Manfaat Birthing Ball untuk Ibu Hamil Hingga Pasca Persalinan

Pahami perbedaan birthing ball dengan gym ball serta manfaatnya bagi bumil, yuk!

01 Maret 2022

Pict by Freepik.com via ://

Moms pasti tidak asing dengan alat bantu olahraga berupa bola besar berbahan latex yang sering ditemui di pusat kebugaran. Selain digunakan untuk olahraga, bola ini juga kerap hadir di ruang persalinan sebagai alat bantu bagi ibu yang sedang mengalami kontraksi. Meski tampak sama, kedua bola tersebut ternyata berbeda, lho. Bola yang umum ditemui di pusat kebugaran dikenal dengan nama gym ball atau excersice ball, sementara bola yang digunakan sebagai alat bantu bagi ibu hamil disebut dengan birthing ball.

Birthing ball sendiri diketahui memiliki banyak manfaat jika digunakan oleh ibu hamil. Nah, jika Moms tertarik untuk memasukkan latihan menggunakan birthing ball selama masa kehamilan ini, sebaiknya kenali dulu perbedaannya dengan gym ball biasa. Yuk, kita pahami lebih dalam mengenai birthing ball lewat artikel ini!

1. Harga birthing ball biasanya sedikit mahal dibandingkan gym ball biasa, tetapi itu semua beralasan, lho!

gym ball
Alat olahraga birthing ball | Foto oleh ArtCoreStudios dari Pixabay

Sekilas, birthing ball memang tampak sama persis dengan gym ball biasa. Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya, terutama dari segi ukuran dan material. Ukuran birthing ball umumnya lebih besar dibandingkan gym ball biasa. Karena birthing ball khusus didesain untuk ibu hamil, biasanya ia dirancang menggunakan bahan tebal yang tidak akan langsung kempis ketika bocor. Hal ini terkait fitur keamanan bagi ibu hamil. Beberapa merek birthing ball bahkan dirancang dengan anti-slip. Itulah sebabnya birthing ball dijual dengan harga lebih mahal.

2. Pahami panduan memilih dan menggunakan birthing ballĀ sebelum membeli

olahraga ibu hamil
Posisi latihan menggunakan birthing ball | Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Saat memilih birthing ball, pastikan tinggi dan berat badan badan Moms sesuai dengan ukuran yang dipilih. Cara paling mudah mengukurnya adalah dengan mengecek posisi lutut Moms ketika duduk di atas birthing ball. Birthing ball yang sesuai akan menjaga bagian pinggul berada lebih tinggi dibandingkan lutut. Lalu, jika Moms menggunakan birthing ball untuk pertama kali, ada baiknya letakkan birthing ball di atas karpet dan minta bantuan Dads untuk membantu menjaga keseimbangan Moms.

3. Jangan tunggu hingga trimester terakhir untuk mulai latihan menggunakan birthing ball!

ibu hamil berolahraga
Tetap aktif saat hamil menggunakan birthing ball | Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Birthing ball memang populer digunakan menjelang persalinan. Namun, manfaat menggunakan birthing ball sebetulnya bisa dirasakan sejak awal kehamilan. Rutin berlatih menggunakan birthing ball sejak trimester pertama akan membantu Moms untuk memperbaiki postur, meringankan nyeri punggung, melancarkan peredaran darah, bahkan meredakan stress.

4. Saat mengalami kontraksi, birthing ball adalah solusi untuk membantu Moms merasa lebih nyaman dan mempersiapkan posisi bayi

Olahraga ibu hamil
Birthing ball untuk latihan ibu hamil | Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Ketika mengalami rasa sakit menjelang persalinan, rasanya pasti sulit sekali untuk merasa nyaman. Menggunakan birthing ball saat kontraksi akan membantu mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki posisi bayi agar siap untuk persalinan. Tidak heran, kan birthing ball ini begitu populer di ruang bersalin?

5. Kalau Moms pikir birthing ball tidak akan bermanfaat setelah persalinan, maka anggapan tersebut tidak tepat

anak dan ibu berolahraga
Olahraga bersama si kecil | Foto oleh Danik Prihodko dari Pexels

Siapa bilang birthing ball tidak akan terpakai pascapersalinan? Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Moms dan si kecil dengan bola ini, lho. Setelah melahirkan, birthing ball bisa digunakan sebagai alat bantu olahraga yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas dan mengembalikan postur tubuh Moms. Selain itu, si kecil juga bisa menggunakan bola ini untuk tummy time. Oh, jangan lupa juga kalau birthing ball bisa digunakan untuk duduk nyaman sambil menonton drama kesayangan. Asyik, kan?

Itulah beberapa informasi terkait birthing ball bagi ibu hamil. Apakah Moms tertarik untuk mulai menggunakannya?