6 Cara Melibatkan Balita Ibadah di Bulan Ramadan, Meski Belum Bisa Puasa

Balita itu peniru yang ulung, untuk itu perlu diajarkan hal-hal baik!

29 April 2022

Cara mengajarkan anak ibadah saat Ramadan | Foto oleh Monstera dari Pexels via ://

Kewajiban beribadah bagi umat muslim di bulan Ramadan memang hanya untuk usia balig. Namun, bukan berarti anak-anak tidak bisa ikut terlibat dalam ibadah di bulan Ramadan ya Moms. Sebagai orang tua kita juga wajib mengajarkan ibadah pada anak-anak, bahkan sejak usianya masih balita sekali pun.

Meski anak belum bisa ikut berpuasa, tapi Moms dan Dads tetap bisa melibatkan anak dalam ibadah di bulan Ramadan. Bahkan, ini juga bisa jadi kesempatan Moms dan Dads untuk mengajarkan nilai-nilai ketakwaan pada anak. Nah, bagaimana cara melibatkan balita beribadah di bulan Ramadan? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut!

 

1. Beri pengertian pada anak ibadah apa saja yang dilakukan di bulan Ramadan

cara mengajarkan anak ibadah saat ramadan
Beri pengertian | Foto oleh Timur Weber dari Pexels

Bangun rasa antusias pada anak untuk menjalani ibadah Ramadan dengan menceritakan keseruan yang bisa anak lakukan. Moms dan Dads bisa sambil memberi pemahaman pada anak tentang puasa, kesabaran, dan kebersamaan. Antusiasme yang terbangun akan memudahkan Moms dan Dads untuk mengajak anak terlibat dalam ibadah dan berbagai kegiatan atau tradisi Ramadan terutama di dalam keluarga dan lingkungan terdekat.

 

2. Ajak anak saat Moms dan Dads salat dan mengaji

cara mengajarkan anak ibadah saat ramadan
Ajarkan anak beribadah di rumah | Foto oleh rawpixel on Depositphoto

Kika biasanya mungkin Moms dan Dads diam-diam dari anak saat salat karena takut anak mengganggu, maka di bulan Ramadan jangan ragu untuk mengajak anak ya. Mulai dari salat di rumah dulu, kemudian beri pengertian pada anak supaya mengikuti gerakan salat atau sekadar melihat Moms dan Dads salat.

Jangan lupa beli apresiasi pada anak jika ia bisa bersikap baik, tidak rewel dan tidak mengganggu saat salat. Begitu pula saat mengaji, coba minta anak untuk duduk mendengarkan. Supaya lebih semangat, Moms dan Dads juga bisa memakaikan alat ibadah pada anak misalnya mukena atau sarung dan peci.

 

3. Ajak anak terlibat kegiatan ibadah Ramadan di luar rumah

cara mengajarkan anak ibadah saat ramadan
Ibadah di masjid | Foto oleh Alena Darmel dari Pexels

Jika anak sudah cukup kooperatif dan bisa diberi pengertian dengan baik, maka Moms dan Dads jangan ragu untuk mengajak anak salat di masjid, misalnya saat tarawih atau kegiatan pengajian. Moms dan Dads juga bisa mengikutkan anak pada kegiatan TPQ anak-anak, supaya ia bisa merasakan keseruan Ramadan dengan teman-temannya.

 

4. Libatkan anak saat bersedekah di bulan Ramadan

cara mengajarkan anak ibadah saat ramadan
Ajarkan anak bersedekah | Foto oleh Timur Weber dari Pexels

Selain mengajarkan anak ibadah salat dan mengaji, momen di bulan Ramadan juga paling pas untuk mengajarkan anak berbagi. Moms dan Dads bisa ajak anak bersedekah, misalnya berbagi makanan pada saudara terdekat atau ke masjid.

Moms juga bisa melibatkan anak mulai dari memilih barang atau makanan yang akan disedekahkan, sampai mengajak anak untuk memberikan barang itu pada orang lain dengan tangannya sendiri. Selain bisa jadi momen untuk praktik berbagi secara langsung, Moms dan Dads juga bisa memberi pengertian tentang nilai-nilai sedekah.

 

5. Libatkan anak saat melakukan tradisi bulan Ramadan dalam keluarga, misalnya saat berbuka

cara mengajarkan anak ibadah saat ramadan
Menyiapkan menu buka | Foto oleh Monstera dari Pexels

Nah, ini adalah momen terbaik untuk mengajarkan anak tenang puasa. Moms bisa aja anak untuk menyiapkan menu berbuka. Meski anak belum bisa ikut puasa, Moms tetap bisa tawarkan menu yang anak inginkan untuk disantap bersama keluarga saat berbuka. Cara ini bisa membuat anak lebih antusias untuk mengikuti rangkaian ibadah lainnya, lo.

 

6. Jangan minta anak tidur lagi jika ikut bangun saat sahur

cara mengajarkan anak ibadah saat ramadan
Sahur bersama anak | Foto oleh Monstera dari Pexels

Biasanya anak akan rewel jika terbangun saat sahur. Namun, Moms dan Dads jangan sampai ikut cranky ya. Jadikan momen ini untuk mengajarkan anak rangkaian ibadah puasa di bulan Ramadan. Bahkan, Moms juga bisa mengajak anak untuk ikut makan sahur dan belajar puasa sedikit-sedikit.

Nah, itulah beberapa cara melibatkan anak dalam beribadah di bulan Ramadan. Momen bulan suci ini juga bisa jadi kesempatan Moms dan Dads untuk mengajarkan nilai-nilai agama pada si kecil. Namun, Moms dan Dads tetap harus telaten dan bersabar ya, semangat!