8 Jenis Makanan yang disukai Janin dalam Kandungan

Makanan yang disukai Janin

11 Januari 2022

Photo by SHVETS production from Pexels via ://

Masa kehamilan tak hanya memaksimalkan nutrisi untuk ibu tetapi juga jenis makanan yang disukai janin dalam kandungan. Pasalnya, makanan yang dipilih juga akan berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan janin. Moms jangan memilih makanan yang hanya membuat kenyang saja, melainkan harus memperhatikan kandungan gizi yang baik bagi Moms dan janin juga.

Janin dalam kandungan juga menyukai makanan tertentu yang dikonsumsi oleh si ibu. Untuk itu, Moms perlu memilah-milah makanan yang terbaik untuk calon bayi. Nah, buat Moms yang selama hamil juga ingin membuat janin bahagia dalam kandungan, berikut jenis makanan yang disukai si calon baby;

1. Alpukat

Melansir dari Healthline, alpukat merupakan jenis buah yang rendah gula sehingga bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi selama hamil. Ini juga mengandung lemak yang sehat sehingga si ibu tetap merasa kenyang dan terhindar dari mengonsumsi makanan berlebih. Dan ternyata, alpukat juga disukai janin karena mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin di masa kehamilan.

2. Ikan salmon

Jenis ikan yang satu ini memang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu selama hamil. Selain memiiki protein yang tinggi, ikan salmon juga sangat disukai janin dan berguna untuk perkembangan sistem saraf janin. Moms yang mengonsumsi ikan salmon saat hamil tentu akan membuat janin merasa bahagia. Hal tersebut karena mampu memberikan sumber energi, protein dan vitamin untuk calon baby.

3. Telur

Telur juga memiliki kandungan nutrisi yang nggak hanya baik untuk ibu hamil tetapi juga disukai janin. Bagi perkembangan janin, kandungan folat dalam telur berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Akan tetapi sebelum mengonsumsi telur, Moms perlu memastikan kematangannya terlebih dulu agar terbebas dari kontaminasi bakteri salmonella.

4. Kacang Almond

Bagi ibu-ibu pastinya jangan pernah melupakan kacang almond selama hamil. Kandungan gizi dalam kacang almond juga sangat disukai janin karena mampu merawat kulit janin selama dalam kandungan. Olahan lain seperti susu almond juga sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Kulit janin juga lebih cerah karena banyaknya nutrisi penting yang terdapat pada kacang almond.

5. Buah-buahan segar

Kandungan vitamin C pada buah tentunya sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap bugar khususnya selama masa kelamilan. Janin juga lebih suka ketika ibunya mengonsumsi aneka buah-buahan sebagai camilan sehat karena dapat membantu plasenta berkembang dan bekerja dengan baik. Buah-buahan yang segar seperti jeruk, stroberi, semangka dan apel juga mampu mencegah terjadinya kerusakan sel sehingga sangat bagus dikonsumsi setiap hari.

6. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sukai janin. Kandungan nutrisnya sudah tidak diragukan lagi karena mengandung vitamin A, C, K, B6, kalsium, sebagai antioksidan hingga kandungan lain yang bermanfaat untuk tubuh. Jenis sayuran kaya nutrisi ini juga mampu meningkatkan imunitas dan perlindungan lebih terhadap janin.

7. Yoghurt

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi yoghurt dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini juga menjadi salah satu sumber prebiotik yang baik sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan. Yoghurt juga menjadi kesukaan janin karena berperan terhadap perkembanganya. Moms yang suka mengonsumsi makanan yang kaya akan protein juga mampu memaksimalkan saraf-saraf janin terbentuk dengan maksimal.

8. Daging tanpa lemak

Daging sapi dan daging ayam termasuk jenis sumber protein berkualitas tinggi dan mampu menjaga kesehatan jantung janin. Itulah mengapa ketika ibu mengonsumsi daging merah, janin akan sangat suka. Nutrisi pada daging juga sangat penting untuk ibu hamil agar terhindar dari anemia.

Itulah jenis makanan yang disukai janin dalam kandungan. Pastikan Moms juga nggak memiliki alergi pada makanan tersebut. Agar lebih aman sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter kandungan. Semoga bermanfaat!