Sempat Viral, Ternyata Ini Manfaat Memandikan Bayi Menggunakan ASI. Eits, tapi Ada Aturannya!

mandi asi untuk bayi

09 Maret 2021

Mandi ASIP/ Credit: Kelly Kristineph via https://www.freepik.com

Selama ini mungkin ibu bingung akan memandikan si kecil dengan air hangat atau air dingin. Tapi ternyata kebingungan ibu mungkin akan berlanjut dengan semakin rumit setelah ini. Pasalnya ternyata bayi juga bisa dimandikan dengan ASI atau air susu ibu. Bukan lantas berarti ibu harus pumping setiap jam untuk memenuhi bak mandi si bayi ya, tapi ada formula tertentu yang mesti kamu terapkan.

Bukan sekadar digunakan untuk campuran atau memanfaatkan ASIP yang berlimpah, tapi ternyata menggunakan ASIP untuk campuran air mandi bayi ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit si kecil lo. Simak penjelasan Hipwee Young Mom seputar hal ini yuk!

ASI sering disebut sebagai liquid gold, alasannya karna kandungan yang dimiliki memiliki berbagai kebaikan

Credit: freepik.com

Ternyata selain merawat bayi dari dalam dengan cara diminum, ASI juga bisa melindungi si bayi dari luar. Dilansir dari Parenting First Cry, ASI mengandung 3-5% lemak, 0,8-0,9% protein, 6,8-7,2% karbohidrat, dan 0,2% vitamin serta mineral. Salah satu bagian lemak yang terkandung ternyata merupakan salah satu lemak yang dipakai sebagai komposisi utama pada kosmetik seperti pada pelembap. Selain itu ternyata lemak-lemak tersebut sangat bermanfaat bagi rambut dan kulit.

Dengan beberapa kandungan tersebut, ASI memiliki beberapa manfaat penting untuk kulit si bayi

Credit: unsplash.com

Asam laurat yang terkandung pada ASI mengandung agen anti bakterial sehingga dapat memerangi jerawat dan menghilangkan bintik-bintik hitam. Kandungan asam palmitat juga merupakan pelembab yang baik sehingga kulit bayi tak kering lagi. Untuk mencegah peradangan, ASI juga mengandung asam linoleat. Antibodi Immunoglobulin-A juga dapat menyembuhkan infeksi sehingga jika terjadi luka seperti goresan hingga iritasi karena adanya gigitan serangga, ASI yang mengandung kandungan ini bisa dimanfaatkan. Begitupun jika bayi mengalami ruam popok atau iritasi lainnya, ASI bisa sangat berguna.

Tak harus memerah ASI dengan volume sebanyak bak bayi, kamu bisa mengikuti perhitungan yang benar untuk mendapatkan kebaikan secara maksimal

Credit: freepik.com

Sayangnya, saat memandikan bayi dengan ASI kamu perlu menggunakan campuran berupa air hangat, bukan air dingin. Kamu bisa mencampurkannya dengan 130-180ml air ASI di dalam sebuah bak mandi bayi. Aduk hingga campuran ini menyatu dan terlihat milky. Setelah itu kamu bisa menaruh bayi hingga bagian-bagian dari tubuh hingga lehernya bisa terendam sempurna. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengunci kelembabannya.

Memandikan bayi dengan ASI mungkin memiliki berbagai manfaat yang menggiurkan, tapi bukan berarti kamu harus melakukannya setiap hari

Credit: unsplash.com

Kamu tidak perlu melakukannya setiap hari atau bahkan dua kali sehari kok. Bahkan kamu bisa melakukannya secara mingguan atau bahkan dua minggu sekalipun. Jika hanya ingin melakukannya saat terjadi sesuatu pada kulit bayimu, kamu bisa melakukannya dengan intens lalu menguranginya hingga bayi sembuh.

Kadang saking banyaknya produksi ASI, mungkin freezer-mu penuh hingga kamu bisa juga menemukan yang kedaluwarsa. Kira-kira masih bisa dipakai nggak, ya?

Credit: freepik.com

Jika kamu menyimpan ASIP di freezer hingga menumpuk banyak, mungkin kamu akan menemukan beberapa di antaranya yang sudah melewati masa kedaluwarsa. ASIP ini tetap bisa kamu gunakan untuk memandikan bayimu asal tidak bau basi dan sudah berasa masam ya. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan oatmeals demi kenyamanannya.

ASI mengandung berbagai kebaikan yang sangat bermanfaat untuk bayimu. Selain diminum, ternyata si kecil bisa mendapatkan kulit yang lembut, lembab, dan terhidrasi tanpa berbagai bahan berbahaya. Gimana, tertarik mencoba untuk si kecil?