Parenting Cara Caca Tengker ke Kedua Putrinya yang Bikin Salut

Gaya pengasuhan Caca Tengker bisa banget ditiru oleh Moms dan Dads yang punya 2 anak atau lebih!

01 Maret 2022

Pict from IG @cacatengker via ://

Sebagian besar orang mungkin mengenal Caca Tengker sebagai adik dari Nagita Slavina. Meski begitu, perempuan yang kini berprofesi sebagai psikolog klinis ini kerap menuai kekaguman dari warganet, terutama terkait pola asuh pada kedua putrinya. Lewat akun Instagram dan Youtube-nya, Caca kerap membagikan konten keseharian bersama keluarga kecilnya. Tidak sekadar menghibur lewat tingkah lucu dua putrinya, konten-konten Caca juga disebut sering mengedukasi para Moms, lo.

Penasaran bagaimana pola asuh Caca Tengker pada kedua putrinya yang banyak dipuji oleh warganet? Berikut ini ulasan spesial yang telah YoungMom siapkan.

1. Caca punya tips spesial untuk menghadapi kakak adik yang kerap rebutan mainan seperti dua putrinya, nih

Caca Tengker
Caca Tengker dan kedua putrinya | Sumber: Instagram @cacatengker

Pada video berjudul Begini kalau Ansara dan Aruni lagi Rebutan Mainan yang tayang di kanal Youtube-nya, Caca menunjukkan situasi saat kedua putrinya berkonflik karena berebut mainan. Tidak hanya itu, Caca juga memberikan tips dan menunjukkan cara menerapkannya dalam menghadapi situasi tersebut.

Menurut Caca, dalam situasi tersebut penting untuk membiarkan anak-anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Minimalisir campur tangan orangtua kecuali situasi telah berbahaya bagi anak. Dengan ini, anak-anak akan belajar keterampilan memecahkan masalah.

2. Meski usia putrinya masih balita, Caca memilih untuk berkomunikasi dengan lugas tanpa menggunakan bahasa bayi

Ansara dan Aruni
Ansara dan Aruni putri Caca Tengker | Sumber: Instagram @cacatengker

Di video yang sama, kita bisa melihat bahwa Caca sama sekali tidak menggunakan bahasa bayi untuk berkomunikasi pada kedua putrinya yang baru berusia 1 dan 3 tahun. Ketika dua putrinya berkonflik, Caca juga kerap membantu komunikasi di antara mereka dengan mengartikulasikan tingkah sang adik kepada kakak serta mencoba memberikan penjelasan mengenai maksud kakak kepada adik.

Pola komunikasi seperti yang dilakukan Caca memang direkomendasikan oleh para ahli. Menurut terapis bahasa dan komunikasi dari Universitas Loyola, Kathleen Czuba, di newswise.com, menggunakan bahasa bayi tidak disarankan untuk perkembangan komunikasi bayi. Sebaliknya, berbicaralah dengan kecepatan lambat, intonasi beragam, dilengkpi ekspresi dan artikulasi yang jelas ketika bersama anak.

3. Menurut Caca, anak yang menangis atau mengekspresikan kekesalan merupakan hal yang wajar selama tidak ada tindakan agresif

Ansara
Caca tidak pernah menuntut anak menjadi penurut, tetapi mengajarkan sebab akibat lewat pengalaman | Sumber: Instagram @cacatengker

Saat kakak dan adik berkonflik, tidak jarang mereka akan berteriak, marah, hingga menangis kencang. Menurut Caca, hal tersebut adalah hal yang wajar. Orangtua tidak perlu buru-buru panik dan tetap bantu anak-anak untuk tenang dan memunculkan solusi dari dirinya sendiri.

Selama tidak ada tindakan agresif yang berbahaya bagi anak, sebaiknya biarkan anak mengungkapkan perasaannya.

4. Salah satu pesan Caca dalam videonya adalah untuk selalu mengapresiasi usaha dan kemauan anak

Ansara bermain
Beri apresiasi pada usaha dan kemauan anak | Sumber: Instagram @cacatengker

Dalam video-video yang diunggah di kanal Youtube-nya, Caca kerap menunjukkan aktivitas olahraga pagi putri pertamanya, Ansara. Biasanya, video tersebut akan dilengkapi manfaat dari kegiatan yang dilakukan untuk tumbuh kembang anak.

Pada salah satu video, tampak Ansara yang ketakutan saat memanjat jaring terlalu tinggi. Meski begitu, Caca mengingatkan orangtua bahwa usaha dan kemauan anak mestilah mendapat apresiasi. Kebanyakan orangtua sering melupakan hal ini dan hanya mementingkan hasil akhir.

5. Caca memotivasi kedua putrinya untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dengan terus belajar hal baru

Ansara tampil ballet
Balet merupakan salah satu aktivitas favorit Ansara | Sumber: Instagram @cacatengker

Salah satu sikap yang ingin Caca tanamkan pada kedua putrinya adalah kemauan untuk terus belajar hal baru meski bukan di bangku sekolah. Hal ini Caca tunjukkan dengan cara ikut belajar piano untuk memotivasi Ansara ikut belajar. Ia pun tidak segan ikut menari saat menemani Ansara berlatih balet.

6. Persetujuan atau consent dari anak menjadi hal yang Caca ajarkan kepada putrinya

Keluarga Caca Tengker
Keluarga kecil Caca Tengker dan Barry Tamin | Sumber: Instagram @cacatengker

Ketika Caca membuka sesi tanya jawab di akun Instagram, salah seorang warganet meminta izin untuk berfoto dengan putrinya. Dengan bijak, Caca menyatakan bahwa hal tersebut boleh dilakukan di bawah pengawasannya serta atas persetujuan putrinya.

Lewat hal sederhana ini, Caca telah menerapkan pentingnya consent atau persetujuan. Hal ini penting untuk diajarkan kepada anak agar ia tahu batasan bagi dirinya sendiri.

7. Kunci utama dari semua tips pengasuhan ala Caca Tengker adalah menjaga ketenangan

Caca Tengker
Ketenangan menjadi kunci dari praktik pengasuhan ala Caca Tengker | Sumber: Instagram @cacatengker

Dari berbagai tips pengasuhan yang dibagikan Caca Tengker di akun Instagram dan Youtube, pesan yang kerap Caca ulangi setiap kali mengahadapi masalah pengasuhan adalah untuk tetap tenang. Hal ini sepertinya merupakan kunci utama untuk menghadapi tingkah anak yang tak menentu dan kerap menguji kesabaran.

Dengan tetap tenang, secara tidak langsung kita ikut mengajarkan anak caranya bersikap dalam menghadapi masalah. Anak pun akan belajar dari meniru perilaku kita sebagai orang tua.