5 Tips Mengatur Ruang Kerja Berdasarkan Feng Shui. Cocok Buat Moms yang Lagi WFH!

Mengatur Ruang Kerja Ala Feng Shui

18 November 2021

Photo by Negative Space from pexel via https://www.pexels.com

Bekerja di era sekarang ini bisa dilakukan dari mana saja asalkan memiliki perlengkapan yang mendukung. Untuk para Moms, hal ini tentu sangat membantu karena bisa mengawasi si kecil sambil bekerja. Akan tetapi, ada kalanya Moms merasa kurang produktif. Mungkin salah satu penyebabnya adalah penataan ruang untuk kerja yang kurang maksimal. Agar lebih produktif dan mampu meningkatkan energi positif saat bekerja, Moms bisa lo menata ulang ruang kerja berdasarkan Feng Shui.

Filosofi Feng Shui diyakini mampu menyeimbangkan energi manusia dengan alam. Penataan ruang kerja sesuai dengan ahli Feng Shui ini juga akan memberikan energi positif sehingga Moms lebih produktif selama bekerja. Beberapa orang mungkin kurang percaya dengan filosofi ini, namun sudah banyak yang mencoba dan mampu meningkatkan energi positig selama bekerja.

Buat yang sedang bekerja dari rumah dan seringkali merasa kurang fokus, mungkin bisa menata ulang ruang kerja ala Feng Shui seperti berikut ini!

1. Sebaiknya hindari meletakkan banyak barang di meja kerja. Barang-barang nggak penting yang ada di meja kerja hanya akan menganggu konsentrasi

Jika dirasa nggak terlalu penting, maka akan lebih baik dihindarkan dari meja kerja. Suasana meja kerja yang terlalu penuh hanya akan memengaruhi mood seseorang. Meja kerja yang hanya diisi dengan komputer atau laptop dan catatan penting lainnya cenderung membuat seseorang lebih produktif dan mampu mendatangkan inspirasi baru. Cobain deh..

2. Jangan menempatkan ruang kerja di dalam kamar tidur. Hal ini ternyata memengaruhi produktifitas seseorang

Niatnya sih, selepas kerja bisa langsung rebahan gitu. Namun menurut Feng Shui, ruang kerja yang menjadi satu dengan kamar tidur kurang memiliki energi yang bagus. Moms bisa membuat ruang kerja mini di ruang tamu sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan membawa energi positif. Bisa dicoba ya Moms, rasakan perbedaannya.

3. Hindari menempatkan meja kerja di dekat jendela dan pintu. Memerhatikan posisi meja kerja sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi

Mereka yang meja kerjanya berada di dekat jendela maupun pintu, biasanya akan kurang fokus karena banyak orang yang berlalu lalang. Belum lagi kalau ada sesuatu menarik di luar jendela, pasti bawaannya pengin tengok-tengok terus sehingga kerjanya jadi nggak fokus. Menurut Feng Shui, meja kerja sebaiknya memunggungi pintu masuk atau menempel di dinding. Lokasi tersebut lebih aman karena nggak terganggu dengan keluar masuknya orang.

4. Menempatkan gambar-gambar inspirasional di sekitar ruang kerja. Hal tersebut mampu meningkatkan semangat dalam bekerja

Bukan hanya gambar atau kata-kata inspirasional saja yang bisa meningkatkan produktifitas dalam bekerja, pemandangan alam atau foto-foto saat traveling akan membuat Moms semakin semangat. Adanya gambar-gambar yang menyenangkan juga akan mampu menjalankan pekerjaan dengan lebih tenang.

5. Menempatkan unsur elemen dalam Feng Shui. Lima unsur dalam ilmu Feng Shui adalah api, kayu, tanah, air dan logam

Berdasarkan filosofi Feng Shui, ruang kerja sebaiknya diberikan lima elemen dari ilmu Feng Shui. Misalnya, Moms bisa menggunakan meja kayu untuk mewakili elemen kayu, hiasan dari tanah liat yang digunakan untuk mewakili elemen tanah dan pilihan elemen lainnya. Adanya elemen dari Feng Shui diyakini dapat membawa keburuntungan.

Itulah tips penataan ruang kerja ala Feng Shui agar Moms lebih produktif dan meningkatkan energi positif dalam bekerja. Kerja jadi makin semangat dan yang pasti, cuan makin banyak. Semoga bermanfaat!