Tetap Tenang, 5 Hal ini Bisa Mama Lakukan untuk Jauhkan si Kecil dari Ancaman Virus. Stay Safe!

menjaga imunitas anak

15 Maret 2020

Jaga kebersihan / Credit: aleteia via https://aleteia.org

Membaca berbagai berita seputar penyebaran virus corona di Indonesia mungkin akan membuat sebagian besar orang tua di luar sana panik. Wajar memang, untuk merasa cemas. Tapi jangan sampai merasa khawatir berlebihan sampai membuat stres ya, Ma! Menjaga kesehatan mental mama dan papa sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Jika mama papa sehat, tentu bisa lebih maksimal untuk menjaga si kecil tetap bugar dan jauh dari ancaman virus berbahaya.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa para orang tua lakukan di rumah untuk menjaga imunitas si kecil dan menjauhkannya dari risiko tertular berbagai macam infeksi bakteri maupun virus. Beberapa di antaranya telah Hipwee Young Mom rangkum sebagai berikut. Simak dan praktikkan yuk!

1. Jika si kecil sudah bersekolah, yuk ikuti anjuran IDAI untuk meliburkan dulu si kecil dari sekolah dan minimalkan kontak dengan dunia luar. Saatnya quality time bersama keluarga~

Credit: Pexels

Sejak beberapa waktu lalu, mulai banyak sekolah maupun daycare yang mengeluarkan kebijakan meliburkan dulu siswanya hingga keadaan lebih tenang dan dinilai cukup kondusif. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun melalui Instagram resminya telah menghimbau agar sekolah-sekolah mengeluarkan kebijakan untuk menutup sekolah untuk sementara waktu. Meminimalisir si kecil berkontak dengan dunia luar saat ini dapat membantu mengurangi risiko si kecil terpapar virus di luar sana.

Bukan hanya sekolah, si kecil juga sebaiknya dihindarkan dari keramaian untuk sementara waktu. Jadi main-main di taman hiburan atau pusat perbelanjaannya dikurangi dulu ya, Ma. Buat Mama Papa yang habis bepergian keluar rumah juga wajib membersihkan diri dulu sebelum melakukan kontak dengan si kecil.

2. Cukupi gizi seimbang si kecil dengan baik melalui makanan dan minuman serta bantuan suplemen harian. Usahakan agar semua kebutuhan serat, vitamin, karbohidrat, mineral dan lain-lain bisa terpenuhi

Credit: Pexels

Buat anak yang masih aktif mengonsumsi ASI, genjot ASI lebih maksimal ya, Ma! Untuk si kecil yang sudah makan makanan keluarga, pastikan asupan makanan bergizi selalu terjaga. Konsumsi sayur dan buah jangan lupa! Jika perlu, berikan suplemen makanan tambahan seperti multivitamin untuk menjaga si kecil fit selalu.

3. Ajak anak beristirahat cukup. Pastikan jam tidurnya teratur dan nggak kurang ya, Ma!

Credit: medicalxpress

Anak bayi 0-12 bulan umumnya masih membutuhkan jam tidur panjang, mulai dari 16, 5 jam yang seiring waktu akan berkurang hingga jadi sekitar 14 jam sehari. Untuk anak usia balita, akan berkurang jadi sekitar 13 jam per hari, dibagi antara jam tidur siang dan malam. Cukup istirahat akan membantu imunitas anak lebih baik.

4. Ajak anak menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan dan membersihkan mainan-mainannya. Bersihkan juga area-area di rumah yang kerap bersinggungan dengan si kecil

Credit: babybonus

Ajak anak lebih rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah bermain dan saat tangan kotor. Jangan lupa memberikan pelembap di tangan si kecil, agar tidak jadi kering. Selalu sediaΒ hand sanitizer dan tisu basah antiseptik saat keadaan tak memungkinkan untuk cuci tangan. Tapi ingat, tetap utamakan cuci tangan sesuai anjuran WHO ya, Ma!

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pakaian, mainan dan rumah agar mama papa serta si kecil selalu sehat dan jauh-jauh dari ancaman penyakit. Yuk, lebih rajin bersih-bersih~

5. Terakhir, batasi kontak fisik si kecil dengan orang lain. Cium tangan, peluk-peluk atau cium pipi dihindari dulu ya. Demi keamanan si kecil~

Credit: pexels

Bukannya mau sok bersih, tapi dalam kondisi seperti ini siapapun diharapkan maklum kalau si kecil dijaga dulu dari kontak fisik dari orang luar. Sama orang rumah juga, pastikan sudah bersih dan cuci tangan dulu sebelum menyentuh si kecil ya!

Tetap tenang di tengah wabah virus corona akan membantu mama dan papa agar bisa beraktivitas lebih nyaman dan bebas stres sehingga daya tahan tubuh juga lebih terjaga. Waspada boleh, tapi jangan sampai panik berlebihan ya, Ma. Semangat dan yuk terus berdoa agar wabah ini dapat segera tertangani dan mereda. Jaga kesehatan selalu ya, Mama Papa!