Mengulik Manfaat Pilis yang Banyak Digunakan Artis Masa Kini Usai Melahirkan

Pilis merupakan ramuan tradisional yang terbuat dari tumbuhan herbal yang bermanfaat untuk membantu memulihkan kesehatan ibu setelah persalinan

18 April 2022

Mengenal pilis, manfaat dan penggunaanna | Credit by YouTube/Instagram via ://

Apakah Moms pernah mendengar ‘pilis‘ sebelumnya? Baru-baru ini memang ramai dibicarakan para aktris papan atas masa kini yang menggunakan pilis di dahinya usai melahirkan. Paling baru adalah Aurel Hermansyah, penyanyi 23 tahun yang tidak gengsi memakai pilis.

Sebelumnya sempat viral Paula Verheoven yang juga memakai pilis dikelahiran anak pertama dan keduanya. Ada pula Sarwendah, Cira Kirana, Ussy Sulistiawaty, hingga Syahnaz. Sebenarnya apa itu pilis dan apa manfaatnya untuk ibu yang baru melahirkan?

Pilis ramuan tradisional yang mengandung berbagai tanaman herbal yang ditempelkan di dahi

Pilis terbuat dari
Rempah-rempah | credit by mairly on Depositphoto

Pilis biasanya berbentuk hitam kehijau-hijauan atau cokelat gelap. Pilis terbuat dari kencur, kunyit, mint, kenangan, dan ganti yang ditumbuk jadi satu. Aromanya sangat kuat khas rempah-rempah dan ramuan jamu tradisional. Biasanya pilis dibuat oleh sesepuh yang mengurus ibu melahirkan atau bisa juga dibeli dalam bentuk serbuk instan di apotek atau toko obat herbal.

Dalam penggunaannya, pilis tradisional biasanya dibentuk menjadi bulatan, kemudian ditempelkan di dahi. Sementara pilis instan harus ditambah air lebih dulu sehingga menjadi adonan kental, kemudian dioleskan di dahi. Lama penggunaan pilis biasanya hingga mengering atau hingga efek hangat dari rempah-rempah hilang, kurang lebih 1-2 jam dan rutin digunakan selama 7-40 hari setelah persalinan.

Pilis bermanfaat untuk meredakan sakit kepala dan membuat Moms lebih rileks

Manfaat pilis
Meredakan sakit kepala | credit by mairly on Depositphoto

Setelah melahirkan biasanya muncul masalah kesehatan yang dialami para Moms seperti sakit kepala, dan pandangan kabur atau seperti berkunang-kunang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini secara tradisional yakni dengan menggunakan pilis. Sensasi jangat dari kencur dan campuran bahan lainnya pada pilis bisa membantu meredakan sakit kepala dan pandangan kabur.

Selain itu, aroma rempah-rempah dan sensasi dingin dari mint juga bisa memberikan efek menenangkan, sehinga Moms bisa lebih rileks. Pilis juga bisa membantu melancarkan peredaran, darah, sehingga membuat tubuh Moms lebih bugar dan juga membantu tidur lebih nyenyak meski begadang.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, biasanya Moms dianjurkan menggunakan pilis selama 7 hari berturut-turut setelah melahirkan. Setelah itu penggunaan bisa sesuai kebutuhan hingga 40 hari setelah melahirkan.

Meski merupakan ramuan tradisional, manfaat pilis benar-benar nyata dirasakan para Moms yang telah mencobanya, termasuk deretan selebritas. Apakah Moms pernah mencobanya? Atau mungkin penasaran ingin mencoba juga?