6 Hal Random yang Seringkali Terlintas di Benak Ayah Baru Menjadi Orang Tua

Momen Jadi Ayah Baru

29 November 2021

Photo by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Kehidupan seorang laki-laki tentunya akan berubah drastis ketika sudah menjadi seorang ayah. Hal ini karena ada tanggung jawab lebih besar yang harus dipikirkan. Momen menjadi ayah baru tentunya memberi banyak pelajaran salah satunya adalah ikut andil mengurus anak. Jangan berpikir kalau menjadi ayah hanya fokus mencari nafkah saja, ikut serta membantu Moms ngurus si kecil juga penting lo, Dads.

Sebagai ayah yang baru saja memiliki pengalaman mengasuh anak, pastinya ada beberapa hal random yang seringkali terlintas di benak Dads. Biasanya, hal ini akan terlintas ketika sedang berdua sama si kecil. Zaman sekarang ini wajar banget kalau jagain anak secara bergantian, nggak kayak zaman dulu yang mengharuskan ibu harus jagaian anak di rumah, sementara ayahnya bebas ke mana saja.

Semakin terbukanya pola pikir orang pasti paham kalau Moms kini bisa pergi tanpa buru-buru meski meninggalkan si kecil bersama ayahnya. Begitu juga sebaliknya, ayah juga nggak kaku lagi kalau kebagian tugas mengurus anak. Tapi, ada beberapa hal random yang seringkali terlintas di benak ayah. Hmm…apa aja sih?

1. Sering kepikiran nanti kalau anak laki-lakinya sunat dan harus menemani

Mungkin Dads sudah lupa rasanya disunat kerena waktu itu masih kecil. Tapi, rasa ngilu seakan kembali muncul ketika nanti harus nemenin anak sunat. Apalagi setelah anak sunat bakalan ikut merawat pemulihanya, pasti bikin tambah khawatir deh.

2. Selalu bingung ketika harus mengganti popok anak

Meski sudah diajari tapi tetap aja bingung pas mau gantiin popok. Kadang suka panik kalau udah makin banyak dan si kecil keburu nangis. Belum lagi kalau si kecil saat pup dan kudu buru-buru ganti. Awalnya sih masih heboh pakai penutup hidung biar nggak bau, tapi lama-lama udah biasa. Anehnya, tiap mau ganti popok pasti bingung dulu. Iya kan, Dads?

3. Sebenarnya banyak pikiran tapi selalu “haha hihi” kalau di depan anak

Semua ayah pastinya menginginkan agar semua kebutuhan keluarga tercukupi. Kadang pas momong anak suka terlintas soal cicilan, pinjaman ini itu dan biaya sekolah anak nantinya. Meski begitu tetap bisa “haha hihi” di depan anak. Apalagi kalau melihat tingkah anak yang ada-ada aja, beban hidup berasa hilang.

4. Kepikiran kalau ngajak pergi anak perempuan dan si kecil kebelet pipis, mau masuk toilet mana nih?

Sesekali ayah juga kepingin ngajak anak perempuannya jalan-jalan. Tapi, yang sering jadi pertanyaan adalah, nanti kalau si kecil ke toilet, masuknya ke mana? Kalau ke toilet perempuan, nanti ayahnya bisa kena semprot cewek-cewek yang ada di toilet. Aneh nggak sih kalau dibawa ke tolilet laki-laki? Hm..gimana Moms?

5. Kepengin “uhuk-uhuk” tapi si ibu lagi nifas

Nggak salah sih kalau ayah pengin “uhuk-uhuk” setelah sekian lama puasa. Sayangnya, Moms masih dalam keadaan nifas. Dads harus nunggu kurang lebih sebulan lagi buat bisa “ena-ena”. Jadi ayah baru emang ada aja pait manisnya. Paitnya ya kudu “puasa” dulu nunggu Moms benar-benar “bersih”.

6. Kadang dapet tawaran kerja bagus tapi harus jauh sama istri dan anak yang masih kecil

Menyandang status sebagai ayah baru tentu membuat Dads nggak ingin jauh dari anak. Apalagi kalau si kecil lagi lucu-lucunya, seolah nggak ingin melewatkan setiap momen. Bahkan ketika ada tawaran kerjaan yang disukai pun juga mikir dua kali buat ngambil.

 

Itulah hal random yang sering menghantui pikiran para ayah baru. Bukan hanya perempuan saja yang harus banyak belajar dalam mendidik anak, sosok ayah juga nggak kalah penting untuk tumbuh kembang si kecil. Jadi, wajar aja kalau sering terlintas hal-hal di atas. Dads kayak gitu juga nggak?