Anak Suka Mengupil? Jangan Biarkan, Atasi dengan 4 Cara Ini Karena Bisa Berbahaya!

Mengatasi Anak Suka Ngupil

16 November 2021

Credit to Freepik.com via https://www.freepik.com

Mengupil merupakan naluri seseorang yang muncul ketika bagian hidung terasa kering, gatal dan dipenuhi kotoran. Bahkan nggak hanya orang tua dewasa saja yang reflek mengupil, anak-anak pun seringkali melakukannnya. Masih mending kalau mengupil nggak ada orang, anak-anak justru belum ada rasa malu ketika mengupil di depan umum. Jika dibiarkan ternyata nggak hanya kurang sopan tetapi juga mampu menyebarkan bakteri yang menjadi penyebab pneumonia.

Mengatasi anak yang suka mengupil memang harus dibiasakan sejak dini. Kegiatan mengupil bagi anak-anak juga cenderung berbahaya karena imun anak yang belum terbentuk dengan sempurna. Apalagi ketika tangan si kecil kotor, tentunya banyak bakteri yang nantinya bisa menyebabkan infeksi pada hidung. Bahkan ada yang sampai mimisan hingga luka yang sulit untuk disembuhkan. Moms pastinya nggak si kecil mengalaminya, kan?

Beberapa orang tua mungkin merasa kalau anak yang suka mengupil terlebih kalau dilakukan di depan umum akan terlihat memalukan dan kurang sopan. Namun ternyata juga berdampak buruk bagi kesehatannya. Kebiasaan buruk akan terus dilakukan kalau orang tua nggak mencoba untuk menghentikannya.

Berikut cara yang bisa Moms lakukan ketika anak sulit menghentikan kebiasaan mengupil pada anak!

1.Berdiskusi dengan anak seputar kebersihan. Moms bisa menjelaskan pada anak kalau mengupil nggak hanya jorok tapi juga berdampak buruk untuk kesehatannya

Usia dini memang cocok untuk dididik dengan pola asuh terbaik karena akan sangat berpengaruh ketika mereka sudah besar. Coba ajak anak diskusi seputar kesehatan Moms. Beri tahu kalau mengupil hanya akan merugikan dirinya. Terlebih kalau mengupil dalam keadaan tangan kotor, joroknya dapat, gangguan kesehatan pun juga mengintai.

2.Memberikan sapu tangan atau tisu ketika hidungnya terasa gatal. Ini merupakan cara agar tangannya nggak langsung menggaruknya dan mengupil

Membiasakan anak menggunakan tisu atau sapu tangan untuk membersihkan hidung tentunya lebih higienis. Hal tersebut juga akan mengurangi paparan kuman langsung masuk ke hidungnya. Selain itu juga mencegah anak mengupil. Dengan cara ini, anak juga nggak terlihat jorok di mata teman-temannya.

3.Mengajak anak beraktivitas ketika mereka mulai mengupil. Mengupil dilakukan ketika seseorang merasa bosan sehingga cara paling ampuh adalah melakukan kegiatan apapun

Mengendalikan ngupil pada anak-anak memang lebih sulit dari orang dewasa. Kalau orang dewasa mungkin akan malu, terlebih kalau ngupil di depan banyak orang. Berbeda dengan anak-anak, kalau mereka merasa “gabut”, ujung-ujungnya bakal ngupil dan nggak peduli mau sepi atau banyak orang. Untuk itu, Moms bisa mengajaknya beraktivitas, misalnya membereskan mainan, atau kegiatan lain yang membuat tangannya lupa untuk mengupil.

4.Memakaikan perban di tangannya. Cara ini sangat dianjurkan ketika anak sudah terlalu kecanduan mengupil

Ketika si kecil cukup sulit untuk dikendalikan, maka Moms bisa menggunakan perban di jarinya. Untuk lebih praktisnya bisa menggunakan hansaplast pada jari yang sering digunakan untuk mengupil. Dengan begitu, anak akan sadar kalau mengupil memang kurang baik untuk kesehatan dan bahkan membuatnya dijuluki sebagai pribadi yang jorok.

Bagi anak-anak, mengupil merupakan kegiatan yang seringkali nggak disengaja. Terlebih kalau mereka sedang bengong, bisa-bisa langsung ngupil deh. Kalau dilakukan di depan orang lain atau bahkan di depan temannya sendiri, ia bisa dijuluki jorok. Parahnya lagi, kegiatan mengupil juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan salah satunya pneumonia. Jangan sampai ya Moms!

Semoga tips dari Mamin ini bermanfaat, ya!