Multiple Intelligence pada Anak; Kecerdasan Tidak Melulu Tentang Akademik

Ukuran kecerdasan anak bukan hanya dari sisi akademik saja lo, Moms dan Dads!

08 Maret 2022

Pict from Freepik.com via https://www.freepik.com

Banyak orangtua mengukur kecerdasan anak hanya lewat pencapaian akademik. Padahal, setiap anak terlahir dengan keunikan masing-masing. Anak pasti memiliki beragam potensi dalam dirinya yang tidak melulu dapat diukur dengan nilai ujian atau pencapaian akademik semata.

Jika anak kurang berbakat dalam matematika, bisa jadi ia justru memiliki kelebihan di bidang musik. Tidak ada yang lebih baik dari keduanya karena masing-masing memiliki potensi kecerdasannya sendiri. Jadi, kenalan, yuk dengan 10 kecerdasan jamak atau lebih dikenal dengan sebutan multiple intelligences!

1. Jika si kecil suka membaca dan mudah menghapal, bisa jadi ia memiliki kecerdasan bahasa

Kecerdasan bahasa adalah kecakapan anak untuk menggunakan dan mengolah kata untuk menyampaikan gagasannya dengan baik. Anak dengan kecakapan bahasa yang tinggi berpotensi menjadi negarawan, pengacara, pewara, penulis, ataupun jurnalis.

2. Kecerdasan logika matematika bukan sekadar hitungan, tetapi juga tampak lewat kemampun mengemukakan alasan

Kecerdasan logika matematika tidak hanya diukur dari kepandaian anak berhitung. Anak dengan tipe kecerdasan ini mampu menganalisis, menggali sebab akibat, serta mencari bukti untuk memperkuat argumennya. Pekerjaan potensial untuk anak dengan tipe kecerdasan ini adalah sebagai ilmuwan, akuntan, dan analis komputer.

3. Jangan buru-buru menganggap anak yang tidak bisa diam hiperaktif, bisa jadi ia memiliki kecerdasan kinestetik yang perlu diasah

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan untuk menggunakan anggota tubuh dalam membuat atau melakukan sesuatu dengan sangat baik. Pemilik tipe kecerdasan ini bukan hanya berbakat sebagia atlet, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi seorang penari atau mekanik.

4. Anak yang mampu mengingat nada dan ketukan sebuah lagu dengan cepat meski lewat tepukan tangan kemungkinan memiliki kecerdasan musikal

Meski anak tidak bercita-cita menjadi musisi ataupun penyanyi, memiliki kecerdasan musikal tetap sangat bermanfaat bagi anak. Keterampilan bermusik terbukti mengasah kreativitas bahkan meningkatkan IQ. Jadi, masih mau anggap sepele kecerdasan musikal?

5. Sifat bertanggung jawab dan memahami kebutuhan diri sendiri menunjukkan kecerdasan intrapersonal yang baik

Kecerdasan intrapersonal membuat anak mampu menetapkan rencana jangka panjang dalam hidupnya dengan baik. Ia paham yang ia inginkan serta cara untuk mencapainya. Kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh calon pengusaha atau wirausahawan.

6. Kecerdasan interpersonal biasanya membuat anak mudah bergaul di lingkungan baru

Selain mudah bergaul, kecerdasan ini membuat anak pandai bekerja sama. Orang-orang dengan tipe kecerdasan ini juga pandai memahami orang lain. Guru, psikolog, bagian penjualan, dan SDM perusahaan membutuhkan orang-orang dengan kecerdasan interpersonal yang menonjol.

7. Kemampuan mengingat sebuah objek dalam jangka waktu lama adalah tanda kecerdasan visual dan spasial, lo

Orang-orang dengan tipe kecerdasan ini mampu memvisualisasikn objek yang dilihatnya dalalm bentuk 3 dimensi. Ciri kecerdasan ini ditunjukkan dengan hobi menggambar dan mencoret-coret. Jangan anggap remeh tipe kecerdasan ini, ya terutama jika anak bercita-cita menjadi pilot, arsitek, atau desainer grafis.

8. Kecerdasan emosional ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam mengendalikan diri

Banyak ahli mengtakan bahwa EQ (Emotional Quotient) jauh lebih penting daripada IQ (Intelligence Quotient). Pada dasarnya, kecerdasan emosional merupakan kemapuan seseorang untuk mengendalikan dirinya. Pengendalian diri yang baik merupakan salah satu ciri yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Manusia diciptakan Tuhan dengan akal budi dan itulah letak kesempurnaan manusia.

9. Ketertarikan anak pada alam dan lingkungan menunjukkan anak memiliki potensi kecerdasan naturalis dalam dirinya

Segala sesuatu di alam semesta biasanya menjadi hal yang sangat menarik perhatian si naturalis. Anak dengan tipe kecerdasan ini akan bersemangat jika diajak mencari tahu segala sesuatu tentang alam. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdsaan ini diantaranya astronom, botanis, hingga seorang zoologist.

10. Kesadaran untuk mengamalkan ajaran beragama dalam kehidupan sehari-hari adalah ciri dari kecerdasan spiritual

Bentuk kecerdasan spiritual bukan hanya diukur dari seberapa rajin anak beribadah, tetapi juga terlihat dari sikap dan perilaku sehari-hari anak. Anak yang cerdas spiritual, akan mengamalkan pemahamannya tentang iman lewat ucapan serta tindakannya.

Kecerdasan ini begitu penting untuk membentuk generasi penerus yang berkualitas sebab manusia membutuhkan kompas moral dalam setiap tindakannya. Kecerdasan kognitif tanpa dibarengi kecerdaaan spiritual akan membuat anak berpotensi melakukan tindakan kriminal. Seram, kan?

Sesuai dengan namanya, multiple intelligence, seorang anak tidak hanya memiliki satu, tetapi akan memiliki beberapa tipe kecerdasan yang sangat menonjol dalam dirinya. Namun, bukan berarti tipe kecerdasan yang kurang menonjol tidak akan mampu dikuasai oleh anak. Semua kembali lagi pada stimulus yang diberikan oleh Moms dan Dads kepada si kecil.

Mengenal berbagai tipe kecerdasan ini membantu Moms dan Dads untuk mengenali potensi kecerdasan dalam diri anak dengan lebih baik. Jadi, sudah bukan zamannya menilai kecerdsaan hanya dari kemampuan membaca dan dan berhitung. Mari optimalkan kecerdasan alami dalam diri si kecil sesuai dengan potensinya!