6 Tips Mengurus Anak Tanpa Bantuan Babysitter

Mengurus Anak Tanpa Babysitter

19 Desember 2021

Photo by Andrea Piacquadio via ://

Beberapa orang tua yang memiliki kesibukan di luar tentunya akan sangat membutuhkan bantuan babysitter dalam mengurus anak. Dengan adanya babysitter, si kecil ada yang mengurus saat Moms dan Dads bekerja di luar. Bahkan, para orang tua yang hanya bekerja dari rumah pun juga membutuhkan bantuan babysitter untuk anaknya. Meski begitu, banyak juga sih yang lebih memilih merawat anak tanpa bantuan babysitter dengan berbagai pertimbangan.

Menjadi orang tua baru memang nggak mudah, tak heran jika banyak yang memutuskan mencari babysitter untuk membantunya. Semua pilihan ada di tangan Moms dan Dads. Sebenarnya juga nggak ada masalah ketika nggak memakai babysitter. Dengan beberapa tips di bawah ini, para orang tua baru juga bisa merawat anak tanpa bantuan babysitter.

1. Pahami ilmu seputar parenting dari mana saja, baik teman, saudara hingga konsultasi pada ahlinya

Ilmu parenting sangat penting dipelajari khususnya bagi para orang tua baru. Dari ilmu ini nantinya akan lebih mudah dalam merawat si kecil mulai dari bayi hingga usianya semakin besar. Moms bisa mempelajarinya ketika masa-masa kehamilan agar nanti bisa langsung praktik saat sudah lahir. Dengan begitu, tak perlu khawatir merawat anak tanpa bantuan babysitter.

2. Memiliki manajemen waktu yang baik, misalnya selalu bangun pagi

Tips ini harus dipelajari khususnya bagi para orang tua yang sibuk bekerja. Moms harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan si kecil. Dengan begitu, anak-anak juga nggak merasa terabaikan. Percayalah, meski terlihat sulit mengurus anak tanpa babysitter, tapi dengan manajemen waktu yang baik akan sangat membantu.

3. Melibatkan Dads untuk ikut serta merawat si kecil

Mengurus anak bukan hanya tugas ibu saja, ayah juga punya peran penting, lo. Meski nggak ada babysitter, Moms bisa melibatkan ayah untuk bergantian mengurus anak. Moms dan Dads bisa membagi jadwal agar bisa mengurus si kecil tanpa harus memberatkan satu pihak. Pelan-pelan pasti bisa kok Moms, Dads.

4. Mampu mengelola emosi dan pastikan mental stabil

Pasalnya, mengurus anak tanpa babysitter memang harus memiliki kesabaran ekstra. Kalau Moms sulit mengendalikan emosi, maka hanya akan dilampiaskan pada di kecil. Jika terus-terusan melampiaskan kekesalan pada anak hanya akan berpengaruh buruk pada pertumbuhannya. Untuk itu, pastikan Moms bisa mengendalikan emosi dengan baik. Mengasuh anak juga merupakan tanggung jawab besar karena pola asuh sejak kecil akan sangat berpengaruh saat mereka sudah besar.

5. Meminta bantuan keluarga jika memang benar-benar kewalahan

Tidak ada salahnya kita meminta bantuan keluarga untuk menjaga anak. Misalnya, saat berangkat kerja bisa menitipkan ke rumah Tantenya yang masih selow. Bisa juga dititipkan ke rumah Neneknya ketika masih mampu dan nggak keberatan. Mungkin ini bisa sedikit membantu khususnya saat keduanya memang benr-benar sibuk. Asal nggak setiap hari, nggak ada masalah kok.

6. Jangan pernah berhenti belajar

Menjadi orang tua baru pastinya penuh tantangan. Intinya, harus banyak sabar ya Mom, Dads. Apalagi kalau dari awal sudah memutuskan untuk nggak pakai babysitter, meski sedikit repot tapi semua itu akan berbuah manis kok. Yang penting, jangan pernah berhenti belajar menjadi orang tua terbaik yang memberikan pola asuh yang tepat demi masa depan anak.

Itulah tips penting buat para orang tua baru yang memutuskan untuk nggak memakai babysitter. Semoga tips dari Mamin bisa membantu ibu-ibu semuanya, ya. Pokoknya tetap semangat!