Ide Kreasi Seni dan Keterampilan Tema Ramadan untuk Balita

Butuh ide aktivitas Ramadan seru? Cek di sini, ya!

29 April 2022

Kreasi seni bertema Ramadan untuk balita | Photo by Yan Krukov from Pexels via ://

Umat muslim di seluruh dunia kini sedang bersiap-siap menyambut bulan suci Ramadan, tidak terkecuali di Indonesia. Ada banyak hal yang dipersiapkan di bulan tersebut agar ibadah di bulan Ramadan bisa lebih khusyuk dan khidmat. Namun, bagi Moms dan Dads yang memiliki balita, tentunya memerlukan persiapan ekstra. Sebab, balita yang belum berpuasa bisa jadi bosan saat Moms dan Dads menolak berkegiatan fisik.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah ide kegiatan seni dan kerajinan tangan untuk balita bertema Ramadan. Selain berguna untuk mengatasi kebosanan si kecil, Moms dan Dads dapat sekaligus memperkenalkan hal-hal seputar Ramadan lewat cara yang menyenangkan. Penasaran apa saja kegiatannya? Mari kita simak bersama!

1. Kotak sensori ramadan bisa jadi aktivitas pertama yang Moms siapka  untuk si kecil

DIY mainan anak
Ilustrasi kotak sensori | Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Untuk membuat kotak sensori ramadan, Moms perlu mempersiapkan wadah bekas kotak sepatu, cat air, beras, pewarna makanan, gunting, lem, origami, dan pom pom kecil dengan warna senada. Caranya cukup mudah, lapisi kotak sepatu dengan warna senada dengan origami. Setelah itu, sediakan beras until mengisi sekitar 3/4 kotak. Beras dapat diganti dengan membuat pasir sensori dari tepung. Warnai beras atau pasir sensori buatan sendiri menggunakan pewarna makanan yang senada dengan warna kotak.

Jika sudah, lapisi tutup sepatu denagn origami lalu gunting menjadi bentuk bintang dan bulan kecil-kecil. Jika sudah, letakkan semuanya di dalam kotak sensori bersama dengan pom pom kecil. Jika Moms tidak memiliki pom pom, ganti dengan koin yang dilapisi origami dengan warna yang sama. Voila! Kotak sensori ramadan siap dimainkan si kecil. Berikan ia pinset plastik mainan dan wadah kecil untuk mengambil benda dari dalam kotak sensori, ya! Permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih motorik si kecil.

2. Ajak si kecil buat dekorasi kamar bertema Ramadan

Menggunting
Buat dekorasi kamar bertema Ramadan | Photo by Yan Krukov from Pexels

Butuh aktivitas yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat? Ajak si kecil untuk buat dekorasi kamar bertema Ramadan bisa jadi pilihan. Sediakan kertas bergambar bulan, bintang, dan lingkaran. Siapkan juga alat mewarnai, tali, gunting, dan pembolong kertas. Moms boleh mencetak gambar yang diperlukan atau bahkan menggambarnya sendiri.

Buat anak sibuk dengan memintanya mewarnai gambar bulan dan bintang tersebut. Jika anak sudah terampil menggunting, minta ia menggunting gambar yang telah selesai diwarnai. Bolongi bagian atas gambar lalu ikat dengan tali beberapa gambar secara vertikal. Moms dapat berkreasi dengan bentuk lain misalnya masjid, kabah, atau ketupat.

3. Yuk, hias baju muslim dengan warna kesukaan si kecil!

melukis
Ajak si kecil mewarnai gambar baju muslimnya |Photo by Yan Krukov from Pexels

Sediakan gambar baju muslim anak sesuai jenis kelaminnya. Pastikan gambar cukup besar agar lebih mudah ia warnai. Berikan si kecil cat air dan beberapa cotton bud. Beri ia contoh untuk mengambil cat air dan mewarnai gambar baju muslimnya dengan cara menekan cotton bud di beberapa sisi. Beri si kecil semangat untuk mewarnai gambar baju muslimnya sesuai dengan warna pilihannya.

Selain gambar baju muslim, Moms bisa memberikan alternatif gambar lainnya seperti sajadah atau alat ibadah. Ajak anak berdiskusi tentang fungsi benda yang mereka hias sesuai dengan kemamluan kognitif anak untuk menanamkan pemahaman agama sejak dini.

4. Ajari anak tentang konsep waktu dan ibadah Ramadan lewat aktivitas berikut ini

Anak menggunting
Buat sendiri jam untuk membantu anak mengingat waktu ibadahnya | Photo by Natalie from Pexels

Sediakan 3 buah piring kertas yang agak besar, origami, spidol, push pin, dan karet penghapus bekas. Tunjukkan jam dinding yang ada di rumah lalu ajak anak membuat jamnya sendiri di atas piring kertas tersebut. Gunting origami sebagai jarum penunjuk jam lali pasang di tengah piring kertas menggunakan push pin. Agar bagian tajam tidak mengenai anak, lapisi dengan karet penghapus bekas.

Pada 2 piring kertas lainnya, gambarlah matahari dan bulan pada masing-masing piring. Sediakan gambar waktu ibadah yang dilakukan pada siang dan malam hari di bulan ramadan, misalnya waktu sahur, berbuka puasa, waktu salat, dan mengaji. Buat kesepakatan dengan anak mengenai waktunya ia melakukan ibasah tersebut lalu tempel sesuai posisi jam yang telah ia buat sebelumnya. Misalnya, anak sepakat untuk mengaji pukul 3 sore, maka tempel gambar mengaji di posisi angka 3 pada piring bergambar matahari. Sesuaikan aktivitas ibadah dengan kemampuan anak.

Itulah beberapa ide kegiatan seni dan keterampilan bertema Ramadan yang bisa Moms lakulan bersama si kecil. Sesuikan waktu dan cara pembuatan dengan usia serta keterampilan si kecil. Satu proyek seni bisa diselesaikan dalam beberapa hari dan itu tidak mengurangi manfaatnya sedikit pun. Untuk membuatnya semakin bermanfaat, jangan lupa selipkan diskusi ringan mengenai aktivitas yang ia lakukan terkait dengan pemahaman agama. Selamat berkreasi!