7 Tanda Kalau Pasangan Melakukan Micro-Cheating

Micro-Cheating dalam Hubungan

05 Januari 2022

Photo by RODNAE Productions from Pexels via ://

Yang diingankan dalam hubungan jangka panjang adalah keharmonisan tanpa hadirnya orang ketiga. Akan tetapi, tak dimungkiri bahwa perselingkuhan memang kerap kali muncul seolah “menghiasi” rumah tangga. Salah satu jenis perselingkuhan yang harus diwaspadai saat ini adalah micro-cheating. Ini juga disebut-sebut sebagai salah satu pengkhiatan cinta yang kini mengintai dalam hubungan khususnya dalam pernikahan.

Melansir dari laman Mom Junction, micro-cheating merupakan tindakan yang tampaknya sudah melewati batas-batas tertentu dari hubungan yang berkomitmen. Dalam beberapa kasus, micro-cheating ini juga dianggap sebagai pengkhianatan yang merugikan kedua pasangan. Meski tergolong sulit diketahui, namun ada beberapa tanda bahwa pasangan selang melakukan micro-cheating.

Buat para pasangan suami istri yang seringkali menebak-nebak apakah si suami atau istri sedang melakukan micro-cheating, maka tanda-tanda bisa diketahui sebagai berikut;

1. Selalu beranggapan bahwa pasangan selalu punya pikiran negatif dan berlebihan

Adalah hal yang wajar ketika pasangan menunjukkan gerak-gerik yang aneh, lalu kita bertanya. Namun, pada pasangan yang sedang melalukan micro-cheating, mereka cenderung beranggapan bahwa kita terlalu berlebihan. Padahal sebenarnya hanya bertanya saja, tapi malah dianya keburu nge-gas. Wajib waspada nih..

2. Menggunakan password untuk handphone-nya karena tujuan terselubung

Salah satu cara untuk mengetahui apakah pasangan selingkuh atau tidaknya adalah dengan tes kepekaan terhadap handphone. Ketika kamu tiba-tiba ingin memegang handphone pasangan, lihatlah bagaimana reaksinya. Jika ia langsung mengambil alih, kemungkinan ada yang disembunyikan dan waspadai ia melakukan micro-cheating.

3. Memiliki teman atau sahabat dekat lawan jenis

Memiliki teman dekat sebenarnya nggak ada salahnya. Namun jika sudah menikah, alangkah lebih baik meghindari berteman dengan lawan jenis. Hal tersebut seringkali berujung bertemu tanpa sepengetahuan pasangan yang sah. Kamu juga harus wasapada ketika pasanganmu memiliki kedekatan dengan awan jenis.

4. Aktif di salah satu aplikasi kencan online

Hingga saat ini masih belum ada alasan mengapa mereka yang sudah menikah masih saja aktif di aplikasi kencan. Hanya sekadar menggunakan dalih sebagai hiburan, namun tetap wasapada. Bisa jadi ini merupakan tanda kalau pasanganmu sedang melakukan micro-cheating. Bagi pelaku micro-cheating juga akan sangat mudah mencari mangsa melalui aplikasi dating online.

5. Menghabiskan banyak waktu di media sosial, di banding quality time bersama keluarga

Sebenarnya sah-sah saja menggunakan media sosial asalkan untuk hal-hal yang positif. Namun, mereka yang sedang micro-cheating ini biasanya justru lebih aktif hanya untuk “likes” akun-akun yang memiliki visual yang menarik, misalnya gemar menekan tombol “suka” ketika melihat perempuan cantik dan semok.

6. Mulai sulit membangun komunikasi yang hangat

Salah satu tanda ketika pasangan melakukan micro-cheating adalah selalu bersikap defensif. Ia mulai sulit diajak berkomunikasi dengan baik. Bahkan ketika kamu bertanya baik-baik, jawabannya selalu sewot seolah nggak ingin membahas hal tersebut. Kalau sudah menunjukkan tanda-tanda ini, kamu patut curiga.

7. Tidak pernah mengajak pasangan ke acara-acara besar

Pasangan suami istri sudah sepatutnya meghadiri acara-acara bsar bersama-sama. Sayangnya, ia sama sekali tak pernah melibatkanmu dalam acara tersebut. Bahkan ia lebih sering datang sendiri dan kamu nggak tau jenis acara apa yang dihadirinya. Tanda ini sudah semakin membuat hubungan pernikahan semakin patut diwaspadai.

Perselingkuhan jenis baru seperti micro-cheating ini masih sering dianggap sepele bahkan banyak yang belum sadar. Akan tetapi, dampaknya bisa merusak hubungan pernikahan. Waspada sejak dini, demi keharmonisan rumah tangga. Semoga bermanfaat ya!