4 Nyinyiran yang Sering Didengar Ibu yang Hamil Lagi, Padahal Anaknya Masih Kecil

Nyinyiran Ketika Hamil Lagi

03 Desember 2021

Photo by Polina Tankilevitch via https://www.pexels.com

Apakah Moms hamil lagi saat anak belum genap berusia 2 tahun? Atau, Moms dan Dads memang sedang berencana punya anak lagi agar si kecil ada teman main yaitu adiknya? Meski tahu kalau nantinya bakal lebih ribet ngurusin dua bocil, sebenarnya nggak ada salahnya. Hanya saja, pasti ada orang yang nyinyir kalau kita hamil lagi sementara anak masih kecil.

Sayangnya, budaya suka nyinyir memang masih melekat di tengah masyarakat kita. Seperti halnya ketika ada seorang ibu yang tengah hamil lagi meski anaknya belum sampai menginjak umur 2 tahun, pasti ada aja kalimat nyinyiran yang dilontarkan. Setiap keluarga kecil tentu selalu memikirkan bagaimana ke depannya sebelum memutuskan untuk hamil lagi saat anak masih kecil. So, sebenarnya ini bukan hal yang perlu dijadikan bahan gosip, kan?

1. ”Sudah tahu anaknya masih kecil malah nggak KB, gimana sih?”

Memangnya ada yang salah ya, kalau hamil lagi saat anak masih kecil? Toh yang hamil kita dan suami kita, kenapa jadi orang lain yang nyinyir ya? Apalagi perkara KB atau nggak, jelas ini urusan pribadi dari masing-masing rumah tangga, bukan? Di luar semuanya, kuasa Tuhan juga nggak bisa dielakkan begitu saja.

2. ”Kasihan ya, anaknya masih kecil udah mau punya adik lagi”

Umur anak masih kecil kadang nggak menjadi masalah bagi pasangan yang ingin “nambah” anak lagi. Misalnya saja, usia si anak masih 1,5 tahun, nanti kalau adiknya lahir kan bisa bermain bersama-sama. Jadinya si kecil nggak kesepian. Siapa tahu malah anaknya juga pengin punya adik biar ada teman di rumah dan nggak perlu main jauh-jauh rumah tetangga? Ya nggak, Moms?

3. ”Mbok ya fokus sama kebutuhan nutrisi anak dulu daripada nanti nggak keurus karna fokus sama yang baru lahir”

Setiap ibu pasti sudah memikirkan kebutuhan nutrisi anaknya ketika hamil lagi. Nggak mungkin tiba-tiba mengabaikan anak pertama ketika yang kedua lahir. Hamil lagi tetap bisa fokus mengurus semuanya kok, Moms. Suami juga terurus, kebutuhan anak pertama tetap menjadi prioritas, bahkan kesehatan kita dan calon baby pun sudah dipersiapkan sedemikian rupa. Jadi, nggak perlu nyinyir yang aneh-aneh!

4. ”Kok suaminya ngebet banget ya, nggak kasian sama istrinya ngurus anak masih kecil-kecil”

Pak suami juga bisa jadi sasaran lo Dads, jadi hati-hati aja. Apalagi kalau jarak anak hanya selang 2 tahun dan si ibu udah hamil lagi, setelah melahirkan beberapa bulan juga sudah hamil lagi anak ketiga, dikira suaminya yang ngebet. Padahal kan semuanya sudah dibicarakan sejak awal, jadi kenapa orang-orang yang banyak komentar ya? Aneh :”)

Sebagai suami istri tentunya sudah merencanakan ingin punya anak berapa dan berapa jarak usia antar anak. Ada yang penginnya cepat punya anak lagi meski anak pertama belum genap umur 2 tahun. Nggak ada salahnya kok Moms, Dads, yang salah adalah mereka yang suka nyinyir. Toh, nggak ikut ngebiayain juga. Benar nggak?