7 Cara Mudah Merangsang Kemampuan Berbicara Anak

Merangsang Kemampuan Bicara Pada Anak

03 Januari 2022

Photo by RODNAE Productions from Pexels via ://

Salah satu perkembangan anak yang paling membanggakan orang tua adalah kemampuan bicaranya. Apalagi kalau di usia 5 bulanan sudah bisa mengucapkan sepatah dua patah kata, tentu menjadi kabar bahagia untuk para orang tua. Namun bagaimana jika si anak ternyata mengalami speech delay di usia yang seharusnya sudah lancar berbicara?

Tenang, sedari sekarang Moms bisa melakukan beberapa cara untuk merangsang kemampuan bicara pada anak. Akan tetapi, perlu disadari bahwa kemampuan bicara pada anak memang berbeda-beda Salah satu yang paling memengaruhi adalah stimulasi dari orang tuanya dalam memberikan dukungan terhadap tumbuh kembang buah hati.

Sebagai orang tua tentunya akan senang jika melihat anak yang akhirnya mampu mengutarakan maksud dari apa yang mereka rasakan, meski melalui percakapan sederhana. Agar anak tidak mengalami terlambat berbicara, Moms bisa melakukan beberapa cara berikut untuk merangsang kemampuan bicara pada anak;

1. Membacakan cerita menarik setiap akan tidur

Waktu menjelang tidur sangat efektif untuk membacakan cerita. Lakukan dengan penuh ekspresif sehingga anak sangat berkesan baginya. Ia akan merespon kata-kata tersebut sambil mempelajarinya. Dengan begitu ia akan mudah mengucapkannya.

2. Lebih sering meluangkan waktu untuk mengajak anak berbicara

Cara ini sangat efektif dilakukan ketika si kecil baru saja lahir. Meski belum bisa merespon, namun sel-sel pada saraf otak ternyata mampu menangkap sinyal sehingga akan tersimpan di memorinya. Orang tua yang membiasakan mengajak anak berbicara juga membuat mereka lebih cepat bisa berbicara.

3. Mengulang kata-kata yang sama

Dengan sering mengulang kata-kata yang sama akan membuat mereka mengingatnya. Misalnya Moms bisa memilih kata yang mudah seperti, makan, minum, mama, papa, dan kata-kata lain sesuai dengan rutinitas sehari-hari. Kosa kata yang mudah dan selalu diulang akan membuat mereka lebih cepat menangkapnya.

4. Mengajak anak bernyanyi bersama

Menyanyi adalah aktivitas yang paling disukai anak-anak. Ini juga merupakan salah satu cara untuk merangsang kemampuan bicaranya. Apalagi jika lagunya sangat menyenangkan, tanpa sadar si anak juga lebih mudah mengingat setiap kata dalam lagu tersebut. Si kecil tak hanya senang tetapi juga mampu membuatnya cepat berbicara.

5. Memahami bahasa tubuh anak

Bagi mereka yang masih belum bisa berbicara biasanya akan merengek hingga menangis ketika menginginkan sesuatu. Di sini Moms harus memahami gerak-gerik yang mereka inginkan. Misalnya, ketika mereka meminta susu dengan merengek, Moms bisa mengatakan, “adik mau susu? Iya susu?”. Nantinya mereka pasti akan mengatakan kata yang diajarkan tersebut ketika mengingkan sesuatu.

6. Menggunakan poster atau flashcard bergambar

Zaman sekarang memang memyediakan aneka mainan yang mampu merangsang tumbu kembang anak salah satunya seperti flashcard. Moms bisa memilih warna dan gambar yang menarik sehingga mereka lebih senang. Metode ini juga mampu membuat merangsang kemampuan bicara pada anak.

7. Membatasi bermain gadget dan ajarkan anak lebih sering bersosialisasi

Dengan berbagai kecanggihan teknologi tentu membuat anak-anak lekat dengan gadget. Apalagi banyak games asyik yang pastinya menarik perhatian anak. Namun, sebaiknya Moms bisa membatasinya. Terus-terusan terpaku dengan gadget hanya akan membuatnya kesulitan berbicara karena kurang bersosialisasi.

Peran orang tua sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak salah satunya untuk menstimulasi kemampuan bicaranya. Menjadi orang tua juga harus aktif mengajak bicara agar anak lebih mudah belajar kosa kata sehingga mudah untuk mulai berbiara. Semoga bermanfaat ya!