Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun yang Bisa Merangsang Kemampuan Motoriknya

Mainan Anak Usia 1 Tahun

10 November 2021

Photo by cottonbro via https://www.pexels.com

Usia 1 tahun adalah masa-masa anak memiliki rasa ingin tahu yang mendalam. Pada usia ini dibutuhkan mainan khusus yang nantinya akan mendorong tumbuh kembang di kecil. Berdasarkan studi dari The American Academy Pediatrics (AAP), mainan anak usia 1 tahun yang tepat mampu membantu tumbuh kembang dan meningkatkan kemampuan dalam belajar hal-hal baru.

Memberi mainan untuk anak sesuai usia sangat penting. Anak-anak memang menerima apa saja yang dibelikan oleh orang tuanya. Moms sebaiknya juga nggak asal dalam membelikannya. Menurut para ahli, anak usia 1 tahun akan lebih baik jika diberi mainan yang mampu mendorong kemampuan fisik, mental dan perkembangan emosi.

Buat para Moms yang ingin si kecil makin aktif ketika memasuki usia 1 tahun, berikut rekomendasi mainan yang yang harus dimiliki;

1.Mainan Bayi Ring Donat Kecil Beroda. Jenis mainan ini mampu melatih gerak motorik si kecil

Credit: Shopee

Mainan yang cocok untuk anak usia 1 tahun ini nggak hanya mampu melatih motorik anak tetapi juga merangsang daya imajinasi dan kreativitasnya. Inini akan membantu si kecil dalam mengenal warna dan melatih koordinasi tangan dan mata. Anak usia 1 tahun akan semakin penasaran dengan menyentuh banyak benda sehingga mainan ini sangat cocok.

Moms bisa membelinya melalui link ini, ya!

2.Fat Brain Toys Dimpi Duo. Sangat cocok untuk melatih motorik halus dan koordinasi gerak si kecil

Credit: Amazon

Jenis mainan yang satu ini memang tergolong asyik. Cara memainkannya adalah dengan memasukkan berbagai macam bentuk benda seperti segitiga, oval, persegi panjang dan masih banyak lagi. Melalui permainan ini, anak-anak akan lebih mudah mengenal bentuk benda dan warnanya. Bermain makin asyik dengan memilih Fat Brain Toys Dimpi Duo.

Untuk membelinya bisa melalui link berikut ya, Moms!

3.Hape Pound and Tap Bench. Jenis mainan yang satu ini mampu membantu perkembangan motorik halus, kemampuan berbicara dan mengatur emosi anak

Credit: Shopee

Emosi anak akan lebih stabil ketika dilatih sedari kecil. Mengenalkan musik pada anak sejak dini dapat memberikan pengaruh positif untuk pertumbuhannya. Hal ini juga dilansir dari Playgroup NSW, musik mampu membantu perkembangan motorik halus pada anak dan mengatur emosinya. Mengatur emosi anak sejak dini juga sangat penting agar mereka tumbuh menjadi anak yang nggak gampang emosian.

Moms bisa membelinya melalui link berikut, ya!

4.Fisher-Price Rock a Stack. Mainan yang mampu melatig motorik gerak sekaligus mengajarkan warna pada anak

Credit: Shopee

Permainan ini tentunya sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mereka anak menyusun lingkaran yang dimasukkan ke dalam tiang kecil. Dan yang paling mengasyikkan adalah lingkaran yang digunakan tentunya berwarna-warni sehingga anak-anak akan semakin senang.

Moms bisa membelinya melalui link berikut, ya!

5.VTech Magic Star Learning Table. Mainan ini mampu melatih motorik kasar dan halus secara bersamaan

Credit: Shopee

Mainan ini tergolong praktis karena menyajikan beberapa permainan dalam satu meja. Cocok untuk anak usia 6 bulan hingga 3 tahun. VTech Magic Star Learning Table nggak hanya praktis tapi juga membantu melatih motorik kasar maupun lembut secara berbarengan.

Moms bisa membelinya melalui link berikut

Memilh permainan untuk anak usia 1 tahun sebaiknya yang mampu melatih pekembangan anak seperti yang sudah Mamin share di atas. Hal tersebut karena anak akan mulai penasaran dengan banyak hal sehingga ini menjadi kesempatan bagi orang tua untuk memberikan permainan yang tepat. Semoga bermanfaat ya, Moms!