5 Tips Berhubungan Baik dengan Calon Saudara Ipar Agar Selalu Harmonis

Menjalin Hubungan dengan Calon Ipar

06 Desember 2021

Photo by RODNAE Productions via https://www.pexels.com

Saat seseorang memutuskan untuk menikah, mereka juga punya keluarga baru dari pasangannya. Pokoknya, sebisa mungkin harus menjalin hubungan baik dengan saudara ipar. Meski setelah menikah nantinya akan hidup terpisah dari mertua dan ipar, ada baiknya kalau hubungan dengan ipar selalu harmonis. Menjalin hubungan baik dengan calon ipar tentunya nggak sulit, asal kita mencoba memahami di mana celahnya.

Banyak di luar sana yang merasa canggung ketika harus bertemu dengan calon ipar. Padahal nanti kalau sudah menikah dengan pasangan, mereka juga akan menjadi bagian dengan keluarga kita. Memiliki hubungan yang baik dengan ipar pasti akan sangat menyenangkan, ibarat memiliki keluarga baru meski berbeda karakter dan kepribadian tentunya.

Mendekati calon ipar memang nggak selamanya gampang, namun ada trik dan cara-caranya. Penasaran gimana caranya?

1. Memperlakukannya seperti saudara kandung sendiri, sehingga bisa terbentuk kemistri

Agar semakin dekat, kamu bisa menganggap calon ipar seperti saudara kandung. Pastikan nggak ada jaim diantara kalian. Dengan begitu, maka akan semakin akrab. Kalian bisa saling mendukung dalam hal apapun. Mengangganya seperti saudara sendiri tentu akan membuat keduanya lebih cepat membangun chemistry.

2. Meluangkan waktu untuk pergi bersama, misalnya dengan melakukan hobi yang senada

Kalau calon iparmu perempuan, maka bisa mengajaknya belanja atau nyalon bareng. Biasanya cewek-cewek akan semakin dekat kalau mereka memiliki kesukaan yang sama. Apalagi kalau urusan belanja, bisa saling berbagi voucer belanja, saling memberi tahu kalau ada diskonan, dan lainnya. Bisa juga ngajakin kulineran bersama-sama sambil ngobrol sana sini, pasti jadi makin asyik tuh.

3. Kalau calon ipar sudah punya anak, kamu bisa mencoba untuk memberikan hadiah untuk anaknya

Anaknya calon ipar nantinya juga bakal jadi keponakan kamu, jadi nggak ada salahnya kamu memberi hadiah kecil atau jajanan kesukaannya. Toh, nanti kalau keponakan lengket sama kamu, ipar juga akan respect dan menganggap kamu sebagai pribadi yang penyayang. Selain itu, kalau keponakan udah bisa diajak keluar rumah, kamu bisa mengajaknya main game di mal. Pasti ipar bakal makin suka sama kamu.

4. Hindari mencampuri urusan calon ipar, sekecil apapun bentuknya

Kalau misalnya kamu mau mengajak hangout calon ipar tapi dia sedang nggak mood, ya jangan dipaksa. Jangan malah tanya, “emang ada apa sih? cerita aja sama aku”. Mungkin dia sedang ada masalah pribadi dan kamu nggak berhak ikut campur. Jangan membuatnya risih karena terlalu pengin tahu urusannya.

5. Jangan mengucapkan kata-kata yang membuatnya tersinggung, karena kamu belum tahu latar belakangnya secara utuh

Ini harus banget diperhatikan. Jangan sampai baru ketemu calon ipar aja udah bikin dia sakit hati sama perkataanmu. Kita nggak pernah tahu bagaimana suasana hati seseorang, jadi kalau baru pertama bertemu, hindari topik pembicaraan yang menyinggungnya. Kalian bisa ngobrol seputar hal yang general saja supaya nggak ada pihak yang merasa tersakiti.

Menjalin hubungan dengan calon ipar memang harus dimulai ketika pasangan mulai mengenalkan kamu dengan keluarganya. Ini bisa jadi satu langkah lebih dekat. Kalau sudah menikah dan menjadi saudara, pastinya akan semakin akrab karena sudah dekat sejak dulu. Jadi, nggak ada lagi drama antara  kamu sama ipar. Semoga tips dari Mamin ini bermanfaat, ya!