Sederhana, tapi 5 Kegiatan Ini Mampu Memupuk Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini

Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

03 Desember 2021

Photo by Jep Gambardella via https://www.pexels.com

Rasa percaya diri pada anak harus dipupuk sejak dini. Dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, peran orang tua khususnya ibu sangatlah penting. Ketika anak mulai eksplorasi dengan teman-temannya, maka mereka harus percaya diri. Moms nggak mau kan, kalau si kecil tumbuh menjadi anak pemalu dan sulit untuk bersosialisasi dengan temannya? Apalagi kalau sudah memasuki usia sekolah, rasa percaya diri sangatlah penting.

Anak yang memiliki rasa percaya diri tentunya juga nggak luput dari dukungan orang tuanya. Awal mereka memiliki rasa percaya diri biasanya dari penilaian orang tuanya. Untuk itu, Moms juga punya kesempatan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Bahkan, beberapa kegiatan di rumah juga mampu meningkatkan kepercayaan diri pada si kecil.

Berdasarkan penelitian mengenai aktivitas fisik pada anak-anak dari Obes Rev, volume 17 tahun 2016, menyebutkan bahwa stimulasi di rumah juga dapat meningkatkan motivasi serta pengetahuan pada di kecil. Itulah mengapa Moms bisa mengajak si kecil melakukan beberapa aktivitas yang mampu membuatnya tumbuh jadi anak yang memiliki rasa percaya diri.

Berikut beberapa kegiatan yang mampu menstimulasi self-esteem anak di rumah khususnya untuk anak usia 1-3 tahun;

1. Mengajak anak membersihkan rumah

Moms nggak perlu mengajaknya untuk melakukan kegiatan yang berat kok, cukup dengan memintanya merapikan mainannya kembali setelah berserakan. Selain itu bisa memintanya untuk mengembalikan kursi kecil yang digunakan untuk bermain ke tempat semula. Bisa juga dengan memintanya merapikan boneka-boneka di kamarnya. Kegiatan ini mampu mengasah rasa percaya diri anak lo, Moms.

2. Membiasakan anak untuk belajar bercerita

Membiasakan anak untuk bercerita nggak hanya mampu meningkatkan rasa percaya dirinya tetapi juga kemampuan mereka dalam berkomunikasi. Moms bisa memintanya bercerita tentang apa yang sudah mereka lihat dari serial anak favoritnya. Untuk lebih gampangnya juga bisa meminta mereka bercerita apa yang terjadi di sekolahnya.

3. Mengajarkan banyak hal baru pada anak

Kita sebagai orang tua tentunya harus bisa menemukan bakat dan potensi anak dari berbagai hal baru yang kita ajarkan. Misalnya melukis, berkebun, bermain alat musik, menyanyi, mendekor kamar dan kegiatan seru lainnya. Dengan begitu mereka akan semakin percaya diri karena bisa melakukannya dengan baik. Di sini Moms harus mendukung apa yang menjadi bakatnya.

4. Mengajak anak menggambar dan menceritakan gambar yang telah dibuat

Banyak kegiatan menyenangkan di rumah yang ternyata mempu membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Salah satunya adalah mengajak si kecil menggambar dan menceritakan apa yang mereka gambar. Misanya menggambar dirinya sendiri, orang-orang yang ada di rumah, atau bahkan memintanya menggambarkan cita-citanya. Aktivitas tersebut ternyata mampu mengasah kemampuan percaya dirinya.

5. Melakukan berbagai permainan edukatif

Siapa bilang kalau menumbuhkan kepercayaan diri anak harus keluar rumah dan mengajaknya ke tempat permainan anak? Justru di rumah juga bisa kok. Moms bisa mengajarkan berbagai permainan edukatif seperti puzzle, balok warna, lempar atau tendang bola dan lainnya. Lebih asyik, kan Moms?

 

Itulah mengapa peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembang dan memberikan dukungan pada anak agar selalu percaya diri. Siapa sangka dari kegiatan sederhana ternyata mampu meningkatkan rasa percaya dirinya. Semoga bermanfaat ya Moms!