Wajib Dicatat! Ini Panduan Memilih Dokter Kandungan Supaya Kehamilan Berjalan Tenang Hingga Persalinan

Memilih dokter kandungan

20 Februari 2021

panduan memilih dokter kandungan via https://unsplash.com

Setelah mendapati tanda-tanda kehamilan, umumnya wanita pergi ke dokter untuk memeriksakan perkembangan kandungan mereka. Sering kali, banyak wanita kebingungan menemukan dokter kandungan yang benar-benar pas, sehingga bisa bolak-balik ganti dokter. Pasalnya dokter kandungan tidak hanya berperan menangani persalinan tapi juga keseluruhan organ reproduksi wanita.

Sebagian wanita sering merasa tidak nyaman ketika membicarakan dan memeriksakan sistim reproduksinya. Ini sebabnya menemukan dokter kandungan menjadi momen yang membuat sebagian wanita cemas dan gugup. Padahal di luar masa kehamilan, memeriksakan organ reproduksi secara teratur sesuai kebutuhan, menjadi hal yang sebenernya sangat penting, lo!

1. Tidak perlu buru-buru, Moms bisa mencari banyak refrensi dulu sebelum memutuskan memilih satu dokter

perbanyak refrensi dulu

Sangat wajar jika kamu merasa risih dan tidak nyaman apabila seseorang memegang bagian reproduksi Moms. Maka dari itu temukan dokter yang dapat Moms percaya dengan bertanya pada anggota keluarga, teman, atau dokter umum tempat kamu memeriksakan kandungan sebelumnya. Sebagian dari Moms juga pasti merasa lebih nyaman jika diperiksa oleh dokter wanita ketimbang laki-laki? Tidak apa-apa, pilih dokter senyaman Moms saja.

2. Mengetahui riwayat kesehatan dulu juga penting, lo! Agar nantinya bisa disampaikan ke dokter kandungan pilihan Moms

riwayat kesehatan

Jika kamu memiliki penyakit kronis, sampaikan hal tersebut kepada dokter kandungan pilihan Moms nanti. Sebaiknya, Moms juga memilih dokter yang memiliki pengalaman terhadap penyakit kronis terkait, ya. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya sesuatu yang nggak diinginkan ketika menjalani proses persalinan.

3. Keputusan dokter menjadi hal yang juga patut Moms perhitungan; mau lanjut atau cari dokter lain saja

penting lo ini~

Jika Moms masih bingung memilih dokter kandungan, maka tidak ada salahnya mencoba beberapa dokter lebih dulu. Nah, selama mencoba, kamu bisa memperhatikan bagaimana keputusan yang diambil oleh dokter. Moms bisa memberi penilaian yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan. Dengan begitu Moms akan merasa lebih nyaman karena pilihannya hanya meleset di awal.

4. Memilih dokter sama dengan memilih tempat bersalin, jadi harus benar-benar survei dengan teliti termasuk soal biaya

 

tempat bersalin

Dokter kandungan dapat membuka praktik di tempat lain seperti di rumah, di kilinik, atau di rumah sakit. Atau ada juga dokter kandungan yang membuka praktik di rumah namun tetap bekerja di rumah sakit. Jadi, ketika Moms memutuskan untuk memilih dokter, Moms juga sekaligus memutuskan untuk bersalin di mana. Jika dokter juga melakukan praktik di rumah sakit, pastikan juga rumah sakit tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Moms, ya!

Sebagian dari Moms pasti ingin persalinan alami tanpa campur tangan dokter, namun perlu diingat bahwa kehamilan memiliki komplikasi dan risiko yang perlu ditangani oleh ahlinya. Kalau ternyata setelah berkonsultasi dengan seorang dokter kandungan, ternyata Moms tidak cocok, tidak perlu ragu untuk mencari dokter kandungan lain yang sesuai dengan ekspektasi awal, ya!