Kenalan Sama Istilah “Mommy Moon” yang Sedang Viral Berkat Raisa Andriana

Mommy moon

01 Desember 2021

Photo by Olha Ruskykh via https://www.pexels.com

Mommy moon merupakan kegiatan memanjakan diri sejenak buat para ibu. Ini dilakukan sendirian tanpa keikutsertaan suami dan anak. Seperti yang juga dilakukan Raisa, mommy moon juga hampir mirip seperti me time. Belum lama ini, Raisa menikmati mommy moon ke Bali selama 2 malam dan melakukan kegiatan yang disukainya. Ibu satu anak tersebut merasa bahwa kegiatan mommy moon sangat berharga bagi dirinya. Ini juga tentunya berlalu buat ibu-ibu lain jika ada kesempatan. Benar nggak, Moms?

Semenjak menjalani peran sebagai seorang istri dan ibu, wanita seringkali nggak punya waktu untuk dirinya sendiri karena jelas memprioritaskan keluarganya. Namun, demi kesehatan mental, ada kalanya Moms juga harus meluangkan waktu untuk me time, lo. Nggak perlu jauh-jauh, Moms bisa melakukan hal yang sama dengan Raisa, tapi hanya dekat-dekat dengan rumah atau sekadar me time saat suami dan anak bisa ditinggal sejenak.

Melakukan mommy time bukan berarti akan dicap sebagai ibu yang egois karena hanya menuruti ego. Perlu diketahui bahwa ada beberapa manfaat dari mommy moon yang harus Moms dan Dads tahu, simak yuk!

1. Bisa membuat para ibu “menemukan” kembali dirinya sendiri

Selama menjadi istri dan ibu tentunya banyak hal dari dirinya yang “hilang”. Hal ini karena sibuk dengan urusan ibu rumah tangga dan mendidik anak. Jangan dikira mengurus anak itu mudah alias butuh kesabaran ekstra. Makanya, Moms sesekali butuh waktu untuk mommy moon agar bisa “menemukan” dirinya sendiri, walau hanya sebentar saja.

2. Me-refresh otak sejenak, agar kembali fokus pada segudang perannya

Dengan melakukan mommy moon, para ibu akan merasa refresh otaknya. Ada kalanya ibu “mengosongkan” pikiran sehingga akan mendapatkan penyegaran. Ketika otak merasa lebih segar, tentunya saat kembali berkumpul bersama keluarga akan lebih bahagia dan fokus menjalankan perannya sebagai ibu sekaligus peran-peran istimewanya yang lain.

3. Bisa melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang menjadi keinginan, bukan keharusan

Kalau biasanya rutinitas seorang istri sekaligus seorang ibu di rumah HARUS menyiapkan segala kebutuhan suami dan anak, namun berbda saat mommy moon. Para ibu bisa melakukan apa yang menjadi KEINGINAN. Misalnya, menikmati secangkir tee atau kopi sambil duduk santai, mandi berlama-lama karena sekalian luluran, nonton film favorit tanpa ada yang mengganggu, makan makanan kesukaan dan lainnya. Ada kalanya memenuhi KEINGINAN untuk diri sendiri agar puas, meski hanya sejenak.

4. Bisa membuat para ibu berpikir lebih jernih

Kadang segala rutinitas sehari-hari dapat membuat ibu merasa penat. Belum selesai memikirkan satu hal, eh sudah ada hal lain yang harus dipikirkan. Kalau kayak gitu gimana bisa berpikir jernih? Itulah mengapa Moms juga butuh yang namanya mommy moon, dari situ Moms bisa lebih berpikir jernih dan terhindar dari stres.

5. Merupakan ajang untuk ibu-ibu yang ingin menstabilkan emosi agar merasa “terlahir kembali”

Terlahir kembali yang dimaksud adalah menjadi pribadi yang baru. Mungkin selama mengurus anak di rumah juga memendam rasa lelah fisik dan juga mentalnya. Melakukan mommy moon mampu menstabilkan emosi agar lebih tenang dan lebih bijak dalam mengambil keputusan. Lelah fisik dan mental seringkali membuat para ibu gegabah dalam memilih keputusan penting.

Itulah pentingnya mommy moon untuk para ibu. Meski hanya melungkan waktu 1-2 hari, nyatanya mampu membuat mentalnya lebih sehat. Sepulang dari mommy moon juga akan menjadi sosok istri sekaligus ibu yang lebih baik lagi. Meski nggak sama persis dengan apa yang dilakukan Raisa, yuk wujudkan mommy moon ala Moms sendiri setelah ini!