5 Kalimat Nyinyiran yang Sering dilontarkan Emak-emak Pas Lagi ke Kondagan

Nyinyiran Emak Saat Kondangan

24 November 2021

Photo by Edward Eyer via https://www.pexels.com

Lihat deh itu dekorasinya, kok pasaran banget, ya?

Ya ampun kateringnya kok nggak enak gini sih!

Suka nyinyir atau yang biasa disebut “julid” memang bukan hal luar biasa lagi di kalangan ibu-ibu. Meski nggak semua ibu seperti itu, tapi nyatanya ada saja di antara mereka yang selalu mengomentari hal-hal di sekitarnya, termasuk saat kondangan bersama teman sesama ibu. Moms pasti pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri bukan? Namun faktanya, kehidupan sekitar Moms sendiri nggak bisa lepas dari yang namanya nyinyiran atau sikap julid.

Nah, berikut ini ada 5 kalimat nyinyiran yang seringkali Moms dengar ketika ada di kondangan. Tinggal pilih, mau ikutan jadi orang toxic atau menghindar!

1. “Eh kok dandanan pengantinnya terlalu tipis sih? Nggak bikin pangling atau ngasih kesan wow gitu…”

Riasan pengantin tentunya selalu menjadi fokus utama yang diperbincangkan. Mau makeup nya tebal atau tipis, selalu aja salah. Entah itu bikin alisnya kurang simetris, blush-on-nya terlalu mencolok, hingga pemilihan warna lipstik yang dianggap kurang cocok dengan warna kulit si pengantin. Memanglah, bukan emak-emak kalau komentarnya nggak sampai sejeli ini.

2. “Itu kenapa busana pengantin dan keluarganya nggak matching, ya? Wah, konsepnya amburadul ini!”

Seragam kedua keluarga juga nggak kalah menarik buat diperbincangkan. Kalau warnanya terlihat kurang pas, nanti dikira kurang komunikasi, kedua keluarga dianggap kurang akur, nggak kompak nentuin warna dan lain-lain. Namun, bisa saja kedua keluarga memang punya konsep yang berbeda yang dianggap unik. Sayangnya malah dinyinyirin.

3. “Kok kateringnya gini, ya. Rasanya biasa aja, jadinya nyesel tadi masukin duit banyak di amlop!”

Anehnya, ibu-ibu kenapa bisa paham mana katering yang mahal dan murahan, ya? Memang ajaib lidah ibu-ibu ini, terutama buat mereka yang suka nyinyir. Abis itu juga nyesel ngasih isi amplop banyak pas tahu kateringnya biasa aja. Hmm..Moms pernah kayak gini nggak nih?

4. “Kok kayanya itu pengantinnya nggak bahagia, ya? Jangan-jangan mereka dijodohkan…”

Diam sebentar aja, pikiran ibu-ibu kalau pas kondangan bisa di luar dugaan. Iya, mereka diam-diam memerhatikan pasangan pengantin yang duduk di pelaminan. Bisa-bisanya punya pendapat kalau mereka dijodohin karena nggak memperlihatkan happy face. Segitunya tatapan emak-emak kalau mendeteksi orang, padahal kadang nggak sesuai kenyataan.

5.“Dekorasinya kok begini sih. Kayaknya terlalu dipaksakan jadi nggak sesuai sama konsepnya…”

Kadang orang memang suka keterlaluan kalau berkomentar. Toh, nggak ikut patungan resepsi juga kenapa harus nyinyirin pemilihan dekorasi. Ya namanya hari spesial sekali seumur hidup, pasti akan memilih yang terbaik. Meski dari golongan keluarga sederhana, nggak ada ada salahnya memiliki dekorasi yang layakanya dipakai orang-orang “berduit”. Selama mampu bayar, kenapa nggak? So, stop ya Moms nyinyir yang begini!

Emang paling enak itu ya ngomentarin urusan orang. Udah gitu gratis Moms, mau komentar apa aja juga silakan. Begitulah yang namanya kehidupan, orang akan selalu mencari celah kecil untuk bisa mengusik kehidupan kita. Gimana Moms? Mau nambahin kalimat nyinyiran lain yang sering dilontarlan pas lagi kondangan nggak? Share di kolom komentar, yuk!